Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Buku Siswa Kelas 6 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2018 dan Buku Siswa Lainnya

   

     Assalamualaikum... 

    Alhamdulillah Tahun Pelajaran 2019-2020 sudah selesai. Orang tua merasa gembira ketika menerima buku laporan pendidikan dari  guru kelasnya dan dinyatakan  putera-puterinya naik ke Kelas VI, apalagi jika putera-puterinya mendapat rangking, biasanya orang tua siswa pada saat pembagian buku laporan pendidikan disibukan saling bertanya dengan orang tua siswa lainnya. Pertanyaan yang sering muncul yaitu yang pertama naik kelas atau tidak sedangkan yang kedua rangking berapa?. Mulai sekarang saran saya ketika menerima buku laporan pendidikan lihat nilai yang diperoleh putera-puterinya kalau rendah nilainya bisa dikonsultasikan dengan Bp/Ibu guru disekolah.
    Semester 2 Tahun Pelajaran 2019-2020 kita semua sangat prihatin dengan adanya pandemi Virus COVID-19 di dunia termasuk Indonesia, hal ini sangat berdampak dalam segala aspek termasuk didunia pendidikan, untuk memutus penyebaran Virus COVID-19 dengan terpaksa pemerintah menghimbau untuk diam dirumah beberapa bulan kita semua menjalaninya. Namun kita semua menyadari Virus COVID-19 tidak mungkin hilang dan sampai saat ini belum ditemukan vaksin untuk virus COVID-19 dan kita juga tidak mungkin diam dirumah tanpa aktivitas bekerja bagi orang tua untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Pemerintah akhirnya menghimbau beraktifitas dengan hidup era baru, beraktifitas dengan menjalankan protokol kesehatan pencegahan terinfeksi virus COVID-19 diantaranya bila beraktifitas diluar rumah menggunakan masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, dan yang lainnya. Ketika Bp/Ibu datang kerumah menemui putera-puterinya dalam keadaan bersih dari virus COVID-19. Mari kita lindungi buah hati kita. Memang terasa berat menjalankannya karena kita belum terbiasa. Insya Allah apabila kita sudah terbiasa semuanya ringan untuk dilaksanakan.
      Putera-puteri kita juga harus tetap dalam pemantauan supaya tidak pergi ketempat yang rawan bisa menularkan penyebaran virus COVID-19. Apalagi sekarang sedang libur semester 2. Untuk mengisi waktu libur putera-puterinya saya menyarankan sesekali mempelajari buku Kelas VI. 
    Sebagai gambaran Bp/Ibu yang belum memahami cara menggunakan dan isi dari Buku Siswa. Admin mencoba sedikit menjelaskan beberapa hal yamg berkaitan dengan Buku Siswa SD/MI Kelas VI Tema 1 Kurikulum 2013 Revisi 2018, diantaranya:
  • Dalam Buku Siswa Kelas VI Tema 1 Kurikulum 2013 Revisi 2018 terdiri dari 4 (empat sub tema), dalam 1 (satu) sub tema ada 6 (enam) pembelajaran, setiap 1 pembelajaran dilaksanakan dalam 1 kali pertemuan. Saya juga sarankan apabila tidak ada kepentingan yang mendesak putera-puterinya jangan sampai tidak masuk sekolah, karena setiap hari materi yang disampaikan Bp/Ibu guru terus bergerak misalnya hari Senin dimulai dengan pembelajaran 1 maka hari Selasa pembelajaran 2 jadi kalau hari Selasa puter-puteri Bp/Ibu akan ketinggalan materi di pembelajaran 2.
  • Buku Siswa Kelas VI Tema 1 dilaksanakan selama 24 hari oleh Bp/Ibu Guru dikelas (4 Sub Tema X 6 Pembelajaran/hari = 24 hari).
  • Dalam setiap pembelajaran ada petunjuk-petunjuk misalnya ada perintah Ayo Baca maka putera-puteri membaca, Ayo Berlatih maka putera-puteri berlatih mengerjakan tugas dengan bimbingan Bp/Ibu, kalau tidak mengerti putera/puterinya bisa berkonsultasi dengan Bp/Ibu gurunya. Saran admin jangan paksakan putera puterinya menyelesaikan tugas-tugas yang ada di Buku Siswa dengan waktu yang cepat apalagi dalam situasi saat pandemi Virus COVID-19.
  • Setelah selesai melaksanakan pembelajaran satu tema, maka akan diadakan penilaian yang disebut Penilaian Harian (PH). Contoh soal Penilaian Harian (PH) setiap tema bisa dilihat di menu Bank Soal.
  • Jumlah tema untuk Kelas VI ada 9 tema, untuk semeter 1 ada 5 tema dan semester 2 ada 4 tema.
   Mudahkan... cara menggunakan Buku Siswa. Semoga bermanfaat dan bisa membantu Bp/Ibu mendampingi belajar dirumah bersama putera-puterinya. Bp/Ibu pada saat pergi bekerja juga bisa mengontrolnya dengan cara memberi tugas dan jawabannya dikirimkan ke Bp/Ibu, sekarang jaringan internet hampir ada disemua tempat. Jangan biarkan putera-puterinya salah menggunakan internet, itu tidak baik untuk perkembangan putera-puterinya. Sukses selalu buat Bp/Ibu yang tidak kenal lelah senantiasa mendampingi putera-puterinya disetiap waktu. Kesuksesan menanti buah hati kita. Amien. Saran admin download Buku Siswa dan simpan filenya di HP Bp/Ibu dan putera-puterinya.
    Buku Siswa SD/MI Kelas VI Tema 1,2,3,4,5,6,7,8, 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 dan Buku Siswa lainnya yang akan digunakan di Kelas VI di Tahun Pelajaran 2020-2021 admin siapkan di blog ini. Insya Allah bilamana ada revisi terbaru akan disampaikan, admin sarankan Bp/Ibu untuk melihat secara rutin di blog adeishak.blogspot.com, Mohon maaf banyak kesalahan dan kekurangan, saran dan masukan sangat berarti untuk perbaikan. Bp/Ibu silahkan mendownload buku tersebut dibawah ini. 

      Wassalamu'alaikum.
      Khusus tambahan Mata Pelajaran untuk MI dibawah ini:
      Buku Siswa yang terpisah dari Buku Siswa Tema dibawah ini:

Post a Comment for "Buku Siswa Kelas 6 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2018 dan Buku Siswa Lainnya"