Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RPP Daring 1 Lembar BDR Kelas 6 Tema 4 ST 2 PB 3 K 13 Revisi 2018

 


Assalamu'alaikum...Wr.Wb.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 
Belajar Dari Rumah (BDR)
Nama Sekolah   : SD/MI KORMIN DISDIKBUD Kec. Sobang
Kelas/Semester : VI (enam)/1 (satu)
Tema                   : 4. Globalisasi
Sub Tema           : 2. Globalisasi dan Manfaatnya
Pembelajaran    : 3 (tiga)
Alokasi Waktu   : 1 Hari
Hari, Tanggal      : Senin, 9 November 2020

A.  Tujuan Pembelajaran
1. Dengan mempraktikan pukulan dan tangkisan, siswa mampu mengidentifikasi gerak dasar nonlokomotor pada seni bela diri silat dengan tepat.
2. Dengan mempraktikkan pukulan dan tangkisan, siswa mampu mempraktikkan gerak dasar non lokomotor pada seni bela diri silat dengan mandiri.
3. Dengan menyimak, siswa mampu menyebutkan informasi penting dari teks ekplanasi yang didengar dengan benar.
4. Dengan meyimak, siswa mampu menulis informasi penting dari teks ekplanasi yang didengar dalam bentuk peta pikiran dengan sistematis.
5. Dengan membuat poster, siswa mampu menjelaskan cara menghemat energi listrik dengan mandiri.
6. Dengan membuat poster, siswa mampu melakukan kegiatan hemat listrik dengan mandiri. 

B.  Kegiatan Inti
Wali Siswa memberikan arahan dan mengawasi kegiatan putera-puteri belajar dari rumah sesuai dengan urutan yang ada dalam Kegiatan Inti  dibawah ini. (Wali Siswa yang tidak ada jaringan internet, tidak memiliki HP Android, dan wali siswa yang tidak bisa membaca meminta bantuan kepada anggota keluarga lainnya. RPP BDR telah disiapkan oleh guru)
Mengawali belajar wali siswa meminta putera-puterinya berdo'a dilanjutkan bersama-sama menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya. (Video Lagu Kebangsaan Indonesia Raya bisa dilihat di youtube)

Wali siswa bercerita tentang mewabahnya Virus COVID-19 saat ini sehingga perlu meningkatkan kewaspadaan supaya jangan sampai terinfeksi dan meminta kepada putera -puterinya untuk menjelaskan Protokol Kesehatan Pencegahan Penularan Virus COVID-19, diantaranya memakai masker apabila keluar rumah, mencuci tangan setiap setelah beraktifitas dengan sabun dan air yang mengalir, menjaga jarak dengan yang lainnya minimal 1,5 meter, tidak keluar rumah apabila tidak ada kepetingan mendesak, menjaga imunitas tubuh dengan cara mengkonsumsi makanan yang bergiji dan istirahat yang cukup, dll.Wali siswa memberikan pemahaman pada putera-puterinya tentang manfaat menggunakan masker pada waktu keluar rumah bahwa udara yang dihirup bersih karena telah disaring oleh masker dan ini berdampak baik pada kesehatan diri sendiri dari segala bibit penyakit yang tersebar melalui udara.

Wali siswa menanamkan sikap berprasangka yang baik pada orang disekitarnya dalam keadaan baik dan sehat tetapi ketika dirinya menggunakan masker bertujuan untuk mencegah dan melindungi orang disekitar terpapar bibit penyakit yang dikeluarkan dari nafas dirinya. Do'a dan harapan semuanya dalam keadaan sehat jasmani dan rohani. Amin.
Wali siswa menanamkan sikap berprasangka yang baik pada orang disekitarnya dalam keadaan baik dan sehat tetapi ketika dirinya menggunakan masker bertujuan untuk mencegah dan melindungi orang disekitar terpapar bibit penyakit yang dikeluarkan dari nafas dirinya. Do'a dan harapan semuanya dalam keadaan sehat jasmani dan rohani. Amin.

Wali siswa membimbing, berdiskusi, dan meminta putera-puterinya untuk membaca teks bacaan tentang "Pencak Silat" (Baca Buku Siswa Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Tema 4 Sub Tema 2 Pb 3 halaman 68 dan 69) dilanjutkan siswa memberikan tanggapannya.

Tugas 1
Setelah kegiatan diatas wali siswa membimbing dan berdiskusi bersama putera-puterinya untuk  mengerjakan Tugas 1 MP IPA. 
Berdasarkan gambar tentang "Hemat Listrik" Jawablah pertanyaan dibawah ini dan tulislah dibuku tugasmu!
1. Apa peran energi listrik di era globalisasi saat ini?
2. Tuliskan ruangan yang boros listrik.
3. Menurutmu, apa dampak sikap hidup boros listrik bagi warga sekolah?
4. Mengapa kita perlu menerapkan sikap hidup hemat listrik?
5. Berikan 3 contoh sikap hidup hemat listrik yang sudah kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Wali siswa membimbing, berdiskusi dan meminta putera-puterinya membaca teks eksplanasi " Mengapa Harus Hemat Listrik?" dibawah ini. Untuk pengayaan materi Teks Eksplanasi KLIIK TULISAN BIRU INI.



Tugas 2
Setelah kegiatan diatas wali siswa membimbing dan berdiskusi bersama putera-puterinya untuk mengerjakan Tugas 2 MP Bahasa Indonesia.
Berdasarkan teks eksplanasi " Mengapa Harus Hemat Listrik" Jawablah pertanyaan dibawah ini dalam bentuk diagram seperti gambar tugas 2 dan tulislah dibuku tugasmu!
Tuliskan informasi penting dalam setiap paragraf pada diagram berikut!







Wali siswa bertanya pada putera-puterinya tentang pengalaman belajar hari ini menyenangkan atau tidak. Kalau menyenangkan pertahankan dan tingkatkan, kalau tidak menyenangkan diperbaiki supaya dalam belajar selanjutnya putera-puterinya belajar dalam situasi menyenangkan.
Belajar selesai. Wali siswa meminta siswa berdo'a. Wali siswa melaporkan pelaksanaan berdo'a putera-puterinya pada guru, dilaksanakan dengan baik atau tidak.

C.   Penilaian
Sikap (Laporan sikap berdoa sebelum dan sesudah belajar dari wali siswa)
Pengetahuan (Lapoaran tugas 1 MP IPA dan Tugas 3 MP Bahasa Indonesai dari wali siswa)
Catatan untuk wali siswa
Laporan dikirim ke Group WA sampai dengan Pukul 22.00 wibb.
Laporan diserahkan pada guru kelas setelah wali siswa bekerja (Bagi yang tidak ada jaringan internet, tidak memiliki HP Android, tidak bisa membaca).
Wassalamu'alaikum...Wr.Wb.

Sobang, 9 November 2020
Guru Kelas VI
.............................................
NIP

Mengetahui
Kepala SDN ........................
.............................................
NIP
Keterangan
Semoga Bermanfaat. Mohon maaf banyak kekurangan, saran dan masukan sangat berarti untuk perbaikan kedepan, jika bermanfaat dan membantu silahkan di SHARE dan KLIK IKUTI di kolom FOLLOWERS supaya bisa melihat POSTINGAN terbaru.Terima kasih atas kunjungannya.

Post a Comment for "RPP Daring 1 Lembar BDR Kelas 6 Tema 4 ST 2 PB 3 K 13 Revisi 2018"