Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Cepat Memahami Bacaan Dengan Teknik Previewing dan Predicting



Assalamu,alaikum...Wr.Wb.
Semoga khabar baik dari Kakak Mahasiswa. Tetap semangat dan terus melaksanakan perkuliahan di masa Pandemi COVID_19. Pada kesempatan ini Admin akan berbagi informasi tentang Materi Teknik Previewing dan Predicting untuk membantu dalam memahami suatu bacaan. Selamat mempelajari.

Previewing adalah kegiatan membaca cepat agar dapat merancang suatu gambaran yang ada dalam teks bacaan atau paragraf. (Siti dkk,2020;2.2). Previewing merupakan kegiatan dalam membaca cepat yang melatih kita untuk bisa meletakkan teks sesuai konteksnya. Kegiatan ini juga membantu kita untuk menilai tingkat kesulitan suatu teks bacaan, dan seberapa dalam latar belakang pengetahuan kita atas topik yang dibicarakan, selain  itu dengan Previewing kita dapat mengambil intisari informasi dari suatu teks bacaan tanpa harus membaca kata per kata. 

Kegiatan previewing ini juga memberikan kemampuan yang menjadi salah satu modal dasar untuk meningkatkan tingkat kecepatan membaca dan juga untuk selanjutnya dipergunakan dalam skimming. Tujuan dari previewing adalah untuk membantu kita memprediksi tentang apa yang ada di buku atau media yang akan kita baca tanpa kita harus membaca seluruh isinya.

Langkah langkah untuk berlatih teknik previoewing adalah
1. Membaca judul nya
2. Melihat gambar
3. Membaca kalimat utama pada setiap paragraf 
4. Membaca kalimat terahir dari paragraf terahir, semacam kesimpulan atau ringkasan
5. Memperhatikan nama, tanggal, tempat, angka dan semacamnya

Predicting merupakan kemampuan menduga atau memperkirakan apa yang akan datang dengan memanfaatkan petunjuk yang bersifat gramatikal, logis, dan kultular. (Siti dkk, 2020;1.3). Predicting merupakan keterampilan membaca seseorang yang memiliki kesadaran dan kewaspadaan atas proses berpikir yang terjadi ketika menarik suatu "inferensi" (penarikan kesimpulan) berdasarkan fakta-fakta logis yang ditemukan pada pada teks yang dibaca.

Dengan kata lain Predicting merupakan kemampuan menduga atau memperkirakan apa yang akan datang dengan  memanfaatkan petunjuk yang bersifat gramatikal, logis dan kultural. Sebelum membaca sebuah buku, biasanya kita memperkirakan isi buku tersebut dari gambar sampul atau dari judulnya kemudian kita membaca abstraknya yang terdapat di sampul bagian belakang buku tersebut. Selain mengira isi sebuah buku, kita juga bisa mengira isi suatu artikel dan paragraf. Sebuah artikel terdiri dari beberapa paragraf, sebagai pembaca kita bisa menebak isi paragraf dari setiap artikel.

Materi diatas bersumber dari Siti Era Mardiani, dkk, 2020, READING I, Tangerang Selatan: Universitas Terbuka. materi inisiasi dari https://elearning.ut.ac.id/course/view.php?id=39520&section=1.  Semoga informasi materi diatas bermanfaat. Mohon maaf banyak kekurangan, saran dan masukan sangat berarti untuk perbaikan kedepan, jika bermanfaat dan membantu silahkan di SHARE dan KLIK IKUTI di kolom FOLLOWERS supaya memperoleh informasi POSTINGAN terbaru. Terima kasih atas kunjungannya.
Wassalamu'alaikum...Wr.Wb. 

Post a Comment for "Cara Cepat Memahami Bacaan Dengan Teknik Previewing dan Predicting"