Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Buku Siswa Kelas 3 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2018 dan Buku Siswa Lainnya

    
     Assalamu'alaikum...       
    
    Siswa-siswi SD/MI Kelas III akan dinilai kemampuannya dalam membaca, menulis, dan menghitung atau yang disebut dengan Tes Kemampuan Dasar (TKD). Apa yang harus dilakukan Bp/Ibu dirumah untuk meningkatkan kemampuan membaca, menulis, dan menghitung. Admin mencoba memberikan cara-cara meningkatkan kemampuan siswa-siswi dalam membaca, menulis, dan menghitung, diantaranya yaitu:
  • Meningkatkan kemampuan membaca, Bp/Ibu dirumah bisa melakukan test kecepatan membaca dengan cara menghitung berapa banyak jumlah kata yang dibaca dalam waktu yang sama, misalnya hari pertama dalam 5 menit sebanyak 150 kata kemudian dihari kedua dalam 5 menit sebanyak 160 kata, dari gambaran tersebut Bp/Ibu bisa melihat kemampuan membaca putera puterinya meningkat, lakukan kegiatan ini secara rutin dirumah.
  • Meningkatkan kemampuan menulis, Bp/Ibu dirumah bisa melatih dengan cara, Bp/Ibu membaca teks bacaan dan siswa menulis atau yang dikenal dengan istilah menulis dikte, jangan lupa untuk mengontrol dan mengingatkan apabila tulisan yang tidak rapih. Kecepatan membaca oleh Bp/Ibu makin hari makin tingkatkan, lakukan kegiatan ini secara rutin dirumah.
  • Meningkatkan kemampuan menghitung, Bp/Ibu dirumah bisa melatih kemampuan menghafal perkalian 1 sampai 5 yang lebih dikenal dengan hafalan raraban, untuk perkalian 6 sampai 10 menggunakan teknik jari, apabila Bp/Ibu belum memahami teknik perkalian dengan teknik jari bisa ditanyakan pada Bp/Ibu Guru di sekolah. Apabila siswa-siswi sudah hafal perkalian 1 sampai 5 dan menguasai perkalian 6 sampai 10 dengan teknik jari, langkah selanjutnya Bp/Ibu bisa melatih siswa-siswi menghitung pembagian dengan cara bagi kurung, lakukan ini dengan rutin karena dalam cara bagi kurung secara tidak langung dilatih penjumlahan, pengurangan, dan perkalian, lakukan kegiatan ini secara rutin dirumah.
    Cara-cara diatas hanya contoh untuk meningkatkan kemampuan siswa-siswi dalam membaca, menulis, dan menghitung. Adapun langkah yang paling baik yaitu berkonsultasi dengan Bp/Ibu Guru Kelas III yang lebih tahu situasi siswa-siswinya. Untuk membantu Bp/Ibu melatih kemampuan putera-puterinya dirumah pergunakan buku yang sama dengan buku yang digunakan disekolah.

    Sebagai gambaran Bp/Ibu yang belum memahami cara menggunakan dan isi dari Buku Siswa. Admin mencoba sedikit menjelaskan beberapa hal yamg berkaitan dengan Buku Siswa SD/MI Kelas III Tema 1 Kurikulum 2013 Revisi 2018, diantaranya:
  • Materi yang ada di Buku Siswa Kelas III Tema 1 Perkembangan dan Pertumbuhan Makhluk Hidup Kurikulum 2013 Revisi 2018, membahas tentang perkembangan dan pertumbuhan manusia, hewan, dan tumbuhan.
  • Dalam Tema 1 Perkembangan dan Pertumbuhan Makhluk Hidup terdiri dari 4 Sub Tema, yaitu: Sub Tema 1 Ciri-ciri Makhluk Hidup, Sub Tema 2 Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia, Sub Tema 3 Pertumbuhan Hewan, Sub Tema 4 Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan.
  • Setiap 1 (satu) Sub Tema  terdiri dari 6 Pembelajaran (PB) dan 1 Pembelajaran itu disampaikan dalam 1 kali pertemuan (1 hari). Buku Siswa Kelas III Tema 1 dilaksanakan selama 24 hari/24 kali pertemuan (4 Sub Tema X 6 Pembelajaran/hari = 24 hari/pertemuan).
  • Dalam setiap pembelajaran ada petunjuk-petunjuk misalnya ada perintah Ayo Baca maka putera-puteri membaca, Ayo Berlatih maka putera-puteri berlatih mengerjakan tugas dengan bimbingan Bp/Ibu, kalau tidak mengerti putera/puterinya bisa berkonsultasi dengan Bp/Ibu gurunya. Saran admin jangan paksakan putera puterinya menyelesaikan tugas-tugas yang ada di Buku Siswa dengan waktu yang cepat apalagi dalam situasi saat pandemi Virus COVID-19.
  • Setelah selesai melaksanakan pembelajaran satu tema, maka akan diadakan penilaian yang disebut Penilaian Harian (PH). Contoh soal Penilaian Harian (PH) setiap tema bisa dilihat di menu Bank Soal.
  • Jumlah tema untuk Kelas III ada 8 tema, untuk semeter 1 ada 4 tema dan semester 2 ada 4 tema.
   Mudahkan... cara menggunakan Buku Siswa. Semoga bermanfaat dan bisa membantu Bp/Ibu mendampingi belajar dirumah bersama putera-puterinya. Bp/Ibu pada saat pergi bekerja juga bisa mengontrolnya dengan cara memberi tugas dan jawabannya dikirimkan ke Bp/Ibu, sekarang jaringan internet hampir ada disemua tempat. Jangan biarkan putera-puterinya salah menggunakan internet, itu tidak baik untuk perkembangan putera-puterinya. Sukses selalu buat Bp/Ibu yang tidak kenal lelah senantiasa mendampingi putera-puterinya disetiap waktu. Kesuksesan menanti buah hati kita. Amien. Saran admin download Buku Siswa dan simpan filenya di HP Bp/Ibu dan putera-puterinya.

    Buku Siswa SD/MI Kelas III Tema 1,2,3,4,5,6,7,8 Kurikulum 2013 Revisi 2018 dan Buku Siswa lainnya yang akan digunakan di Kelas III di Tahun Pelajaran 2020-2021, admin siapkan di blog ini. Insya Allah bilamana ada revisi terbaru akan disampaikan, admin sarankan Bp/Ibu untuk melihat secara rutin di blog adeishak.blogspot.com, Mohon maaf banyak kesalahan dan kekurangan, saran dan masukan sangat berarti untuk perbaikan. Bp/Ibu silahkan mendownload buku tersebut dibawah ini.
   
    Wassalamu'alaikum.
      Khusus tambahan Mata Pelajaran untuk MI, dibawah ini:


Post a Comment for "Buku Siswa Kelas 3 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2018 dan Buku Siswa Lainnya"