Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RPP BDR 1 Lembar Kelas 3 Tema 1 Sub Tema 1 PB 1 SD/MI



Assalamu"alaikum...
Gurumu dirumahmu.

Bp/Ibu mengingat situasi pada saat ini sedang dalam Pandemi COVID-19. Untuk menghindari terpaparnya anak-anak Indonesia dari Virus COVID Pemerintah Daerah mengambil kebijakan yang disesuaikan dengan daerahnya masing-masing. Beberapa kebijakan diambil yang berkaitan dengan proses pembelajaran siswa-siswi, diantara:
  • Melaksanakan total Belajar Dari Rumah, mempertimbangkan daerah ini dikategorikan zona kuning dan zona merah penyebaran COVID-19
  • Melakasanakan 50% Belajar Dari Rumah dan 50% belajar seperti biasanya disekolah dengan melaksanakan Protokol Kesehatan Pencegahan COVID-19, mempertimbangkan daerah ini dikategorikan zona hijau penyebaran COVID-19.
Guru harus merancang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Belajar Dari Rumah  (BDR), dengan pertimbangan diantaranya:
  • RPP BDR dirancang guru bukan untuk dilaksanakan oleh guru tetapi yang melaksanakan RPP BDR adalah orang tua siswa.
  • Orang tua siswa mempunyai latar belakang yang berbeda, hal ini harus menjadi perhatian yang sangat serius oleh guru dalam merancang RPP BDR.
  • Guru dalam merancang RPP BDR harus tetap merujuk pada peraturan yang berlaku.
  • RPP BDR dibuat guru harus betul betul bisa dilaksanakan oleh orang tua siswa di rumah, bukan hanya sebagai bukti administrasi.  
Karena itu admin mencoba merancang suatu RPP BDR dengan tingkat kerumitan yang ringan bagi orang tua siswa karena bisa dilaksanakan setelah bekerja dan dalam pelaksanaannya orang tua siswa tinggal mengikuti urutan dari kegiatan yang tertuang dalam RPP BDR .
Pembuatan RPP BDR ini merujuk pada Buku Guru dan Siswa Kelas III Kurikulum 2013 Revisi 2018 yang Insya Allah dipergunakan pada Tahun Pelajaran 2020-2021. RPP BDR ini mulai dilaksanakan Tahun Pelajaran 2020-2021 tepatnya Hari Kamis, 16 Juli 2020, Insya Allah admin akan senantiasa membuat RPP BDR setiap hari. Bp/Ibu tinggal melihat tanggal pelaksanaan dan memantau di blog ini. Semoga Allah senantiasa memberikan Kesehatan Jasmani dan Rohani pada kita semua. Amien.
Mohon maaf banyak kesalahan dan kekurangan, saran dan masukan admin harapkan untuk perbaikan. Semoga bermanfaat.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 
Belajar Dari Rumah (BDR)

Nama Sekolah      : SD/MI KORMIN DISDIKBUD Kec. Sobang
Kelas/Semester   : III (tiga)/1 (satu)
Tema                      : 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup
Sub Tema              : 1 Ciri-Ciri Makhluk Hidup
Pembelajaran       : 1 (satu)
Alokasi Waktu      : 1 Hari
Hari,Tanggal         : Kamis, 16 Juli 2020

A.  Tujuan Pembelajaran

  1. Setelah mengamati, siswa dapat mengidentifikasi bentuk pola irama sederhana dengan benar.
  2. Setelah mengamati, siswa dapat memeragakan pola irama sederhana dengan percaya diri.
  3. Setelah mengamati, siswa dapat membuat pola irama sederhana dengan benar.
  4. Setelah mengamati, siswa dapat memeragakan pola irama sederhana yang sudah dibuat dengan percaya diri.
  5. Setelah mengamati gambar, siswa dapat menyebutkan minimal 4 ciri-ciri makhluk hidup dengan tepat.
  6. Setelah kegiatan membandingkan gambar, siswa dapat menyimpulkan ciri-ciri makhluk hidup dengan tepat.
  7. Setelah bermain mencari pasangan nama dan lambang bilangan, siswa dapat membilang secara urut bilangan 1.000 sampai dengan 10.000 dengan benar.
  8. Setelah bermain mencari pasangan nama dan lambang bilangan, siswa dapat membilang secara loncat bilangan 1.000 sampai dengan 10.000 dengan benar.
  9. Setelah mengamati contoh, siswa dapat membilang dan menuliskan bilangan 1.000 sampai 10.000 secara panjang(sepuluh ribuan, ribuan, ratusan, puluhan, dan satuan) dengan benar.

B.  Kegiatan Inti

Wali siswa bersama putera-puteri belajar dari rumah sesuai dengan urutan kegiatan dibawah ini. (Wali Siswa yang tidak ada jaringan internet, dan bagi wali siswa yang tidak bisa membaca bisa minta bantuan kepada anggota keluarga lainnya. RPP BDR telah disiapkan oleh guru)
  • Mengawali belajar wali siswa meminta putera-puterinya berdo'a.
  • Wali siswa dan putera-puterinya menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya. 
  • Wali siswa menjelaskan Protokol Kesehatan Pencegahan Virus COVID-19 diantaranya:
  1. Memakai masker apabila keluar rumah.
  2.  Mencuci tangan setiap setelah beraktifitas dengan sabun dan air yang mengalir
  3. Menjaga jarak dengan yang lainnya minimal 1,5 meter.
  4. Tidak keluar rumah apabila tidak ada kepetingan mendesak.
  5. Menjaga imunitas tubuh dengan cara mengkonsumsi makanan yang bergiji dan istirahat yang cukup. 
  • Wali siswa memberikan pemahaman pada putera-puterinya tentang manfaat menggunakan masker pada waktu keluar rumah bahwa udara yang dihirup bersih karena telah disaring oleh masker dan ini berdampak baik pada kesehatan diri sendiri dari segala bibit penyakit yang tersebar melalui udara.
  • Wali siswa menanamkan sikap berprasangka yang baik pada orang disekitarnya dalam keadaan baik dan sehat tetapi ketika dirinya menggunakan masker bertujuan untuk mencegah dan melindungi orang disekitar terpapar bibit penyakit yang dikeluarkan dari nafas dirinya. Do'a dan harapan semuanya dalam keadaan sehat jasmani dan rohani. Amin.
  • Wali siswa membimbing, berdiskusi, dan meminta putera-puterinya untuk membaca dan menanggapi teks bacaan dilanjutkan menyanyi bersama Lagu Anak "Cicak di Dinding" dengan pola pendek dan panjang.


  • Wali siswa membimbing, berdiskusi dan meminta putera-purterinya untuk mengerjakan Tugas 1 membuat 4 pola berbeda dengan pola pendek dan panjang pada lagu "Cicak di Dinding".
Tugas 1
  • Wali siswa membimbing, berdiskusi dan meminta putera-purterinya untuk membaca dan menanggapi teks bacaan dilanjutkan menjawab pertanyaannya.




  • Wali siswa membimbing, berdiskusi dan meminta putera-purterinya untuk mengerjakan Tugas 2 untuk membuat kesimpulan.
Tugas 2
  • Wali siswa membimbing, berdiskusi dan meminta putera-purterinya untuk membaca dan menanggapi teks bacaan dilanjutkan menyanyi bersama Lagu Anak "Cicak di Dinding" dengan pola pendek dan panjang.



  • Wali siswa membimbing, berdiskusi dan meminta putera-purterinya untuk menjawab Tugas 3 tentang membilang secara urut dan urutan bilangan.

Tugas 3

  • Wali siswa berdiskusi bersama putera-puterrinya tentang ciri-ciri cicak sebagi makhluk hidup.
  • Wali siswa bertanya pada putera-puterinya tentang belajar hari ini menyenangkan atau tidak. Kalau menyenangkan pertahankan dan tingkatkan, kalau tidak menyenangkan diperbaiki supaya dalam belajar selanjutnya putera-puterinya belajar dalam situasi menyenangkan.
  • Belajar selesai. Wali siswa meminta siswa berdo'a. Wali siswa melaporkan pelaksanaan berdo'a putera-puterinya pada guru, dilaksanakan dengan baik atau tidak.

3.   Penilaian

  • Sikap (Laporan sikap berdoa sebelum dan sesudah belajar dari wali siswa)
  • Pengetahuan (Laporan Tugas 1 MP SBdP, Tugas 2 MP Bahasa Indonesia, dan MP Matematika dari wali siswa)
Catatan untuk wali siswa
  1. Laporan dikirim ke Group WA sampai dengan Pukul 22.00 wibb.
  2. Laporan diserahkan pada guru kelas setelah wali siswa bekerja (Tidak ada jaringan internet, tidak memiliki HP Android, tidak bisa membaca).

Post a Comment for "RPP BDR 1 Lembar Kelas 3 Tema 1 Sub Tema 1 PB 1 SD/MI "