Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Buku Siswa Kelas 1 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 dan Buku Siswa Lainnya

       
  


         Assalamualaikum...

       Tahun Pelajaran baru merupakan saat yang ditunggu-tunggu oleh putera-puteri kita, terutama bagi yang mulai masuk Kelas I SD/MI. Hal-hal yang sering terjadi pada hari pertama masuk sekolah, khususnya Kelas 1 diantaranya: Orang tua siswa berebut kursi dan meja takut tidak kebagian, padahal pihak sekolah sudah menyiapkan tempat duduk sesuai dengan jumlah siswa yang diterima.  Orang tua berebut posisi meja yang didepan atau dekat dengan meja Bp/Ibu Guru Kelas, padahal sekolah sudah mempertimbangkan posisi siswa berdasarkan latar belakang siswa, ada siswa yang lulusan dari TK/PAUD dan yang langsung dari keluarga tanpa menjalani di TK/PAUD terlebih dahulu. Selain dari itu Bp/Ibu Guru Kelas I telah melakukan test pada siswa baru Kelas I untuk mengetahui kemampuan membaca, menulis, menghitung yang lebih dikenal dengan calistung. Semuanya dijadikan pertimbangan untuk menempat posisi duduk siswa baru Kelas I. Sebaiknya serahkan kepada Bp/Ibu Guru Kelas I untuk mengatur posisi duduk siswa. Apalagi pada saat ini dengan adanya pandemi Virus COVID kita harus dan menjalankan Protokol Kesehatan Pencegahan Penyebaran Virus COVID-19.

      Ada hal yang lebih penting untuk dilakukan orang tua dalam mempersiapkan putera-puteri tercinta mulai masuk sekolah di hari-hari pertama. Timbul pertanyaan dibenak hati Bp/Ibu, Apa yang akan disampaikan oleh Bp/Ibu Guru Kelas?. Sedikit gambaran untuk menjawab pertanyaan orang tua siswa, Bp/Ibu Guru Kelas I akan menyampaikan materi yang ada di Buku Siswa SD/MI Kelas I Tema 1 Kurikulum 2013 Revisi 2017.

      Sebagai gambaran Bp/Ibu yang belum memahami cara menggunakan dan isi dari Buku Siswa. Admin mencoba sedikit menjelaskan beberapa hal yamg berkaitan dengan Buku Siswa SD/MI Kelas I Tema 1 Kurikulum 2013 Revisi 2017, diantaranya:
  • Materi yang ada di Buku Siswa Kelas I Tema 1 Diriku Kurikulum 2013 Revisi 2017, membahas tentang dirinya sendiri.
  • Dalam Tema 1 terdiri dari 4 Sub Tema yaitu Sub Tema 1 Aku dan Teman Baruku, Sub Tema 2 Tubuhku, Sub Tema 3 Aku Merawat Tubuhku, Sub Tema 4 Aku Istimewa
  • Setiap 1 (satu) Sub Tema  terdiri dari 6 Pembelajaran (PB) dan 1 Pembelajaran itu disampaikan dalam 1 kali pertemuan (1 hari). Buku Siswa Kelas I Tema 1 dilaksanakan selama 24 hari/24 kali pertemuan (4 Sub Tema X 6 Pembelajaran/hari = 24 hari/pertemuan).
  • Dalam setiap pembelajaran ada petunjuk-petunjuk misalnya ada perintah Ayo Baca maka putera-puteri membaca, Ayo Berlatih maka putera-puteri berlatih mengerjakan tugas dengan bimbingan Bp/Ibu, kalau tidak mengerti putera/puterinya bisa berkonsultasi dengan Bp/Ibu gurunya. Saran admin jangan paksakan putera puterinya menyelesaikan tugas-tugas yang ada di Buku Siswa dengan waktu yang cepat apalagi dalam situasi saat pandemi Virus COVID-19.
  • Setelah selesai melaksanakan pembelajaran satu tema, maka akan diadakan penilaian yang disebut Penilaian Harian (PH). Contoh soal Penilaian Harian (PH) setiap tema bisa dilihat di menu Bank Soal.
  • Jumlah tema untuk Kelas I ada 8 tema, untuk semeter 1 ada 4 tema dan semester 2 ada 4 tema.
    Mudahkan... cara menggunakan Buku Siswa. Semoga bermanfaat dan bisa membantu Bp/Ibu mendampingi belajar dirumah bersama putera-puterinya. Bp/Ibu pada saat pergi bekerja juga bisa mengontrolnya dengan cara memberi tugas dan jawabannya dikirimkan ke Bp/Ibu, sekarang jaringan internet hampir ada disemua tempat. Jangan biarkan putera-puterinya salah menggunakan internet, itu tidak baik untuk perkembangan putera-puterinya. Sukses selalu buat Bp/Ibu yang tidak kenal lelah senantiasa mendampingi putera-puterinya disetiap waktu. Kesuksesan menanti buah hati kita. Amien. Saran admin download Buku Siswa dan simpan filenya di HP Bp/Ibu dan putera-puterinya.

      Buku Siswa SD/MI Kelas I Tema 1,2,3,4,5,6,7,8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 dan Buku Siswa lainnya yang akan digunakan di Kelas I di Tahun Pelajaran 2020-2021, admin siapkan di blog ini. Insya Allah bilamana ada revisi terbaru akan disampaikan, admin sarankan Bp/Ibu untuk melihat secara rutin di blog adeishak.blogspot.com, Mohon maaf banyak kesalahan dan kekurangan, saran dan masukan sangat berarti untuk perbaikan. Bp/Ibu silahkan mendownload buku tersebut dibawah ini.
   
     Wassalamu'alaikum...

      Buku Siswa yang terpisah dari Buku Siswa Tema dibawah ini:


    

Post a Comment for "Buku Siswa Kelas 1 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 dan Buku Siswa Lainnya"