Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RPP Daring 1 Lembar BDR Kelas 6 Tema 3 ST 4 PB 6 K 13 Revisi 2018


 
Assalamu'alaikum... Wr.Wb.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 
Belajar Dari Rumah (BDR)
Nama Sekolah   : SD/MI KORMIN DISDIKBUD Kec. Sobang
Kelas/Semester : VI (enam)/1 (satu)
Tema                   : 3. Tokoh dan Penemuan
Sub Tema           : 4. Aku Cinta Membaca (Literasi)
Pembelajaran    : 6 (enam)
Alokasi Waktu   : 1 Hari
Hari,Tanggal      : Jum'at, 23 Oktober 2020

A.  Tujuan Pembelajaran
Setelah siswa bercerita tentang kegiatan yang pernah dilakukannya minggu yang lalu, siswa mampu menuliskan kembali kegiatannya dalam bentuk cerita dan melaksanakan pameran cerita dirumah dengan baik dan benar.   

B.  Kegiatan Inti
Wali Siswa memberikan arahan dan mengawasi kegiatan putera-puteri belajar dari rumah sesuai dengan urutan yang ada dalam Kegiatan Inti  dibawah ini. (Wali Siswa yang tidak ada jaringan internet, tidak memiliki HP Android, dan wali siswa yang tidak bisa membaca meminta bantuan kepada anggota keluarga lainnya. RPP BDR telah disiapkan oleh guru)
Mengawali belajar wali siswa meminta putera-puterinya berdo'a dilanjutkan bersama-sama menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya. (Video Lagu Kebangsaan Indonesia Raya bisa dilihat di youtube)

Wali siswa bercerita tentang mewabahnya Virus COVID-19 saat ini sehingga perlu meningkatkan kewaspadaan supaya jangan sampai terinfeksi dan meminta kepada putera -puterinya untuk menjelaskan Protokol Kesehatan Pencegahan Penularan Virus COVID-19, diantaranya memakai masker apabila keluar rumah, mencuci tangan setiap setelah beraktifitas dengan sabun dan air yang mengalir, menjaga jarak dengan yang lainnya minimal 1,5 meter, tidak keluar rumah apabila tidak ada kepetingan mendesak, menjaga imunitas tubuh dengan cara mengkonsumsi makanan yang bergiji dan istirahat yang cukup, dll.

Wali siswa memberikan pemahaman pada putera-puterinya tentang manfaat menggunakan masker pada waktu keluar rumah bahwa udara yang dihirup bersih karena telah disaring oleh masker dan ini berdampak baik pada kesehatan diri sendiri dari segala bibit penyakit yang tersebar melalui udara.

Wali siswa menanamkan sikap berprasangka yang baik pada orang disekitarnya dalam keadaan baik dan sehat tetapi ketika dirinya menggunakan masker bertujuan untuk mencegah dan melindungi orang disekitar terpapar bibit penyakit yang dikeluarkan dari nafas dirinya. Do'a dan harapan semuanya dalam keadaan sehat jasmani dan rohani. Amin.

Wali siswa membimbing putera-puterinya untuk mengingat satu kegiatan yang dilakukan di hari kemarin misalnya tentang kegiatan: 
1. Berolahraga, 
2. Berlibur ke rumah nenek, 
3. Berkebun, 
4. Pergi ke kota, dan  kegiatan yang lainnya.
Setelah putera-puterinya memilih salah satu kegiatan diatas. Wali siswa meminta pada putera-puterinya dalam cerita yang ditulis harus mencantumkan hal hal dibawah ini:
Apa yang kamu lakukan dalam kegitaan tersebut? 
Di mana kamu melakukan kegiatannya? 
Siapa yang ikut terlibat dalam kegiatan itu?
Kapan dilakukan kegiatan itu?
Bagaimana kegiatan itu dilakukan?
Bagaimana perasaan kamu pada saat melakukan kegiatan itu?
Setelah putera-puterinya menulis cerita kegiatannya, wali siswa meminta untuk dibaca kembali. 

Tugas 1 MP Bahasa Indonesia. 
Buatlah pameran literasi menulis cerita dirumah!
Bahan yang dipersiapan:
1. Kertas kosong 1 atau 2 lembar
2. Gunting
3. Pena, Spidol warna, pensil warna, atau crayon
Cara mengerjakannya:
1. Kertas kosong dibentuk hewan, buah-buahan dll ukuran disesuaikan dengan besarnya kertas.
2. Tulislah cerita kegiatan sehari-hari yang pernah kamu alami dan paling menyenangkan pada kertas yang sudah dibentuk tadi. Cerita kegiatan ditulis paling sedikit 1 lembar.
3. Setelah selesai menulis cerita berilah warna kertas tersebut supaya terlihat indah sesuaikan dengan bentuk yang dibuat.
4. Kertas cerita yang sudah diberi warna ditempel ke kardus.
5. Pajang kertas cerita ditempat yang terlihat, bisa diruang tamu, keluarga atau kamar kemudian berilah hiasan disekitarnya atau disimpan bunga, patung yang pernah dibuat pada pembelajaran sebelumnya dan jangan lupa tulis Pameran Literasi Menulis Cerita dibawahnya tulis nama, kelas, dan tanggal.
6. Apabila siudah selesai photo. Cara photo Anak anak berdiri dekat dengan kertas cerita yang dihias tadi kemudian diphoto. Photo Anak-anak kira kira sampai dada supaya bisa terlihat dan terbaca juga cerita yang ditulis. Hasilnya kirim ke Group WA.
7. Selamat Melaksanakan Pameran Litersai Menulis Cerita Dirumah Saja.

Wali siswa bertanya dan berdiskusi pada putera-puterinya tentang pengalaman belajar hari ini menyenangkan atau tidak. Kalau menyenangkan pertahankan dan tingkatkan, kalau tidak menyenangkan diperbaiki supaya dalam belajar selanjutnya putera-puterinya belajar dalam situasi menyenangkan.
Belajar selesai. Wali siswa meminta siswa berdo'a. Wali siswa melaporkan pelaksanaan berdo'a putera-puterinya pada guru, dilaksanakan dengan baik atau tidak.

C. Penilaian
Sikap (Laporan sikap berdoa sebelum dan sesudah belajar dari wali siswa)
Pengetahuan (Lapoaran tugas 1 MP Bahasa Indonesia dari wali siswa)
Catatan untuk wali siswa : Laporan dikirim ke Group WA sampai dengan Pukul 22.00 wibb atau  diserahkan pada guru kelas setelah wali siswa bekerja. 
Wassalmu'alaikum... Wr.WB.
Sobang, 23 Oktober 2020
Guru Kelas VI
.............................................
NIP

Mengetahui
Kepala SDN ........................
.............................................
NIP
Keterangan
Semoga Bermanfaat. Mohon maaf banyak kekurangan, saran dan masukan sangat berarti untuk perbaikan kedepan, jika bermanfaat dan membantu silahkan di share dan kliik ikuti di kolom followers  supaya bisa melihat postingan terbaru.Terima kasih atas kunjungannya.

Post a Comment for "RPP Daring 1 Lembar BDR Kelas 6 Tema 3 ST 4 PB 6 K 13 Revisi 2018"