Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Topologi Jaringan SMA-MA


Assalamu'alaikum...
Semoga Siswa Siswi di Indonesia dalam lindungan dan diberikan kecerdasaan oleh Allah SWT. Amin. Terus belajar menuntut ilmu dengan tekun, buatlah bangga Ayah, Ibu dan Guru dengan Prestasimu. Kali ini Admin akan berbagi informasi tentang Materi Topologi Jaringan untuk SMA/MA. Silahkan dipelajari dengan baik.

TOPOLOGI JARINGAN

Topologi Jaringan komputer adalah cara menghubungkan/ mengoneksikan sebuah perangkat komputer/ smartphone dengan perangkat komputer/smartphone yang lainnya sehingga membentuk sebuah jaringan.

Berdasarkan fungsinya topologi ada dua macam
1.   Topologi fisik jaringan, yang terdiri dari:

>> Topologi Bus, adalah jaringan komputer yang menggunakan kabel tunggal untuk menghubungkan semua komputer, seperti gambar disamping.









>> Topologi Ring, adalah jaringan komputer yang dihubungkan dengan cara setiap komputer memiliki tepat dua komputer yang terhubung untuk tujuan komunikasi, seperti gambar disamping.













>> Topologi Star, adalah jaringan komputer yang memiliki kontrol terpusat, semua komputer atau perangkat terhubung ke satu komputer pusat yang nanti nya akan menyalurkan data ke semua klient, seperti gambar disamping.











>> Topologi Mesh, topologi mesh merupakan konsep rute, artinya semua perangkat komputer saling terhubung atau terkoneksi untuk melakukan pertukaran data secara langsung, seperti gambar disamping.













>> Topologi Tree, merupakan jaringan yang menggabungkan beberapa topologi star bersama-sama kesebuah bus. Dalam bentuk gambaran sederhana bisa dilihat seperti gambar disamping.










>> Topologi Hybrid, adalah jaringan komputer yang dibentuk dari berbagai topologi dan teknologi, untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar disamping.













2.      Topologi logik jaringan, yang terdiri dari:
>> Ethernet, adalah teknologi jaringan komputer berdasarkan pada kerangka jaringan area lokal (LAN), sedangkan Ethernet Card adalah jenis hardware jaringan komputer berupa adaptor, awalnya diciptakan untuk membangun sebuah Local Area Network (LAN)
>> Token ring, adalah sebuah jaringan berbasis teknologi ring yang pada awalnya dikembangkan dan diusulkan oleh Olaf Soderblum pada tahun 1969. Perusahaan IBM selanjutnya membeli hak cipta dari Token Ring dan memakai akses Token Ring dalam produk IBM pada tahun 1984. Elemen kunci dari desain Token Ring milik IBM ini adalah penggunaan konektor buatan IBM sendiri (proprietary), dengan menggunakan kabel twisted pair, dan memasang hub aktif yang berada di dalam sebuah jaringan komputer.
>> Local talk, adalah jaringan yang dikembangkan oleh Apple Inc untuk komputer Macintos. Dengan menggunakan metode CMSA/CA (Carier Sense Multiple Acces with Collison Avoidance, LocalTalk menggunakan kabel TP khusus yang digunakan untuk menghubungkan sederetan komputer melalui portal serial.
>> FDDI (Fiber Distribuited Data Interface), adalah sebuah jaringan yang menghubungkan antara dua atau lebih jaringan bahkan pada jarak yang jauh. Metode yang digunakan adalah model token ring
>> ATM (Asynchronous Transfer Mode), adalah sebuah jaringan yang mentransmisikan datanya dengan kecepatan hingga 155 Mbps bahkan lebih, ATM bekerja menggunakan topologi star dan dapat menggunakan kabel fiber optik atau pun kabel twister pair.

Beberapa komponen perangkat keras jaringan diantaranya adalah 
  1. Server, adalah sebuah komputer yang menyediakan jenis layanan (service) tertentu dalam sebuah jaringan komputer, selain itu server juga mengontrol akses terhadap jaringan dan sumber daya yang terdapat di dalamnya, tugas utama server adalah melayani komputer klien sesuai masing-masing jenisnya.
  2. Workstation, adalah suatu komputer dengan spesifikasi tinggi yang fungsinya menghubungkan komputer satu dengan lainnya atau terhubung dengan komputer server. Workstation umumnya memiliki dukungan yang lengkap untuk keperluan semua pekerjaan dan tugas yang dilakukan, tetapi workstation tidak dapat menjalankan tugas pemrosesan, karena tugas pemrosesan seluruhnya dilakukan oleh server sehingga beban pemrosesan dan lalu lintas network terpusat pada server. istilah workstation juga sering disebut sebagai klien (client).
  3. LAN card (Network Interface Card), adalah suatu perangkat yang digunakan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya dalam sebuah jaringan. LAN card biasa disebut juga NIC (Network Interface Card)
  4. HUB, adalah perangkat jaringan yang bertugas sebagai penyambung dan menggunakan kabel UTP untuk menguatkan sinyal. Pada HUB sinyal dapat mengalami tabrakan (collison) karena tidak mengenal MAC address.
  5. Switch, adalah perangkat dalam jaringan yang bertugas sebagai penyambung dalam jaringan, berbeda dengan HUB (yang tidak mengenal MAC address), pada Switch sudah mengenal MAC address sehingga sinyal dapat dipililh dan ditransmisikan dengan baik. 
  6. Router, adalah perangkat jaringan yang berperan sebagai penghubung atau penerus paket data dari suatu jaringan ke jaringan lainnya.
  7. Repeater, adalah perangkat jaringan yang berfungsi untuk memperluas jangkauan sinyal wifi ke daerah yang belum tercover oleh sinyal dari server 
Keamanan Jaringan
Keamanan jaringan diakukan agar  terhindar dari berbagai bentuk ancaman fisik maupun logik yang dapat membahayakan data dan sistem pada komputer dalam jaringan. Macam-macam cara dalam membangun keamanan jaringan:
  1. Autentikasi, adalah cara untuk mengetahui bahwa informasi yang diberikan adalah benar/valid
  2. Enskripsi, adalah proses peng-kode-an  data untuk menjaga kerahasiaan data atau file
  3. Virtual Privat Network (VPN), merupakan jaringan komunikasi lokal yang terhubung melalui media jaringan, yang bertujuan untuk memperoleh komunikasi yang aman (privat) dalam memakai internet
  4. DMZ (De-Militerized Zone), merupakan sistem untuk server yang berfungsi melindungi sistem internal dari serangan hacker.
Sampai disini dulu pembahasan tentang Materi Topologi Jaringan. Semoga Bermanfaat. Mohon maaf banyak kekurangan, saran dan masukan sangat berarti untuk perbaikan kedepan, jika bermanfaat dan membantu silahkan di SHARE ke teman-teman. Terima kasih atas kunjungannya dan jangan lupa KLIK IKUTI di kolom FOLLOWERS supaya memperoleh informasi POSTINGAN terbaru dan sebagai wujud mengapresiasi terhadap karya seseorang (KLIK IKUTI/LIKE).
Wassalamu'alaikum... 

Post a Comment for "Topologi Jaringan SMA-MA"