Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PMA RI NOMOR 24 TAHUN 2018 Tentang Kepala Madrasah


Assalamu'alaikum...

Semoga khabar baik buat kita semua. Amin. Pada kesempatan ini Admin akan berbagi informasi tentang PERATURAN MENTERI AGAMA REPUBLIK INDONESIA NOMOR 24 TAHUN 2018 TENTANG KEPALA MADRASAH sebagai berikut: 

Menteri Agama RI Tertanggal 30 November 2018 menerbitkan PMA NOMOR 24 TAHUN 2018 Tentang Kepala Madrasah, untuk mengubah dan menyempurnakan PERATURAN MENTERI AGAMA NOMOR 58 TAHUN 2017 TENTANG KEPALA MADRASAH untuk menjamin penyelenggaraan pendidikan dan pengelolaan madrasah yang efektif, efisien, dan akuntabel serta untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Ketentuan Pasal 6 Peraturan Menteri Agama Nomor 58 Tahun 2017 tentang Kepala Madrasah (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2017 Nomor 1627) diubah sehingga berbunyi sebagai berikut:

1.   Calon Kepala Madrasah harus memenuhi persyaratan:
  • beragama Islam.
  • memiliki kemampuan baca tulis Al-Qur’an.
  • berpendidikan paling rendah sarjana atau diploma empat kependidikan atau bukan kependidikan dari perguruan tinggi yang terakreditasi.
  • memiliki pengalaman manajerial di Madrasah.
  • memiliki sertifikat pendidik.
  • berusia paling tinggi 55 (lima puluh lima) tahun pada saat diangkat.
  • memiliki pengalaman mengajar paling singkat 9 (sembilan) tahun pada Madrasah yang diselenggarakan oleh Pemerintah dan 6 (enam) tahun pada Madrasah yang diselenggarakan oleh masyarakat.
  • memiliki golongan ruang paling rendah III/c bagi guru pegawai negeri sipil dan memiliki golongan ruang atau pangkat yang disetarakan dengan kepangkatan yang dikeluarkan oleh yayasan/lembaga yang berwenang dibuktikan dengan keputusan inpassing bagi guru bukan pegawai negeri sipil.
  • sehat jasmani dan rohani berdasarkan surat keterangan sehat dari rumah sakit pemerintah.
  • tidak sedang dikenakan sanksi hukuman disiplin tingkat sedang atau berat sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
  • memiliki nilai prestasi kerja dan nilai kinerja guru paling rendah bernilai baik dalam 2 (dua) tahun terakhir.
  • diutamakan memiliki sertifikat Kepala Madrasah sesuai dengan jenjangnya untuk Madrasah yang diselenggarakan oleh Pemerintah.

2.   Sertifikat Kepala Madrasah sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf l merupakan sertifikat yang diterbitkan oleh Balai Pendidikan dan Pelatihan Keagamaan, Badan Penelitian dan Pengembangan, dan Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Agama dan/atau lembaga lain yang berwenang.

3.  Kepala Madrasah pada Madrasah yang diselenggarakan oleh Pemerintah yang sudah menjabat dan belum memiliki sertifikat Kepala Madrasah, paling lama 3 (tiga) tahun wajib memiliki sertifikat Kepala Madrasah.

4. Persyaratan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf e dan huruf h, dikecualikan bagi pengangkatan calon Kepala Madrasah berstatus bukan pegawai negeri sipil pada Madrasah yang diselenggarakan oleh masyarakat.

5. Persyaratan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf d, huruf e, huruf g, huruf h, dan huruf k dikecualikan bagi pengangkatan calon Kepala Madrasah berstatus bukan pegawai negeri sipil pada Madrasah baru yang diselenggarakan oleh masyarakat.

6. Ketentuan lebih lanjut mengenai pengangkatan Kepala Madrasah ditetapkan dengan Keputusan Direktur Jenderal.

Penjelasan secara rinci Bp/IBu bisa membaca dan mendownload PMA NOMOR 24 TAHUN 2018 Tentang Kepala Madrasah, telah Admin siapkan. Semoga Bermanfaat. Mohon maaf banyak kekurangan, saran dan masukan sangat berarti untuk perbaikan kedepan, jika bermanfaat dan membantu silahkan di SHARE.  Terima kasih atas kunjungannya dan jangan lupa KLIK IKUTI di kolom FOLLOWERS supaya memperoleh informasi POSTINGAN terbaru. Wassalamu'alaikum...

Post a Comment for "PMA RI NOMOR 24 TAHUN 2018 Tentang Kepala Madrasah"