Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Soal Teks Informasi (Paket 2) - Literasi Fase D Untuk Kelas 8 (PMM - AKM - Asesmen Murid)


Assalamu'alaikum.Wr.Wb.
Semoga kita semua dalam lindungan Allah SWT. Amin. Mohon ijin berbagi informasi tentang Contoh Soal Teks Informasi (Paket 2)- Literasi Fase D Untuk Kelas 8. Soal-soal dan jawaban dibawah ini sebagai latihan siswa siswi dan diambil dari Platform Merdeka Mengajar. Bapak/Ibu juga bisa melihat informasi lainnya KLIK TULISAN BIRU INI.

Cakupan Materi/Detail Kompetensi
Teks Informasi
  • Menilai kualitas teks informasi berdasarkan pengalaman pribadinya dalam membaca teks yang terus meningkat sesuai jenjangnya (misalnya mengidentifikasi asumsi/opini dari fakta). (1 soal)
  • Menyusun inferensi (kesimpulan) dan prediksi berdasarkan unsur-unsur pendukung (grafik, gambar, tabel, dll) disertai bukti-bukti yang mendukung di dalam teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (1 soal)
  • Membandingkan hal-hal utama (misalnya perbedaan kejadian, prosedur, ciri-ciri benda) dalam teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (2 soal)
  • Menyimpulkan perubahan kejadian, prosedur, gagasan atau konsep di dalam teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (1 soal)
  • Menemukan informasi tersurat (siapa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana) pada teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (3 soal)
  • Menjelaskan ide pokok dan beberapa ide pendukung pada teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (2 soal)
  • Menilai kesesuaian pemilihan warna, tata letak, dan pendukung visual lain (grafik, tabel dll) dalam menyampaikan pesan/topik tertentu dalam teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (2 soal)

Contoh Soal Teks Informasi (Paket 2)- Literai Fase D Untuk Kelas 8

Wacana 1

Tiga Syarat Aman Membeli Peralatan Dapur dari Plastik

Sebelum membeli wadah makan atau peralatan dapur dari plastik, ada tiga hal yang perlu kita ketahui yaitu, mengenali kode plastik, memilih label BPA-Free, dan memilih label Food Grade.
1.       Kenali kode-kode plastik
Di bagian dasar setiap wadah plastik biasanya terdapat kode-kode tertentu yang dilambangkan dengan segitiga dan angka di bagian dalamnya. Setiap angka ini menunjukkan bahan dasar pembuat plastik dan instruksi penggunaannya. Supaya lebih jelas pahami gambar dan penjelasan kode-kode tersebut di bawah ini!

a.       Angka 1 - PETE (polyethylene terephthalate). 
Biasa dipakai untuk produksi botol plastik transparan seperti botol air mineral, botol jus. Wadah ini hanya boleh digunakan sekali, sebab lapisan polimer mudah meleleh dan mengeluarkan bahan karsinogenik (pemicu timbulnya sel-sel kanker).

b.       Angka 2 - HDPE (high density polyethylene). 
Polimer termoplastik yang sifatnya keras, tahan terhadap suhu tinggi, dan dapat dibentuk menjadi beragam benda tanpa kehilangan kekuatannya. Seperti kantong plastik sampah, jeriken, botol sampo dan lainnya. HDPE tergolong aman digunakan. Wadah dengan simbol angka 2 ini sebaiknya hanya digunakan satu kali.

c.        Angka 3 - PVC (polyvinyl chloride). 
Terdapat pada plastik pembungkus kabel listrik, serta beberapa botol kemasan. Wadah jenis ini mengandung DEHA yang berbahaya untuk kesehatan karena dapat bereaksi saat terjadi kontak langsung dengan makanan atau minuman.

d.       Angka 4 - LDPE (Low Density Polyethylene). 
Biasa digunakan sebagai bahan produk tas (belanja, laundry, roti, makanan beku), pembungkus plastik, tempat penyimpanan makanan, dan tutup kemasan. LDPE bersifat kuat, pekat (sulit ditembus cahaya), fleksibel (bisa ditekan, seperti botol sambal), dan permukaannya agak berlemak. Meski sulit hancur, plastik jenis ini bisa didaur ulang.

e.       Angka 5 - PP (Polypropylene). 
Wadah dengan kode ini baik untuk menyimpan makanan. Terbuat dari Polypropylene yang bersifat transparan, kuat, ringan, tahan terhadap lemak, stabil pada suhu tinggi, dan cukup mengkilap. Wadah dengan kode ini merupakan pilihan terbaik dan aman untuk menyimpan makanan dan minuman, termasuk botol minum untuk bayi.

f.        Angka 6 - PS (Polystyrene). 
Bahan ini terdapat pada styrofoam, tempat minum sekali pakai, dan lain-lain. Wadah berkode ini bisa melepaskan senyawa styrene yang menimbulkan masalah kesehatan seperti reproduksi, otak, sistem saraf, dan pertumbuhan.

g.       Angka 7 - PC (polycarbonate). 
Wadah plastik yang biasanya menggunakan bahan ini antara lain galon air, wadah minyak pelumas mesin, botol minum, kaleng makanan dan minuman kemasan, kaleng susu formula, serta plastik kemasan botol minuman bayi. Sebaiknya hindari penggunaan wadah plastik berkode ini karena polycarbonate berbahaya untuk kesehatan

2.       Pilih Label BPA-Free
Label BPA-Free yang berarti bebas kandungan BPA. Bisphenol A (BPA) adalah bahan kimia yang banyak digunakan dalam kemasan makanan dan minuman. BPA berbahaya bagi kesehatan, mulai dari cacat lahir, masalah dengan otak dan fungsi sistem saraf, kelainan reproduksi, dan beberapa jenis kanker.

3.       Pilih Label Food Grade
Wadah yang berlabel food grade diartikan sebagai wadah yang aman untuk digunakan berkali-kali sebagai tempat menyimpan makanan atau minuman. Logo food grade memiliki simbol gelas dan garpu.

Sumber:
  • https://www.femina.co.id/tip-alat-dapur/membeli-peralatan-dapur-dari-plastik-ini-3-syarat-aman-yang-harus-dipenuhi?p=2 diakses pada tanggal 7 Agustus 2021 dengan penyesuaian.
  • https://miipac.wordpress.com/2016/11/15/memahami-arti-kode-pada-kemasan-plastik-dan-penggunaannya/ diakses pada tanggal 9 Agustus 2021 dengan penyesuaian.

Soal 1.

Wadah makanan atau minuman dari plastik yang aman untuk digunakan berkali-kali dilambangkan dengan simbol....
Jawaban....

Soal 2.

Pasangkan kode pada wadah plastik dengan makna kodenya!.























Soal 3. 

Mengapa kita perlu mengetahui tiga syarat aman membeli perlengkapan dapur dari plastik?
Pilihlah jawaban yang benar dengan memberi tanda centang (V) Jawaban benar lebih dari satu.
A. Agar kita dapat memilih peralatan dapur dari plastik yang aman buat kesehatan kita.
B. Agar kita dapat menghafalkan kode-kode angka yang terdapat dalam wadah plastik.
C. Agar kita tidak mudah mengetahui makna kode-kode yang terdapat dalam wadah plastik.
D. Agar kita dapat memilih peralatan dapur dari plastik yang tidak mengandung bahan pemicu timbulnya penyakit.

Soal 4.  

Gambar dengan kode Angka 7 pada teks tidak sesuai dengan penjelasan kode-kodenya. Gambar apa yang tepat untuk mengganti gambar pada kode Angka 7 tersebut?

Jawaban....

Soal 5. 

Teks tersebut cukup mudah dipahami oleh pembaca. Faktor apa saja yang menyebabkanya?
Pilihlah jawaban yang benar dengan memberi tanda centang (V) Jawaban benar lebih dari satu.
A. Dilengkapi dengan contoh-contoh yang mudah kita jumpai di sekeliling kita.
B. Setiap kode dilengkapi dengan penjelasan tetang makna kode tersebut.
C. Contoh-contoh yang digunakan terdiri dari beberapa ragam warna.
D. Menggunakan istilah-istilah dari bahasa asing yang mudah diingat.

Wacana 2.

Asal Mula Nama Indonesia

Seberapa kenal kalian dengan Indonesia? Tanggal kemerdekaannya? Kejadian-kejadian yang berhubungan dengan kemerdekaan? Penjajahan bangsa asing terhadap Indonesia? Atau lebih jauh lagi, tentang kerajaan-kerajaan yang pernah berjaya di Indonesia? Tahukah kalian, jika dulu jauh sebelum bangsa asing menjajah Indonesia, nama negara kita adalah Nusantara? Kata nusantara berasal dari Bahasa Jawa Kuno, yakni nusa artinya pulau dan antara artinya berhubungan dan jika disatukan Nusantara berarti rangkaian pulau-pulau.

Namun, nama tersebut tidak dipakai sampai saat ini karena datangnya bangsa asing yang menjajah dan menguasai negara kita. Sebelum disebut Indonesia, negara kita memiliki beberapa nama. Sejarawan asal Universitas Oxford, Peter Carey, mengatakan bahwa nama Indonesia muncul dan diperkenalkan oleh James Richardson Logan tahun 1850 dalam Journal of Indian Archipelago and Eastern Asian. Nama yang diperkenalkan adalah Indonesia karena untuk menyebut kepulauan Hindia yang waktu itu merupakan jajahan Belanda, sehingga disebut Hindia-Belanda. Nama Indonesia sendiri berasal dari Bahasa Yunani, yakni "Indo" dan "Nesie" yang berarti kepulauan Hindia. Akhirnya, pada tahun 1920-an nama Indonesia yang merupakan istilah ilmiah dalam etnologi dan geografi itu diambil oleh tokoh-tokoh pergerakan kemerdekaan Indonesia. Nama Indonesia akhirnya dipakai sebagai urusan politik karena memiliki makna politis, yaitu identitas suatu bangsa yang memperjuangkan kemerdekaan.











Sumber:

  1. http://indonesiabaik.id/infografis/asal-mula-nama-indonesia
  2. https://www.tribunnews.com/nasional/2020/01/20/ini-asal-usul-dan-sosok-yang-memopulerkan-nama-indonesia?

Glosarium:

  1. Etnologi = ilmu tentang unsur atau masalah kebudayaan suku bangsa dan masyarakat penduduk suatu daerah di seluruh dunia secara komparatif dengan tujuan mendapat pengertian tentang sejarah dan proses evolusi srta penyebaran kebudayaan umat manusia di muka bumi.
  2. Geografi = Ilmu tentang permukaan bumi, iklim, penduduk, flora, fauna, serta hasil yang diperoleh dari bumi

Soal 6. 

Siapa yang memperkenalkan nama Indonesia di dalam jurnalnya?
A. Peter Carey
B. James Richardson
C. Sejarawan
D. Tokoh-tokoh

Soal 7.

Perhatikan ilustrasi yang ada dalam teks! Bagaimana sejarah penamaan Indonesia? Tentukan benar atau salah untuk setiap pernyataan! Klik pada pilihan yang sesuai.























Soal 8.

Sebelum memakai nama Indonesia sebagai nama resmi negara. Ada beberapa proses yang dilalui oleh negara untuk menentukan sebuah nama. Berikut ini mana sajakah yang merupakan proses terbentuknya nama Indonesia sebagai nama negara? Pasangkan kejadian dengan usulan nama negara yang sesuai!





































Soal 9. 

Cermati infografis tersebut! Menurutmu, apakah pemilihan warna dan informasi pada infografis tersebut sudah sesuai dengan isi bacaan? Tentukan benar atau salah untuk setiap pernyataan! Klik pada pilihan yang sesuai.























Wacana 3.

Trik Berwisata Hemat Biaya

Apakah kalian kerap melakukan kegiatan wisata? Pada era modern, berwisata dapat mengatasi berbagai keluhan seperti kurangnya produktivitas, maupun sarana memperoleh inspirasi. Berwisata seolah telah menjadi kebutuhan bagi masyarakat modern, terlebih dengan lahirnya konsep backpacker yang memungkinkan menjelajah berbagai destinasi dengan biaya hemat.

Apabila kalian berminat melakukan kegiatan wisata berbiaya hemat, ada berbagai aspek yang harus kalian persiapkan sebelum keberangkatan, yaitu kebutuhan, barang bawaan, destinasi yang akan dikunjungi, alokasi dana, moda transportasi, akomodasi, perbekalan, perangkat komunikasi, hingga peralatan darurat. Persiapkan berbagai aspek ini secara efektif dan efisien agar dapat melakukan kegiatan wisata secara aman, lancar, dan hemat anggaran.





































Berwisata bermanfaat untuk meningkatkan mood, menambah wawasan dan pengalaman, menambah pergaulan, menjaga kesehatan mental, dan meningkatkan konsentrasi. Akan tetapi, jangan lupa kegiatan berwisata harus tetap seimbang dengan kerja keras dan produktivitas kalian dalam pendidikan, jangan sampai kegiatan menuntut ilmu terganggu dengan kegiatan berwisata. Bagaimana, apakah kalian tertarik berwisata dengan biaya murah?

Sumber ilustrasi

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20190119124609-273-362126/infografis-trik-hemat-saat-wisata

Soal 10.

Teks di atas mendeskripsikan tips berwisata dengan biaya hemat yang disebut dengan backpacker. Apakah hadirnya kegiatan wisata secara backpacker dapat membantu mewujudkan kegiatan wisata berbiaya hemat? Klik pilihan Benar atau Salah untuk pernyataan sesuai dengan isi teks.
























Soal 11.  

Kegiatan berwisata dapat berjalan efektif apabila kita mampu mempersiapkan keperluan selama berwisata. Berdasarkan pernyataan tersebut, manakah gagasan pendukung yang sesuai?
A. Kegiatan wisata dapat mengatasi minimnya produktivitas seseorang pada era modern.
B. Kegiatan wisata telah menjadi kebutuhan masyarakat pada era modern.
C. Perjalanan wisata dilakukan untuk memperoleh inspirasi dan refleksi diri.
D. Berwisata perlu mempertimbangkan destinasi, akomodasi, kebutuhan, dan transportasi.

Soal 12.

Terdapat perbedaan antara kegiatan berwisata berbiaya hemat dengan kegiatan berwisata pada umumnya. Hal apa saja yang membedakan antara keduanya? Pilihlah jawaban yang benar dengan memberi tanda centang (V). Jawaban benar lebih dari satu.
A. Berwisata dengan biaya hemat biasa dilakukan bukan di hari liburan sekolah melainkan hari biasa, sedangkan berwisata pada umumnya dilakukan saat liburan sekolah tiba.
B. Para wisatawan yang berwisata dengan biaya hemat tidak membeli oleh-oleh di negara asal, sedangkan berwisata pada umumnya membeli oleh-oleh merupakan keharusan.
C. Para wisatawan yang berwisata dengan biaya hemat tidak membeli jajanan di kawasan ramai turis, sedangkan berwisata pada umumnya membeli jajanan di kawasan ramai turis.
D. Para wisatawan yang berwisata dengan biaya hemat lebih memilih makan di restoran saat malam hari, sedangkan berwisata pada umumnya lebih memilih makan di restoran saat siang hari.
  1. Untuk PEMBAHASAN Contoh Soal Teks Informasi (Paket 2) - Literasi Fase D Untuk Kelas 8 KLIK TULISAN BIRU INI.  
  2. Untuk melihat Contoh Soal Teks Informasi (Paket 2) - Literasi Fase D Untuk Kelas 8  secara langsung di Platform Merdeka Mengajar KLIK TULISAN BIRU INI.
Semoga informasi ini bermanfaat. Mohon maaf banyak kekurangan, saran dan masukan sangat berarti untuk perbaikan kedepan, jika bermanfaat dan membantu silahkan di SHARE Terima kasih atas kunjungannya. 
Wassalamu'alaikum.Wr.Wb.

Post a Comment for "Contoh Soal Teks Informasi (Paket 2) - Literasi Fase D Untuk Kelas 8 (PMM - AKM - Asesmen Murid)"