Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kalender Pendidikan TP 2020-2021 di 34 Provinsi

   

        Assalamu'alaikum...

   Fungsi dari Kalender Pendidikan adalah untuk mendorong efektivitas dan efisiensi proses pembelajaran di sekolah. Selain itu, Kalender Pendidikan juga berfungsi untuk menyelaraskan antara ketentuan hari efektif dengan hari libur sekolah. Kalender Pendidikan bagi guru dikenal ada dua macam, yaitu:
  1. Kalender Pendidikan Umum (KALDIK PROVINSI/KABUPATEN)
  2. Kalender Pendidikan Khusus (KALDIK KTSP)
     Pada pembahasan ini, admin akan membahas tentang Kalender Pendidikan Umum. Berikut ini adalah beberapa komponen yang terdapat dalam Kalender Pendidikan Umum:
  • Permulaan tahun pelajaran adalah waktu dimulainya kegiatan pembelajaran pada awal tahun pelajaran pada setiap satuan pendidikan.
  • Waktu libur dapat berbentuk jeda tengah semester, jeda antar semester, libur akhir tahun pelajaran, hari libur keagamaan, hari libur umum termasuk hari-hari besar nasional, dan hari libur khusus.
  • Hari libur umum/nasional atau penetapan hari serentak untuk setiap jenjang dan jenis pendidikan disesuaikan dengan Peraturan Pemerintah Pusat/Provinsi/Kabupaten/Kota.
     Berdasarkan Kalender Pendidikan Umum, guru dapat mengetahui berapa jumlah Minggu Efektif Belajar (MEB) dan Hari Efektif Belajar (HEB) dalam satu Tahun Pelajaran yang nantinya akan disesuaikan dengan alokasi waktu yang diperlukan dalam menyampaikan pembelajaran tematik dan mata pelajaran yang tidak masuk dalam pembelajaran tematik.

    Sebagai contoh untuk mengetahui jumlah MEB, admin merujuk KALDIK Prov Banten Tahun Pelajaran 2020-2021 jumlah MEB Semeter 1 ada 19 MEB dan jumlah MEB Semeter 2 ada 15 MEB. Jadi jumlah MEB dalam Tahun Pelajaran 2020-2021 sebanyak 34 MEB. Secara lebih khusus penyesuaian alokasi waktu MEB dan HEB dengan materi pelajaran akan dibahas pada penyusunan Kalender Pendidikan Khusus/KTSP.

     Bp/Ibu yang memerlukan KALDIK Provinsi Tahun Pelajaran 2020-2021 silahkan download dibawah ini. KALDIK Provinsi yang belum ada, Insya Allah menyusul. Mohon maaf banyak kesalahan dan kekeliruan. Saran dan masukan senantiasa admin tunggu untuk perbaikan.

       Wassalamu'alaikum...

Post a Comment for "Kalender Pendidikan TP 2020-2021 di 34 Provinsi"