Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Buku Guru Kelas 6 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2018-2019



Assalamu'alaikum.Wr.Wb.
Semoga kita semua dalam lindungan Allah SWT. Amin. Mohon ijin berbagi informasi:
Pemahaman tentang Kedudukan dan Fungsi dari Buku Guru atau Buku Siswa, harus dipahami oleh Bp/Ibu guru sebelum mengimplementasikannya dalam proses pembelajaran dikelas. Admin berbagi informasi tentang Kedudukan dan Fungsi Buku Guru dan Buku Siswa, materi ini dikutip dari Buku Pedoman Imlementasi Kurikulum 2013.

Kedudukan dan Fungsi Buku Siswa

Buku ini dipergunakan sebagai panduan aktivitas pembelajaran untuk memudahkan siswa dalam menguasai kompetensi tertentu. Buku ini juga digunakan untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan dalam proses pembelajaran (activities based learning) di mana isinya dirancang dan dilengkapi dengan contoh-contoh lembar kegiatan agar siswa dapat mempelajari sesuatu yang relevan dengan kehidupan yang dialaminya.

Buku Siswa diarahkan agar siswa lebih aktif dalam mengikuti proses pembelajaran melalui kegiatan mengamati, menanya, mencoba, menalar, berdiskusi serta meningkatkan kemampuan berkomunikasi baik antarteman maupun dengan gurunya. Guru  dapat mengembangkan atau memperkaya materi dan kegiatan lain yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Di bawah ini dijelaskan peran dan fungsi Buku Siswa yang dapat dirinci sebagai berikut.

A.      Panduan bagi Siswa dalam Melaksanakan Kegiatan-Kegiatan Pembelajaran

Setiap subtema pada masing-masing buku memiliki beberapa pembelajaran sesuai dengan tema. Untuk berbagai kegiatan yang harus dilakukan oleh siswa dibuat ikon-ikon yang melambangkannya, misalnya:
  • Kegiatan “Ayo  Mengamati” pada buku siswa merupakan kegiatan dimana siswa dilatih keterampilannya dalam mengamati, dan mencari/menggali informasi dari gambar, teks bacaan, teks percakapan atau data apapun yang bisa digunakan sebagai sumber pembelajaran. 
  • Kegiatan “Ayo Membaca” pada buku siswa merupakan kegiatan dimana siswa diberi kesempatan untuk  membaca teks informasi yang disajikan pada buku siswa. Kegiatan membaca ini biasanya terkait dengan kegiatan menggali informasi dari bacaan, dimana siswa dilatih keterampilannya dalam mencari ide-ide pokok dari bacaan. 
  • Kegiatan “Ayo Berlatih” pada buku siswa merupakan kegiatan dimana siswa diberi kesempatan untuk menunjukan pemahaman pengetahuannya dan mengaplikasikan keterampilannya. Kegiatan ini bisa merupakan kegiatan mandiri ataupun kegiatan dengan bimbingan guru. 
  • Kegiatan “Ayo Beraktivitas” pada buku siswa merupakan kegiatan di mana siswa diberi kesempatan untuk melakukan kegiatan pembelajaran melalui aktivitas kelompok maupun individu yang biasanya juga merupakan kegiatan berbasis proyek. 
  • Kegiatan “Ayo Menanya” dirancang untuk menumbuhkan dan mengembangkan keterampilan bertanya siswa, di mana bertanya bukan hanya tentang apa dan siapa tapi lebih kepada pembentukan keterampilan  bertanya yang kritis dan kreatif. 
  • Kegiatan “Ayo Berdiskusi” dirancang untuk memfasilitasi diskusi siswa dengan siswa lainnya dalam kelompok. Siswa dilatih untuk memberikan pendapat, saling menghormati dan menghargai anggota kelompok lainnya. 

B.   Penghubung antara  Guru, Sekolah, dan Orang Tua

Pada setiap akhir pembelajaran ada bagian yang membutuhkan keterlibatan orang tua untuk membimbing anak dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. Bagian ini bisa dilihat pada Buku Siswa dengan ikon tulisan “Kerjasama dengan Orang Tua”. Diharapkan  orang tua  berperan aktif mendukung siswa dalam meningkatkan pemahaman siswa pada pembelajaran yang dilakukan di sekolah.

C.   Lembar Kerja Siswa

Buku Siswa dapat berfungsi sebagai lembar kerja siswa, misalnya pada Buku Siswa terdapat kegiatan menulis maka siswa dapat mengerjakan langsung pada Buku Siswa.

D.   Penilaian dan Portofolio

Di dalam Buku Siswa terdapat halaman-halaman berisi format yang dapat digunakan sebagai lembar kerja untuk dihimpun sebagai bahan portofolio yang dapat dijadikan sumber penilaian hasil pembelajaran.

E.   Media Komunikasi antara Guru dan Siswa

Melalui proses pembelajaran dengan menggunakan Buku Siswa, guru dapat mengenal siswa lebih baik melalui pengamatan terhadap hasil kerja siswa yang telah dirancang sedemikian rupa dalam setiap pembelajaran. Guru dapat melihat perkembangan pengetahuan, keterampilan dan sikap siswa sesuai dengan kompetensi pembelajaran yang telah ditetapkan.

F.   Sebagai Kenang-kenangan Rekam Jejak Belajar Siswa

Semua hasil pekerjaan yang dilakukan siswa selama mengikuti proses pembelajaran akan tertuang dalam Buku Siswa sehingga guru dan orang tua dapat melihat jejak belajar dan perkembangan kompetensi selama mengikuti proses pembelajaran pada masing-masing jenjang. Bagi siswa semua rekam jejak belajar tersebut berguna sebagai kenang-kenangan di kemudian hari.

Kedudukan dan Fungsi Buku Guru

Buku Guru adalah panduan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Berikut ini penjelasan tentang fungsi buku guru.

A.   Sebagai Petunjuk Penggunaan Buku Siswa

Guru harus mempelajari terlebih dahulu Buku Guru. Guru harus menemukan informasi sebagai berikut:
  • Urutan acuan materi pelajaran yang dikembangkan dari Standar Kompetensi Lulusan, Kompetensi Inti, dan Kompetensi Dasar dari masing-masing muatan pelajaran, yang kemudian dipadukan  dalam satu tema tertentu. 
  • Jaringan tema dari masing-masing tema yang berisi kompetensi dasar dan indikator dari masing-masing muatan pelajaran yang harus dicapai.
  • Pemilahan pembelajaran yang dikembangkan dari subtema dengan tujuan agar guru secara bertahap dapat menyelenggarakan proses pembelajaran yang sesuai dengan kompetensi dasar yang harus dikuasai siswa.

B.   Sebagai Acuan Kegiatan Pembelajaran di Kelas

Buku Guru menyajikan hal-hal sebagai berikut:
  • Menjelaskan tujuan pembelajaran yang harus dicapai pada setiap pilahan pembelajaran dari masing-masing subtema.
  • Menjelaskan media pembelajaran yang dapat digunakan dalam menyelenggarakan proses pembelajaran agar  guru sudah menyiapkan media-media pembelajaran yang diperlukan. 
  • Menjelaskan langkah-langkah pembelajaran yang dilakukan dalam menyelenggarakan proses pembelajaran agar dapat membantu guru dalam menyusun rencana pelaksanaaan pembelajaran, dengan sistematis mengikuti langkah-langkah pembelajaran tersebut.
  • Menjelaskan tentang teknik dan instrumen penilaian yang dapat digunakan dalam setiap pilihan pembelajaran yang mungkin memiliki karakteristik tertentu.
  • Menjelaskan jenis lembar kerja yang sesuai dengan pilahan pembelajaran yang ada dalam Buku Siswa.

C. Penjelasan Metode dan Teknik Pembelajaran yang Digunakan dalam Proses Pembelajaran

Buku Guru memuat informasi tentang metode dan teknik pembelajaran yang digunakan sebagai acuan penyelenggaraan proses pembelajaran.

Semoga penjelasan tentang Fungsi dan Kedudukan Buku Guru dan Buku Siswa bisa bermanfaat. Mohon maaf banyak kesalahan dan kekurangan, saran dan masukan sangat berarti bagi admin untuk perbaikan. Bp/Ibu yang memerlukan Buku Guru Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Tema 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, dan Buku Siswa lainnya silahkan download dibawah ini.
Wassalamualikum.Wr.Wb

Post a Comment for "Buku Guru Kelas 6 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2018-2019"