Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rangkaian Listrik Seri, Paralel, Campuran

 

Assalamu'alaikum...Wr.Wb.
Semoga khabar baik buat kita semua. Amin. Admin akan berbagi informasi materi pelajaran Kelas 6 SD/MI Tema 3 Sub Tema 3 Pembelajaran 3 Muatan Pelajaran IPA tentang Rangkaian Listrik Seri, Rangkaian Listrik Paralel da Rangkaian Listrik Campuran. 
Rangkaian listrik adalah suatu hubungan sumber listrik dengan alat-alat listrik lainnya yang mempunyai fungsi-fungsi tertentu. Contoh alat-alat listrik yang seringg digunakan dalam rangkaian listrik sederhana adalah sakelar dan lampu. Sakelar adalah alat listrik yang berfungsi menghubungkan dan memutuskan arus listrik. 

Berdasarkan susunan hubungan alat-alat listrik maka rangkaian listrik tersusun dengan tiga cara, yaitu 1. Rangkaian Listrik Seri.

Rangkaian Listrik Seri
Rangkaian seri adalah rangkaian alat-alat listrik yang disusun berurutan tanpa cabang.
Ciri-ciri rangkaian seri adalah
a. Arus listrik mengalir tanpa melalui cabang. Arus listrik yang mengalir → lampu 1 → lampu 2, demikian pula yang → baterai 1 → baterai 2.
b. Jika salah satu alat listrik dilepas atau rusak maka arus listrik akan putus
Rangkaian listrik seri sering digunakan pada bagunan seperti perkantoran, kampus, hotel dan untuk alat misalnya senter.






Kelebihan rangkaian seri
1.  Rangkaian listrik yang disusun secara seri akan membutuhkan jumlah kabel penghantar yang lebih sedikit sehingga biaya yang digunakan akan lebih murah.
2.  Arus yang mengalir pada tiap-tiap beban akan sama besar walaupun tahanan masing-masing beban listrik tidak sama besar.
3. Tegangan total yang dihasilkan oleh masing-masing sumber tenaga listrik merupakan hasil penjumlahan dari masing-masing tegangan pada sumber tenaga listrik.

Kekurangan rangkaian seri
1.  Beban listrik tersebut adalah lampu, maka apabila ada salah satu lampu putus akan membuat lampu yang lain juga ikut padam.
2.  Lampu-lampu tidak akan menyala sama terang.

2. Rangkaian Listrik Paralel.
Rangkaian paralel adalah rangkaian alat-alat listrik yang dihubungkan secara berjajar dengan satu atau beberapa cabang. Alat listrik yang dapat dirangkai secara paralel adalah lampu dan baterainya. Rakaian listrik paralel bisa disusun dengan dua cara yaitu lampu disusun paralel dan batu disusun paralel. Perhatikan gambar dibawah ini!.

Lampu disusun paralel
Batu baterai disusun paralel


Ciri-ciri rangkaian listrik paralel yaitu:
a. Arus mengalir melalui satu cabang atau lebih. Arus listrik yang melalui lampu 1 atau baterai 1 tidak melalui lampu 2 atau baterai 2.
b. Jika salah satu alat listrik dilepas atau rusak arus listrik akan tetap mengalir melalui cabang yang lain.
c. Nyala lempu lebih terang dari rangkaian listrik paralel.
Rangkaian listrik paralel sering digunakan di rumah, jika salah satu lampu dipadamkan lampu yang lainnya tetap menyala.

Kelebihan rangkaian paralel
1.  Beban listrik misalnya lampu di rangkai secara paralel maka apabila salah satu lampu putus, lampu yang lain akan tetap menyala.
2. Tegangan listrik yang menuju ke masing-masing beban adalah sama besar maka lampu-lampu tersebut akan menyala sama terang.

Kekurangan rangkaian paralel
1.  Apabila beban listrik yang disusun secara paralel memiliki tahanan yang berbeda maka arus listrik yang mengalir ke masing-masing beban kelistrikan menjadi tidak sama besar.
2.  Membutuhkan jumlah kabel penghantar yang lebih banyak maka biaya pembuatan lebih mahal.

3. Rangkaian Listrik Campuran.
Rangkaian listrik campuran merupakan kombinasi dari rangkaian seri dan rangkaian paralel. perhatikan gambar rangkaian listrik campuran.

Rangkaian Listrik Campuran
Contoh pengunaan rangkaian listrik paralel campuran, lampu didalam rumah menggunakan rangkaian listrik paralel sedangkan lampu ditanam menggunakan rangkaian listrik seri. Jadi ketika kita memadamkan lampu ditaman maka lamu yang ada didalam rumah tetap menyala.




Semoga materi diatas bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan siswa siswi kelas 6. Terima kasih. WasSalamu'alaikum...Wr.Wb.

Post a Comment for "Rangkaian Listrik Seri, Paralel, Campuran"