Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RPP 1 Lembar Kelas 6 Tema 3 Sub Tema 1 PB 1 SD/MI K 13 Rev 2018

 

Assalamu'alaikum...

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 
Belajar Dari Rumah (BDR)

Nama Sekolah   : SD/MI KORMIN DISDIKBUD Kec. Sobang
Kelas/Semester : VI (enam)/1 (satu)
Tema                   : 3. Tokoh dan Penemuan
Sub Tema           : 1. Penemu yang Mengubah Dunia
Pembelajaran    : 1 (satu)
Alokasi Waktu   : 1 Hari
Hari,Tanggal      : Sabtu, 19 September 2020

A.  Tujuan Pembelajaran

Dengan membaca, siswa mampu menyebutkan informasi penting dari teks eksplanasi yang dibaca tentang penemu yang mengubah dunia dengan mandiri.

Setelah membaca, siswa mampu mempresentasikan informasi penting dari teks eksplanasi yang dibaca tentang penemu yang mengubah dunia dengan peta pikiran yang tepat.

Dengan mengamati, siswa mampu mengidentifikasi komponenkomponen listrik dan fungsinya dalam rangkaian listrik sederhana dengan tepat.

Setelah pengamatan, siswa mampu menyajikan hasil pengamatan tentang komponen-komponen listrik dalam rangkaian listrik sederhana dan fungsinya dengan tepat.

Dengan mengamati dan melakukan wawancara, siswa mampu mengidentifikasi perubahan sosial budaya dalam kehidupan masyarakat atas ditemukannya listrik dengan tepat.

Dengan mengamati dan melakukan wawancara, siswa mampu melaporkan perubahan sosial budaya masyarakat dengan ditemukannya listrik dalam bentuk peta pikiran dengan sistematis.

B.  Kegiatan Inti

Wali Siswa memberikan arahan dan mengawasi kegiatan putera-puteri belajar dari rumah sesuai dengan urutan yang ada dalam Kegiatan Inti  dibawah ini. (Wali Siswa yang tidak ada jaringan internet, tidak memiliki HP Android, dan wali siswa yang tidak bisa membaca meminta bantuan kepada anggota keluarga lainnya. RPP BDR telah disiapkan oleh guru)

Mengawali belajar wali siswa meminta putera-puterinya berdo'a dilanjutkan bersama-sama menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya. (Video Lagu Kebangsaan Indonesia Raya bisa dilihat di youtube)

Wali siswa bercerita tentang mewabahnya Virus COVID-19 saat ini sehingga perlu meningkatkan kewaspadaan supaya jangan sampai terinfeksi dan meminta kepada putera -puterinya untuk menjelaskan Protokol Kesehatan Pencegahan Penularan Virus COVID-19, diantaranya memakai masker apabila keluar rumah, mencuci tangan setiap setelah beraktifitas dengan sabun dan air yang mengalir, menjaga jarak dengan yang lainnya minimal 1,5 meter, tidak keluar rumah apabila tidak ada kepetingan mendesak, menjaga imunitas tubuh dengan cara mengkonsumsi makanan yang bergiji dan istirahat yang cukup, dll.

Wali siswa memberikan pemahaman pada putera-puterinya tentang manfaat menggunakan masker pada waktu keluar rumah bahwa udara yang dihirup bersih karena telah disaring oleh masker dan ini berdampak baik pada kesehatan diri sendiri dari segala bibit penyakit yang tersebar melalui udara.
Wali siswa menanamkan sikap berprasangka yang baik pada orang disekitarnya dalam keadaan baik dan sehat tetapi ketika dirinya menggunakan masker bertujuan untuk mencegah dan melindungi orang disekitar terpapar bibit penyakit yang dikeluarkan dari nafas dirinya. Do'a dan harapan semuanya dalam keadaan sehat jasmani dan rohani. Amin.

Wali siswa membimbing dan meminta putera-puterinya mengamati dan membaca teks bacaan "Listrik Pengubah Wajah Dunia" (Baca Buku Siswa Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Tema 3 Sub Tema 1 PB 1 halaman 1-2) dengan cermat dilanjutkan dilanjutkan wali siswa meminta putera-puterinya memberikan tanggapan.

























Setelah siswa memberikan tanggapannya, wali siswa meminta putera-puterinya mengerjakan tugas 1 MP Bahasa Indonesia melengkapi peta pikiran berdasarkan teks bacaan "Listrik Pengubah Wajah Dunia"
Tugas 1 MP Bahasa Indonesia
Teks tersebut terdiri atas 5 paragraf. Jawab pertanyaan berikut berdasarkan paragraf pada teks tersebut!
Paragraf 1 : Apa topik masalah yang akan disampaikan oleh penulis?
Paragraf 2:
a. Apa yang kamu ketahui tentang arus listrik?
b. Bagaimana proses perjalanan arus listrik dari pusat pembangkit hingga sampai di rumah penduduk? Jelaskan secara berurutan!
Paragraf 3:
a. Apa yang terjadi dengan arus listrik saat tiba di rumah warga? Jelaskan secara berurutan!
b. Apa manfaat arus listrik setelah sampai ke setiap rumah warga?
c. Apa perbedaan rangkaian listrik seri dan paralel?
Paragraf 4:
Apa kesimpulan dari isi teks tersebut?
Paragraf 5:
Adakah pesan yang disampaikan oleh penulis? Jelaskan dengan singkat!
Tugas 1 MP Bahasa Indonesia

Wali siswa membimbing dan meminta putera-puterinya mengamati dan membaca teks bacaan tentang komponen komponen yang ada pada senter" (Baca Buku Siswa Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Tema 3 Sub Tema 1 PB 1 halaman 4-5) dengan cermat dilanjutkan dilanjutkan wali siswa meminta putera-puterinya dan memberikan tanggapan mengerjakan latihannya.
isi latihan ini
isi latihan ini

Setelah siswa memberikan tanggapannya dan mengerjakan latihan dilanjutkan wali siswa meminta putera-puterinya mengerjakan tugas 2 MP IPA  menentukan alat-alat dan bahan yang diperlukan untuk percobaan membuat rangkaian listrik sederhana pada senter. Tuliskan pada tabel dibawah ini.
Tugas 2 MP IPA

Setelah siswa mengerjakan tugas 2 MP IPA. Wali siswa dan putera-puterinya berdiskusi untuk menemukan perbedaan sebelum dan sesudah ada listrik dan ditulis seperti pada kolom dibawah ini: 

isi latihan ini

Setelah siswa mengerjakan latihan diatas. Dilanjutkan wali siswa meminta putera-puterinya mengerjakan tugas 3 MP IPS  menyebutkan benda benda sebelum ada listrik, kemudian benda benda sesudah ada listrik minimal 5 macam benda.  Tuliskan pada tabel dibawah ini.

Tugas 3 MP IPS

Wali siswa bertanya pada putera-puterinya tentang pengalaman belajar hari ini menyenangkan atau tidak. Kalau menyenangkan pertahankan dan tingkatkan, kalau tidak menyenangkan diperbaiki supaya dalam belajar selanjutnya putera-puterinya belajar dalam situasi menyenangkan.
Belajar selesai. Wali siswa meminta siswa berdo'a. Wali siswa melaporkan pelaksanaan berdo'a putera-puterinya pada guru, dilaksanakan dengan baik atau tidak.

C.   Penilaian

Sikap (Laporan sikap berdoa sebelum dan sesudah belajar dari wali siswa)
Pengetahuan (Lapoaran tugas 1 MP Bahasa Indonesia dan tugas 3 MP IPS dari wali siswa)
Keterampilan (Lapoaran tugas 1 MP IPA  dari wali siswa)
Catatan untuk wali siswa
Laporan dikirim ke Group WA sampai dengan Pukul 22.00 wibb.
Laporan diserahkan pada guru kelas setelah wali siswa bekerja (Bagi yang tidak ada jaringan internet, tidak memiliki HP Android, tidak bisa membaca).
Wassalamu'alaikum...

Keterangan

Post a Comment for "RPP 1 Lembar Kelas 6 Tema 3 Sub Tema 1 PB 1 SD/MI K 13 Rev 2018"