Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Buku Saku Pembelajaran Masa COVID-19 Revisi 1



Assalamu'alaikum...Wr.Wb.
Semoga kita semua ada dalam lindungan Allah SWT. Amin. Kebijakan Pemerintah dalam pelaksanaan proses pembelajaran saat ini disesuaikan dengan perkembanagan dari penyebaran COVID-19. Proses pembelajaran ada yang dilaksanakan dengan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) ketika daerah tersebut masuk dalam zona kuning dan hijau. Tetapi apabila suatu daerah masuk dalam zona orangfe dan merah maka pembelajaran dilaksanakan dengan cara Belajar Dari Rumah (BDR). Pedoman dalam pelaksanaan BDR dipersiapkan untuk melancarkan proess BDR, saat ini yang dipergunakan yaitu Buku Saku Pembelajaran Masa Pandemi (Revisi 1). Pada kesempatan ini Admin akan menyampaikan beberapa hal diantarnya:

Tujuan BDR
1. Memastikan pemenuhan hak anak untuk mendapatkan layanan pendidikan selama darurat COVID-19
2. Melindungi warga satuan pendidikan dari dampak buruk COVID-19.
3. Mencegah penyebaran dan penularan COVID-19 di satuan pendidikan.
4. Memastikan pemenuhan dukungan psikososial bagi pendidik, peserta didik dan orang tua/wali

Prinsip – prinsip pelaksanaan BDR
1. Keselamatan dan kesehatan lahir batin siswa, guru, kepala sekolah dan seluruh warga sekolah menjadi pertimbangan utama dalam pelaksanaan BDR.
2. Kegiatan BDR dilaksanakan untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa, tanpa terbebani tuntutan menuntaskan seluruh capaian kurikulum.
3. BDR dapat difokuskan pada pendidikan kecakapan hidup, antara lain mengenai pandemi COVID-19
4. Materi pembelajaran bersifat inklusif sesuai dengan usia dan jenjang pendidikan, konteks budaya, karakter dan jenis kekhususan peserta didiK.
5. Aktivitas dan penugasan selama BDR dapat bervariasi antar daerah, sekolah dan Peserta Didik sesuai minat dan kondisi masing-masing, termasuk mempertimbangkan kesenjangan akses terhadap fasilitas BDR.
6. Hasil belajar peserta didik selama BDR diberi umpan balik yang bersifat kualitatif dan berguna dari guru tanpa diharuskan memberi skor/nilai kuantitatif.
7. Mengedepankan pola interaksi dan komunikasi yang positif antara guru dengan orang tua/ wali.

Metode Pelaksanaan BDR
1. Pembelajaran jarak jauh Dalam Jaringan/online (Daring), menggunakan gawai (gadget) maupun laptop melalui beberapa portal dan aplikasi pembelajaran daring.
2. Pembelajaran jarak jauh Luar Jaringan/offline (Luring), menggunakan televisi, radio, modul belajar mandiri dan lembar kerja, bahan ajar cetak, alat peraga dan media belajar dari benda di lingkungan sekitar.

Untuk lebih jelas isi dari Perubahan Buku Saku Pembelajaran Masa Pandemi (Revisi 1). Bp/Ibu bisa baca dan download dibawah ini. Semoga informasi ini bermanfaat. Mohon maaf banyak kekurangan, saran dan masukan sangat berarti untuk perbaikan kedepan, jika bermanfaat dan membantu silahkan di SHARE dan KLIK IKUTI di kolom FOLLOWERS supaya memperoleh informasi POSTINGAN terbaru. Terima kasih atas kunjungannya 
Wassalamu'alaikum...Wr.Wb.
  • Baca dan Download Perubahan Buku Saku Pembelajaran Masa Pandemi (Revisi 1) 

Post a Comment for "Buku Saku Pembelajaran Masa COVID-19 Revisi 1"