Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Buku Siswa Kelas 2 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 dan Buku Siswa Lainnya

  

   
      Assalamu'alaikum...

     Alhamdulillah Tahun Pelajaran 2019-2020 sudah selesai. Bp/Ibu merasa gembira ketika menerima buku laporan pendidikan dari  guru kelasnya dan dinyatakan  putera-puterinya naik ke Kelas II, apalagi jika mendapat rangking, biasanya Bp/Ibu pada saat pembagian buku laporan pendidikan disibukan saling bertanya dengan yang lainnya. Pertanyaan yang sering muncul yaitu yang pertama naik kelas atau tidak sedangkan yang kedua rangking berapa?. Mulai sekarang saran admin ketika menerima buku laporan pendidikan lihat nilai yang diperoleh putera-puterinya, kalau rendah nilainya bisa dikonsultasikan dengan Bp/Ibu guru disekolah.
 
     Pada semester 2 Tahun Pelajaran 2019-2020 kita sangat prihatin dengan adanya pandemi Virus COVID-19 di dunia termasuk Indonesia, hal ini sangat berdampak dalam segala aspek termasuk didunia pendidikan, untuk memutus penyebaran Virus COVID-19 pemerintah menghimbau untuk diam dirumah, beberapa bulan kita semua menjalaninya. Namun kita semua menyadari Virus COVID-19 tidak mungkin hilang dan sampai saat ini belum ditemukan vaksin untuk virus COVID-19. Kita juga tidak mungkin diam dirumah tanpa aktivitas bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Pemerintah akhirnya menghimbau beraktifitas dengan hidup era baru, beraktifitas dengan menjalankan protokol kesehatan pencegahan virus COVID-19 diantaranya bila beraktifitas diluar rumah menggunakan masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, dan yang lainnya. Ketika Bp/Ibu datang kerumah menemui putera-puterinya dalam keadaan bersih dari virus COVID-19. Mari kita lindungi buah hati kita. Memang terasa berat menjalankannya karena kita belum terbiasa. Insya Allah apabila kita sudah terbiasa semuanya ringan untuk dilaksanakan.

      Putera-puteri kita juga harus tetap dalam pengawasan supaya tidak pergi ketempat yang berpotensi penularan virus COVID-19. Apalagi sekarang sedang libur semester 2 menjelang Tahun Pelajaran 2020-2021. Untuk mengisi waktu libur putera-puterinya dirumah, admin menyarankan sesekali mempelajari Buku Siswa Kelas II.
 
    Sebagai gambaran Bp/Ibu yang belum memahami cara menggunakan dan isi dari Buku Siswa. Admin mencoba sedikit menjelaskan beberapa hal yamg berkaitan dengan Buku Siswa SD/MI Kelas II Tema 1 Kurikulum 2013 Revisi 2017, diantaranya:
  • Materi yang ada di Buku Siswa Kelas II Tema 1 Hidup Rukun Kurikiulum 2013 Revisi 2017, membahas tentang berinteraksi dengan lingkungannya dengan baik.
  • Buku Siswa Tema 1 Hidup Rukun terdiri dari 4 Sub Tema, yaitu: Sub Tema 1 Hidup Rukun di Rumah, Sub Tema 2 Hidup Rukun dengan Teman Bermain, Sub Tema 3 Hidup Rukun di Sekolah, Sub Tema 4 Hidup Rukun di Masyarakat. Setiap 1 (satu) Sub Tema  terdiri dari 6 Pembelajaran (PB) dan 1 Pembelajaran itu disampaikan dalam 1 kali pertemuan (1 hari).
  • Buku Siswa Tema 1 Hidup Rukun dilaksanakan selama 24 hari/pertemuan dikelas (4 Sub Tema X 6 Pertemuan/hari = 24 hari/pertemuan).
  • Dalam setiap pembelajaran ada petunjuk-petunjuk misalnya ada perintah Ayo Baca maka putera-puterinya membaca, Ayo Berlatih maka putera-puteri berlatih mengerjakan tugas dengan bimbingan Bp/Ibu, kalau tidak mengerti putera/puterinya bisa berkonsultasi dengan Bp/Ibu gurunya. Saran admin jangan paksakan putera puterinya menyelesaikan tugas-tugas yang ada di Buku Siswa dengan waktu yang cepat apalagi dalam situasi saat pandemi Virus COVID-19.
  • Setelah selesai melaksanakan pembelajaran satu tema, maka akan diadakan penilaian yang disebut Penilaian Harian (PH). Contoh soal Penilaian Harian (PH) setiap tema bisa dilihat di menu Bank Soal.
  • Jumlah tema untuk Kelas II ada 8 tema, untuk semeter 1 ada 4 tema dan semester 2 ada 4 tema.
    Mudahkan... cara menggunakan Buku Siswa. Semoga bermanfaat dan bisa membantu Bp/Ibu mendampingi belajar dirumah bersama putera-puterinya. Bp/Ibu pada saat pergi bekerja juga bisa mengontrolnya dengan cara memberi tugas dan jawabannya dikirimkan ke Bp/Ibu, sekarang jaringan internet hampir ada disemua tempat. Jangan biarkan putera-puterinya salah menggunakan internet, itu tidak baik untuk perkembangan putera-puterinya. Sukses selalu buat Bp/Ibu yang tidak kenal lelah senantiasa mendampingi putera-puterinya disetiap waktu. Kesuksesan menanti buah hati kita. Amien. Saran admin download Buku Siswa dan simpan filenya di HP Bp/Ibu dan putera-puterinya.

     Buku Siswa SD/MI Kelas II Tema 1,2,3,4,5,6,7,8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 dan Buku Siswa lainnya yang akan digunakan di Kelas II di Tahun Pelajaran 2020-2021 admin siapkan di blog ini. Insya Allah bilamana ada revisi terbaru akan disampaikan, admin sarankan Bp/Ibu untuk melihat secara rutin di blog adeishak.blogspot.com, Mohon maaf banyak kesalahan dan kekurangan, saran dan masukan sangat berarti untuk perbaikan. Bp/Ibu silahkan mendownload buku tersebut dibawah ini. 

      Wassalamu'alaikum...
      Khusus tambahan Mata Pelajaran untuk MI, dibawah ini:

2 comments for "Buku Siswa Kelas 2 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 dan Buku Siswa Lainnya"

  1. Terima kasih banyak sudah berkenan berbagi

    ReplyDelete
  2. Terima kasih atas kunjungan dan suportnya Kak... Sehat dan Sukses Kak.

    ReplyDelete