Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Soal Aljabar - Numerasi Fase E Untuk Kelas 9 - 10 (PMM - AKM - Asesmen Murid)


Assalamu'alaikum...Wr.Wb.
Semoga kita semua dalam lindungan Allah SWT. Amin. Mohon ijin berbagi informasi tentang Contoh Soal Aljabar - Numerasi Fase E Untuk Kelas 9 - 10. Soal-soal dan jawaban dibawah ini sebagai latihan siswa siswi dan diambil dari Platform Merdeka Mengajar. Bapak/Ibu juga bisa melihat informasi lainnya KLIK TULISAN BIRU INI.

Cakupan Materi/Detail Kompetensi

1. Persamaan dan Pertaksamaan
  • Menyelesaikan persamaan dan pertaksamaan kuadrat, sistem persamaan linear dua atau tiga variable (5 soal)
2. Relasi dan Fungsi (termasuk Pola Bilangan)
  • Memahami fungsi kuadrat dan grafiknya, serta sifat-sifatnya; (2 soal)
  • Memahami barisan Aritmetika dan geometri (3 soal)
3. Rasio dan Proporsi
  • Memecahkan masalah aritmetika sosial yang terkait dengan rasio/persentase. (Perluasan) (2 soal)

Wacana 1.

BAZAR MAKANAN

Pada perayaan hari kemerdekaan, diadakan bazar makanan di lapangan parkir kantor kelurahan. Salah satu stand yang ikut serta dalam bazar tersebut adalah stand Remaja Kreatif yang menjual siomay, bakso cuankie, batagor, serta beberapa macam minuman segar. Berbagai makanan dan minuman tersebut dijual dalam beberapa jenis paket.  Berikut adalah harga setiap paket makanan dan minuman yang dijual.

Soal 1.

Dari daftar harga paket makanan yang diberikan, harga per porsi setiap jenis makanan dapat ditentukan. Pasangkan secara tepat setiap jenis makanan di kolom sebelah kiri dengan harga per porsi di kolom sebelah kanan!

Soal 2.

Harga dasar setiap porsi makanan sebelum ditambah keuntungan ialah:
1 porsi Siomay = Rp10.000,00
1 porsi Batagor = Rp15.000,00
1 porsi Baso Cuankie = Rp16.000,00
Berdasarkan hasil analisis dari data harga dasar dan harga jual makanan tersebut, berilah tanda centang (V) pada setiap  pernyataan yang benar berikut ini!
A. Keuntungan dari penjualan 1 Paket A ialah Rp5.000,00.
B. Setiap menjual 1 porsi siomay akan mendapatkan keuntungan sebesar Rp2.500,00.
C. Keuntungan dari penjualan 2 Paket C lebih besar daripada penjualan 3 Paket B.
D. Keuntungan 1 porsi Baso Cuankie ialah Rp4.000,00.
E. Keuntungan 1 porsi Siomay lebih besar dari 1 porsi batagor.

Soal 3. 

Penjual memberikan potongan harga sebesar 10% dari harga jual untuk setiap pembelian lebih dari Rp300.000,00. Berilah tanda centang (√) pada setiap pernyataan yang benar sesuai dengan harga jual dan potongan harga yang diberikan!
A. Rina membeli 10 paket A dan hanya perlu membayar Rp270.000,00.
B. Galih bisa membeli 11 paket B dengan uang Rp320.000,00.
C. Untuk setiap paket yang sama, potongan harga dari pembelian 20 paket bisa digunakan untuk membeli 2 paket tambahan.
D. Saptono bisa membeli 10 paket C dengan membayar Rp450.000,00.

Wacana 2: 

Multi Level Marketing

Multi Level Marketing (MLM) adalah salah satu sistem pemasaran dengan memanfaatkan pelanggan sebagai jaringan distribusi. Salah satu sistem MLM yang ada yaitu sistem matrix, yaitu sistem yang pengembangan jaringannya menggunakan konsep tiga cabang saja dan begitu pula selanjutnya ke bawah.
Pada tingkat 1 sistem matrix, pengusaha tersebut sebagai pemilik. Pada tingkat 2, ia mempunyai 3 cabang (anggota). Setiap cabang mengembangkan masing-masing 3 cabang baru, sehingga pada tingkat 3 akan ada 9 anggota. Demikian seterusnya pada tingkat selanjutnya. Model tersebut dapat digambarkan sebagai berikut.

Sejak awal Januari 2020, Rinto bergabung dalam suatu MLM produk kesehatan yang menerapkan sistem matrix. Ia memiliki target harus mendapatkan anggota baru untuk bergabung dengan MLM dalam satu bulan. Banyaknya anggota baru sesuai dengan sistem matriks yang diterapkan. Begitupun untuk anggota baru yang terekrut juga harus memenuhi target yang sama dalam jangka waktu yang sama pula.

Soal 4.

Bila setiap anggota memenuhi target pribadi sesuai dengan ketentuan, banyaknya anggota baru yang bergabung di bulan Juni 2020 adalah....
A. 12 orang.
B. 18 orang.
C. 243 orang.
D. 729 orang.
E. 2.187 orang.

Soal 5. 

Tentukan Benar atau Salah pada setiap pernyataan berikut berkaitan dengan perekrutan anggota MLM di tim Rinto apabila setiap anggota memenuhi target!

Wacana 3.

Membuat Kue

Ibu Hanna akan membuat kue nastar dan kue kastengel. Untuk membuat satu adonan kue, Ibu Hanna mengikuti resep berikut ini.

Resep Kue Nastar
700 gram tepung terigu
4 kuning telur
100 gram gula halus
500 gram margarin
70 gram keju parut
Selai nanas secukupnya (untuk isi)

Resep Kue Kastengel
300 gram mentega
4 kuning telur
200 gram keju parut
400 gram tepung terigu
2 sendok makan susu bubuk
1 sendok teh minyak
Keju parut secukupnya (untuk taburan)

Soal 6.

Bu Hannah memiliki 5,8 kg tepung terigu dan 40 butir telur yang akan digunakan untuk membuat kue nastar dan kue kastengel. Kedua bahan tersebut akan digunakan secara maksimal untuk membuat kedua jenis kue. Berapa banyak keju parut yang diperlukan untuk membuat kue kastengel sesuai dengan jumlah adonan yang akan dibuat Bu Hannah? Keju parut untuk taburan tidak dihitung.
A. 200 gram.
B. 400 gram.
C. 800 gram.
D. 1.200 gram.
E. 1.600 gram.

Soal 7.

Bu Marni, tetangga Bu Hannah, ingin membuat kedua jenis kue yang sama. Bu Marni memiliki 4.100 gram tepung terigu dan 770 gram keju parut, serta ingin memaksimalkan bahan tersebut untuk membuat kedua jenis kue.Karena keju yang dimiliki terbatas, Bu Marni mengurangi takaran tepung terigu pada adonan kastengel menjadi 300 gram dan menambahkan 100 gram tepung terigu pada adonan nastar. Sedangkan untuk bahan lain menyesuaikan sesuai dengan takaran.

Dengan kondisi seperti ini, manakah hal berikut yang benar? Berilah tanda centang (√) pada setiap pernyataan berikut yang benar!
A. Bu Marni menggunakan 900 gram tepung terigu dan 450 gram keju parut untuk membuat kue nastar.
B. Dengan menggunakan takaran tepung terigu yang baru untuk kue kastangel, maka takaran keju parut untuk satu adonan kue kastangel menjadi 150 gram.
C. Persediaan tepung terigu dan keju parut akan habis saat bu Marni membuat 4 adonan kue nastar dan 3 adonan kue kastengel.

Wacana 4.

Upah Buruh

Soal 8.

Setiap tahun diperkirakan kenaikan rata-rata upah buruh sebesar 5%. Perkiraan upah per bulan yang akan diterima seorang buruh di perusahaan dengan tingkat pendidikan SMK pada tahun 2022 adalah … rupiah.
Jawaban ....

Soal 9.

Dari hasil analisis, diperkirakan setiap tahun kenaikan upah pada lapangan pekerjaan di bidang jasa keuangan dan asuransi adalah 15%, sedangkan di bidang jasa informasi dan komunikasi adalah 20%.  Pak Basuki bekerja pada sebuah perusahaan yang bergerak di bidang komunikasi, sedangkan istrinya bekerja pada sebuah lembaga keuangan.  Perkiraan jumlah pendapatan Pak Basuki dan istrinya pada tahun 2022 adalah ....
A. Rp11.363.575,00.
B. Rp11.351.700,00.
C. Rp11.000.000,00.
D. Rp10.192.200,00.
E. Rp9.435.750,00.

Soal 10.

Dimisalkan gaji yang diterima mereka bertiga pada tahun 2020 sesuai dengan infografis di atas. Pernyataan-pernyataan berikut berkenaan dengan perkiraan gaji mereka di tahun 2023. Berilah tanda centang (√) pada kolom Benar atau Salah untuk setiap pernyataan berikut!

Wacana 5.

Kebutuhan Air Minum Harian

Tahukah kamu kalau kebutuhan air yang harus diminum setiap orang berbeda-beda?Banyak sedikitnya air yang harus diminum seseorang antara lain dipengaruhi oleh berat badan orang tersebut. 

Soal 11.

Berilah tanda centang (√) pada setiap pernyataan yang benar berkaitan dengan hubungan berat badan dengan kebutuhan air minum harian!
A. Perbandingan kebutuhan air minum orang dengan berat badan 50 kg dan orang dengan berat badan 65 kg adalah 7 : 9.
B. Perbandingan berat badan antara dua orang sama dengan perbandingan kebutuhan air minum kedua orang tersebut.
C. Perbandingan kebutuhan air minum harian dua orang dengan berat badan berbeda akan sama dengan perbandingan kebutuhan air minum mereka dalam sebulan.

Soal 12.

Ada dua orang si A dan B dengan berat masing-masing 60 kg dan 80 kg. Tentukan benar atau salah pada setiap pernyataan berkaitan dengan kebutuhan air minum harian mereka!
























Untuk PEMBAHASAN Contoh Contoh Soal Aljabar - Numerasi Fase E Untuk Kelas 9 - 10 KLIK TULISAN BIRU INI.  Untuk melihat Contoh Soal Aljabar - Numerasi Fase E 
Untuk Kelas 9 - 10 secara langsung di Platform Merdeka Mengajar KLIK TULISAN BIRU INI.
Semoga informasi ini bermanfaat. Mohon maaf banyak kekurangan, saran dan masukan sangat berarti untuk perbaikan kedepan, jika bermanfaat dan membantu silahkan di SHARE Terima kasih atas kunjungannya. 
Wassalamu'alaikum.Wr.Wb.

1 comment for "Contoh Soal Aljabar - Numerasi Fase E Untuk Kelas 9 - 10 (PMM - AKM - Asesmen Murid)"