Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Business Analyst

 

Assalamu,alaikum...Wr.Wb.
Semoga kita semua dalam lindungan Allah SWT. Amin. Tetap semangat dan terus melaksanakan perkuliahan. Pada kesempatan ini Admin mohon ijin berbagi informasi:
Untuk melihat Bacaan Al-Qur'an KLIK... TULISAN BIRU INI.
Untuk melihat Kegiatan Relegius KLIK... TULISAN BIRU INI.
Untuk melihat Lagu Lagu Nasioanal KLIK... TULISAN BIRU INI.
Untuk melihat Kegiatan Ekstra Kulikuler KLIK... TULISAN BIRU INI.
Untuk melihat Informasi KLIK... TULISAN BIRU INI.
Untuk melihat Tutorial E Kinerja KLIK... TULISAN BIRU INI.
Untuk melihat Tutorial Pendidikan / MySAPK KLIK... TULISAN BIRU INI.
Untuk melihat Tutorial Umum KLIK... TULISAN BIRU INI.
Untuk melihat Pembelajaran Kelas VI KLIK... TULISAN BIRU INI.
Untuk melihat Kegiatan Siswa Kelas VI KLIK... TULISAN BIRU INI.
Untuk melihat Kegiatan Siswa Kelas V KLIK... TULISAN BIRU INI.
Untuk melihat Taman Bermain KLIK... TULISAN BIRU INI.

Mohon izin untuk membahas.
Business Analyst

Business Analyst atau analisa bisnis adalah salah satu profesi yang cukup penting dalam sebuah perusahaan. Biasanya seorang business analyst diperlukan oleh perusahaan yang membutuhkan analisa yang lebih mendalam akan kegiatan bisnis mereka agar bisa mencapai target sesuai harapan bahkan lebih. 

Dalam melakukan tugasnya, seorang business analyst akan dekat dengan bidang Teknologi Informasi atau Information Technology (IT). Walaupun tidak semua business analyst adalah orang yang ahli dibidang IT, akan tetapi mereka setidaknya memiliki pemahaman umum mengenai cara kerja sistem, produk, dan alat-alat IT. Tak hanya itu seorang business analyst juga memiliki kemampuan komunikasi lisan dan tulisan yang baik, keterampilan interpersonal dan konsultatif, berpikir analitis dalam memecahkan suatu masalah, berorientasi pada detail dengan tingkat akurasi tinggi, kemampuan mengorganisir, memiliki pengetahuan luas akan struktur bisnis, dan mampu menganalisis manfaat biaya.

Tugas Business Analyst
Biasanya seorang analisa bisnis dibutuhkan karena perusahaan sedang melakukan pengkajian yang benar dan akurat akan rencana strategis, model bisnis, dinamika, masalah, dan potensi yang ada. Seorang yang berprofesi sebagai analisa bisnis diharapkan mampu menjalankan tugas-tugas utamanya agar nantinya perusahaan dapat bertahan, mencapai target, dan berkembang. Berikut tugas-tugas dari business analyst tersebut:
  1. Melakukan analisa perilaku konsumen dan data pasar.
  2. Melakukan analisa struktur organisasi dan kebijakan yang diberlakukan perusahaan.
  3. Melaksanakan pekerjaan yang berkaitan dengan sistem dokumentasi dan penyebarluasan informasi keadaan pasar yang tengah terjadi termasuk perilaku konsumen, yang akan digunakan sebagai dasar acuan user perusahaan.
  4. Melakukan monitoring serta evaluasi data yang sudah diperoleh dari berbagai pengolahan data, baik itu dari jurnal, koran, dan penelitian lainnya.
  5. Memberikan solusi yang tepat dalam upaya meningkatkan mutu layanan dan kinerja bisnis perusahaan dalam mencapai tujuan perusahaan.
  6. Membantu project manager dan tenaga ahli lain dalam merancang desain aplikasi yang efektif dan efisien.
Kemampuan yang harus dikembangkan ebagai Bisnis Analys
Agar bisa menjadi seorang business analys harus menguasai beberapa keterampilan dan pengetahuan. 
Pada dasarnya, seorang analis bisnis setidaknya harus memiliki keterampilan dalam hal: 
  • Analysis
  • Leadership
  • Business Process and Planning
  • Technical Knowledge. 
Selain itu juga seharusnya bisa berpikir kritis, problem solving, menyusun informasi dan pertimbangan dan pengambilan keputusan. Sebetulnya banyak keterampilan yang harus dikuasai, namun setidaknya harus menguasai keterampilan yang sudah disebutkan. 

Sedangkan untuk pengetahuan, harus menguasai beberapa hal seperti administrasi dan manajemen bisnis, mengetahui tentang ekonomi dan akuntansi, dapat berbahasa Inggris, serta manajemen personalia dan Sumber Daya Manusia.

Dalam hal kemampuan dan keterampilan digital atau hard skill yang harus dikembangkan sebagai seorang Business Analyst diantaranya adalah :

1.   Microsoft Excel
Excel adalah salah satu keterampilan digital yang tidak bisa dilewatkan. Software satu ini tidak hanya digunakan untuk komputasi data dasar saja, namun juga bisa digunakannya untuk melakukan analisis data. Banyak tujuan yang bisa dilakukan dengan Excel seperti pemodelan keuangan dan perencanaan bisnis. 
Menguasai Excel terlebih dahulu sangat baik dilakukan sebelum akhirnya menguasai bahasa pemrograman seperti Python dan R. Hal tersebut dikarenakan berbagai fungsi visualisasi Excel dapat membantu untuk menghasilkan informasi secara cepat dari data yang mentah dimiliki.
Sejumlah fungsi Excel seperti Vlookup dan IF menjadi salah satu bagian yang bisa gunakan dan tentunya memudahkannya untuk melakukan analisis data. Selain itu, juga bisa melakukan cleaning data secara lebih praktis di dalam Excel.

2.       Perangkat lunak analisis statistik (misalnya R, SAS, SPSS, atau STATA).
Perangkat lunak analisis bisnis adalah kategori yang luas, tetapi salah satu yang semakin penting untuk dipertimbangkan dan dikuasai oleh Analis Bisnis. Saat ini, para pemimpin bisnis memiliki akses ke lebih banyak data daripada sebelumnya, di hampir setiap departemen.
Bagaimana jutaan titik data itu bersatu untuk menggambarkan keadaan bisnis pada saat ini?, 
Bagaimana dapat menggunakannya untuk membuat keputusan bisnis yang lebih baik?
Ini adalah pertanyaan yang dibantu oleh perangkat lunak analisis bisnis untuk menjawabnya. Dengan menggunakan statistik, analisis, dan pemodelan prediktif, alat analisis bisnis yang tepat dapat membantu Wira memahami bisnis dari perspektif baru dan sudut pandang baru, sekaligus memandunya ke praktik yang lebih baik secara keseluruhan.

3.   Basis data SQL dan bahasa kueri basis data.
Bukan hanya bahasa pemrograman statistik saja, seorang Bisnis Analis karena berurusan dengan Data Analyst juga harus memiliki kemampuan dalam memahami statistik seperti statistik inferensial dan deskriptif. Konsep statistik perlu dipelajari sedemikian rupa agar proses analisis data menjadi lebih akurat dan menggunakan sistem yang tepat.
Kemampuan menguasai Basis Data dan Bahasa Queri dapat membantu Bisnis Analis dalam merancang Data Analyst untuk mengekstrak data, melakukan operasi analisis serta pengambilan informasi tertentu dari database. SQL sangat berguna untuk membantu dalam mengelola kumpulan data dengan volume yang besar. Saat ini, ada berbagai bahasa kueri yang dapat digunakan. SAS dan SPSS menjadi bahasa serta paket statistik yang dapat digunakan oleh Bisnis Analyst.
Meskipun saat ini terdapat berbagai jenis, mayoritas database tetap menggunakan dasar dari SQL. MySQL, Microsoft SQL, PostgreSQL menjadi contoh jenis database yang masih menggunakan dasar SQL. Data Analyst yang ahli dalam menggunakan alat dan bahasa pemrograman memberikan kepastian bahwa mereka dapat bekerja secara efektif dengan pelatihan maupun pengawasan yang minimal. Oleh karena itu, SQL dapat menjadi Top skill pertama yang dipelajari oleh seorang Bisnis Analis dalam mengolah Data.
Sebenarnya semakin banyak bahasa pemrograman yang bisa dipahami dan dikuasai akan membantu lebih baik dalam melakukan pekerjaan sebagai seorang Bisnis Analis. Ada berbagai bahasa pemrograman yang sering digunakan oleh Data Analyst seperti SQL, R, Python dan sebagainya. Pengalaman dalam menggunakan berbagai bahasa pemrograman dapat meningkatkan kredibilitas sebagai seorang Bisnis Analis dalam hal Data Analyst. Oleh karena itu, skill ini sangat penting agar handal dan berkompeten. 

4.   Data Visualization dan Presentation Skills
Keterampilan digital mungkin sangat harus dikuasai seorang Bisnis Analis yang selalu berhadapan dengan Data Analyst. Setelah melakukan analisa dan penyusunan data, seorang Data Analyst akan membagikan hasil temuannya kepada tim lain dalam perusahaan. 
Data yang digunakan untuk berbagai kebutuhan perusahaan akan diterjemahkan untuk menjadi laporan yang lebih mudah serta dapat dimengerti oleh user.  
Untuk itu perlu mengembangkan kemampuan dan keterampilan dalam melakukan Data Visualization. Terdapat berbagai jenis alat visualisasi yang dapat digunakan oleh seorang Data Analyst, seperti d3.js dan ggplot. 
Tools lain yang sebaiknya dikuasai untuk meningkatkan skill dalam visualisasi data adalah Tableau, salah satu perangkat lunak analisis bisnis paling populer yang tersedia saat ini, yang menyajikan lebih dari 150 fitur bawaan yang dapat digunakan segera untuk menjalankan perhitungan atau menganalisis data yang telah dikumpulkan, serta konektor data yang cukup untuk menghubungkan ke sumber eksternal. Ini adalah tool dengan resource rendah, jadi tidak perlu banyak mengotak-atiknya, tetapi tool ini memiliki pengalaman seluler yang fantastis, memungkinkan membuat dan berbagi laporan dari ponsel cerdasnya  sesederhana dan seintuitif mungkin.

Semoga informasi materi diatas bermanfaat. Mohon maaf atas kesalahan dan kekurangan, saran dan masukan sangat berarti untuk perbaikan kedepan, jika bermanfaat dan membantu silahkan di SHARE. Terima kasih atas kunjungannya.
Wassalamu'alaikum...Wr.Wb.

Post a Comment for "Business Analyst"