Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi PROTA dan PROSEM K 13 Edisi Revisi 2018

    

     Assalamu'alaikum...

    Hasil yang baik terlahir dari persiapan yang baik. Suatu ungkapan yang betul betul harus diresapi dan dijalankan dengan sungguh-sungguh dalam segala bidang. Begitu juga dalam dunia pendidikan perencanaan harus diperiapkan dengan baik dan benar oleh seorang guru sebelum melaksanakan pembelajaran.

   Sebelum Tahun Pelajaran baru dilaksanakan guru harus membuat perencanaan program pembelajaran selama satu tahun yang disingkat Prota dan perencanaan program pembelajaran selama satu semester untuk semester 1 dan semeter 2 yang disingkat Prosem. Pembuatan Prota dan Prosem saat ini berpedoman pada kurikulum 2013.
 
    Program Tahunan merupakan rencana umum pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu yang berisi rencana penetapan alokasi waktu satu tahun pembelajaran. Program tahunan perlu dipersiapkan dan dikembangkan oleh guru sebelum tahun pelajaran, karena merupakan pedoman bagi pengembangan program-program berikutnya, yakni Program Semester, Silabus, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.
 
    Langkah-langkah perancangan Program Tahunan:
1. Menelaah jumlah tema dan subtema pada suatu kelas.
2. Menghitung jumlah Minggu Belajar Efektif (MBE) dalam satu tahun.
3. Mendistribusikan alokasi waktu Minggu Belajar Efektif (MBE) ke dalam subtema.

    Dalam menyusun Program Tahunan, komponen yang harus ada sebagai berikut:
1. Identitas (muatan pelajaran, kelas, tahun pelajaran).
2. Format isian ( tema, sub tema, dan alokasi waktu).

    Dalam perkembangan dan pengkajian penyusunan Program Tahunan, terdapat beragam alternatif format program tahunan. Dengan demikian guru memiliki kebebasan dalam menentukan format program tahunan.  Format berikut ini, memberi kemudahan dalam penyusunan program tematik terpadu yang berorientasi kepada kepraktisan agar guru dapat membagi waktu satu tahun kegiatan pembelajaran efektif secara sistematis dan terukur.

Program semester merupakan penjabaran dari program tahunan sehingga program tersebut tidak bisa disusun sebelum tersusun program tahunan.

Langkah-langkah perancangan program semester:
1. Menelaah kalender pendidikan dan ciri khas satuan pendidikan berdasarkan kebutuhan tingkat satuan pendidikan.
2. Menandai hari-hari libur, permulaan tahun pelajaran, minggu pembelajaran efektif, dan waktu pembelajaran efektif (per minggu). Hari-hari libur meliputi:
·  Jeda tengah semester
·  Jeda antar semester
·  Libur akhir tahun pelajaran
·  Hari libur keagamaan
·  Hari libur umum termasuk hari-hari besar nasional
·  Hari libur khusus
3. Menghitung jumlah Hari Belajar Efektif (HBE) dan Jam Belajar Efektif (JBE) setiap bulan dan semester dalam satu tahun.
·  Tanggal 1 s.d 7 termasuk minggu ke 1
·  Tanggal 8 s.d 14 termasuk minggu ke 2
·  Tanggal 15 s.d 21 termasuk minggu ke 3
·  Tanggal 22 s.d 28 termasuk minggu ke 4
·  Tanggal 29 s.d 31 termasuk minggu ke 5
4. Mendistribusikan alokasi waktu yang disediakan untuk suatu subtema serta mempertimbangkan waktu untuk ulangan serta review materi.

Program semester berisikan garis-garis besar mengenai hal-hal yang hendak dilaksanakan dan dicapai dalam semester tersebut. Pada umumnya program semester ini berisikan:
•    Identitas (satuan pendidikan, mata pelajaran, kelas/semester, tahun pelajaran)
•   Format isian (tema, sub tema, pembelajaran ke alokasi waktu, dan bulan yang terinci per minggu, dan keterangan yang diisi kapan pelaksanaan pembelajaran berlangsung.

    Sekilas pembahasan tentang materi PROTA dan PROSEM diatas semoga bisa bermanfaan. Mohon maaf banyak kekeliruan dan kesalahan, saran dan masukan sangat diharapkan untuk perbaikan.

    Wassalamu'alaikum...



Post a Comment for "Materi PROTA dan PROSEM K 13 Edisi Revisi 2018"