Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pendahuluan PTK || Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture BAB I Bagian 9



Assalamu'alaikum.Wr.Wb.
Semoga kita semua ada dalam lindungan Allah SWT. Amin. Pada kesempatan ini Admin akan berbagi informasi tentang cara membuat Laporan Penelitian Tindakan Kelas dari awal sampai akhir sesuai dengan pengetahuan yang dimiliki. Pada bagian 9 ini akan membahas tentang contoh Bab I Pendahuluan PTK.

Admin juga berbagi informasi tentang informasi pendidikan diataranya:

Dibawah ini contoh BAB I PENDAHULUAN PTK:

BAB I
PENDAHULUAN

A.   Latar Belakang Masalah
   Dalam pembelajaran mata pelajaran IPA, perlu diciptakannya suatu pembelajaran yang kooperatif  baik dari siswa maupun guru. Dengan adanya pembelajaran yang kooperatif prestasi belajar siswa akan berhasil sesuai dengan target yang telah ditetapkan. 
     Pembelajaran yang kooperatif perlu dilaksanakan, hal ini berkaitan dengan pembelajaran yang telah dilaksanakan oleh peneliti di kelas III dengan jumlah 27 siswa di hari Kamis tanggal 24 November 2017 pada mata pelajaran IPA KD 1.2. Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana dari hasil tes, prestasi belajar siswa tidak mencapai target yang telah ditetapkan. Adapun data yang diperoleh yaitu, nilai terendah 35, nilai tertinggi 80, dengan rata-rata nilai kelas 65 dari KKM yang ditetapkan sebesar 70, sedangkan siswa yang tuntas belajar 15 siswa (56% siswa) dan yang tidak tuntas belajar 12 siswa (44% siswa) dari ketuntasan belajar yang ditetapkan sebesar 80%. Selain dari prestasi belajar yang tidak tercapai, selama pembelajaran siswa kurang aktif.
    Tidak tercapainya prestasi belajar siswa tersebut disebabkan berbagai faktor diantaranya akibat tidak tepatnya menerapkan metode pembelajaran yang sesuai dengan materi pelajaran yang disampaikan. Karena hal tersebut perlu dilaksanakannya model pembelajaran kooperatif selama pembelajaran.
    Model pembelajaran yang dimaksud adalah model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture yaitu salah satu model pembelajaran kooperatif yang memiliki ciri aktif, inovatif, kreatif, dan menyenangkan dengan mengandalkan gambar sebagai media dalam proses pembelajaran.
    Untuk mengatasai permasalahan tersebut dilakukan penelitian yang bertempat di SDN ruang kelas III yaitu menerapkan model pembelajaran kooperatif  tipe picture and picture pada mata pelajaran IPA KD 1.2. Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana.

B.   Identifikasi Masalah
    Berdasarkan uraian pada latar belakang di atas, teridentifikasi masalah-masalah sebagai berikut:
  1. Sebagian besar tidak bisa menjawab soal tes kompetensi dasar yang diberikan oleh guru.
  2. Siswa terlihat tidak semangat dalam mengikuti pembelajaran yang sedang berlangsung.
  3. Siswa terlihat sering pamit ke belakang selama pembelajaran yang sedang berlangsung. 
  4. Selama diskusi kelompok yang aktif hanya ketua kelompok sedangkan anggota kelompok kurang partisipasinya.
  5. Ketika perwakilan kelompok menyampaikan hasil diskusi kurang ditanggapi oleh kelompok lainnya dan terlihat siswa lain berbincang-bincang dengan teman satu kelompoknya.
  6. Pada waktu mengerjakan tes yang diberikan guru, siswa agak gaduh saling bertanya dengan temannya.
  7. Nilai rata-rata tes sebesar 65 tidak mencapai KKM yang telah ditetapkan yaitu sebesar 70.
  8. Dari jumlah 27 siswa, yang tuntas belajar 15 siswa (56% siswa) dan yang tidak tuntas belajar 12 siswa (44% siswa) dari ketuntasan belajar yang ditetapkan sebesar 80%.
C.   Pembatasan Masalah
   Berdasarkan hasil identifikasi masalah diatas, perlu dibatasi masalah yang akan segera dipecahkan yaitu aktitvitas siswa selama pembelajaran dan siswa yang tidak tuntas belajar sebanyak 12 siswa (44% siswa) dari 27 siswa yang ada sedangkan hasil nilai rata-rata tes siswa sebesar 65  di bawah standar KKM yang telah ditetapkan sebesar 70.

D.   Rumusan Masalah
    Berdasarkan pembatasan masalah diatas maka rumusan masalah PTK ini adalah:
Apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA tentang  materi menggolongkan makhluk hidup secara sederhana di kelas III semester 1 SDN Tahun Pelajaran 2016-2017?
Apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA tentang  materi menggolongkan makhluk hidup secara sederhana di kelas III semester 1 SDN Tahun Pelajaran 2016-2017?

E.   Tujuan Penelitian
      Berdasarkan rumusan masalah diatas maka tujuan PTK ini adalah:
  1. Untuk mengetahui keberhasilan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA tentang  materi menggolongkan makhluk hidup secara sederhana di kelas III semester 1 SDN Tahun Pelajaran 2016-2017.
  2. Untuk mengetahui keberhasilan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata peajaran IPA tentang  materi menggolongkan makhluk hidup secara sederhana di kelas III semester 1 SDN Tahun Pelajaran 2016-2017.
F.   Manfaat Penelitian
1.   Manfaat Teoritis
a. Pelaksanaan PTK dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture pada mata pelajaran IPA tentang  materi menggolongkan makhluk hidup secara sederhana. Peneliti memperoleh pengetahuan baru tentang model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa.
b. Keberhasilan pelaksanaan PTK dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture pada mata pelajaran IPA tentang  materi menggolongkan makhluk hidup secara sederhana. yang dilaksanakan peneliti, bisa digunakan sebagai bahan referensi bagi rekan guru untuk dilaksanakan dalam pembelajaran atau penelitian.
2.   Manfaat Praktis
a.   Bagi Siswa.
Penerapan  model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA tentang  materi menggolongkan makhluk hidup secara sederhana.
b.   Bagi Guru
Pelaksanaan PTK dengan penerapan  model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture pada pembelajaran pada mata pelajaran IPA tentang  materi menggolongkan makhluk hidup secara sederhana, dapat meningkatkan pemahaman dan pengetahuan guru untuk menerapkan model pembelajaran yang sesuai dengan materi pelajaran. 
c.   Bagi Sekolah
Pelaksanaan PTK dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture pada mata pelajaran IPA tentang  materi menggolongkan makhluk hidup secara sederhana dapat meningkatkan kompetensi guru dalam pembelajaran di sekolah.
d.   Bagi Perpustakaan Sekolah
Laporan hasil PTK dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif  tipe picture and picture pada mata pelajaran IPA tentang  materi menggolongkan makhluk hidup secara sederhana didokumentasikan di perpustakaan sekolah menambah referensi perpustakaan sekolah.

Untuk melihat contoh BAB II Landasan Teori PTK || Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture Bagian 10 Silahkan KLIK TULISAN BIRU INI


Sekian dulu informasi yang bisa disampaikan oleh admin dan penulisan laporan PTK ini akan di posting sesuai dengan urutan yang ada di daftar isi Laporan PTK yaitu sampai dengan laporan seminar PTK.Jika bermanfaat silahkan si SHARE untuk dikembangkan lagi dalam pembuatan laporan hasil PTK.Saran dan masukan sangat berarti untuk perbaikan kedepan. 
Mohon maaf atas segala kekurangan. Terima kasih.
Wassalamu'alaikum.Wr.Wb.

Post a Comment for "Pendahuluan PTK || Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture BAB I Bagian 9"