Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fungsi Bahasa Sebagai Kontrol Sosial Di Media Sosial

 

Assalamu,alaikum...Wr.Wb.
Semoga kita semua dalam lindungan Allah SWT. Amin. Tetap semangat dan terus melaksanakan perkuliahan. Pada kesempatan ini Admin mohon ijin berbagi informasi:

Pertanyaan:
Apakah fungsi bahasa sebagai kontrol sosial di media sosial sekarang ini masih berfungsi dengan baik?

Mohon izin untuk membahas.
Saya akan menanggapi dari dua sudut pandang.

1.       Yang pertama dari sudut pandang pelaku

Perlu kiranya kita sepakati terlebih dahulu bahwa bahasa sebagai alat kontrol sosial juga dapat diartikan bahwa peranan bahasa sebagai alat untuk melakukan kontrol ketika menyampaikan sesuatu kepada lawan bicaranya.
Dalam hal ini saya melihat dari sudut pandang pelaku, jelas bahwa karakteristik netizen yang suka mengkritik, nimbrung dalam urusan orang lain, sok tahu, dan kadang menghakimi sebagai tanda bahwa sudah kurang berfungsinya bahasa sebagai alat kontrol sosial, karena dengan berperilaku demikian sepertinya netizen kurang berhati-hati dalam menggunakan bahasa di media sosial dan terkesan tidak melakukan kontrol ketika menyampaikan sesuatu kepada lawan bicaranya.

2.      Yang kedua dari sudut pandang orang ketiga

Selain yang disebutkan pada point pertama, bahwa suatu bahasa juga dapat digunakan untuk mengontrol suatu kegiatan manusia, baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam berbangsa dan bernegara.
Dalam hal ini saya melihat dari sudut pandang orang ketiga, bahwa bahasa sebagai kontrol sosial di media sosial sekarang ini masih berfungsi dengan baik. Hal ini dapat dibuktikan bahwa ketika di media sosial ada yang berperilaku seperti mengkritik, nimbrung dalam urusan orang lain, sok tahu, dan kadang menghakimi, kita sebagai orang ketiga yang memperhatikan penggunaan bahasa oleh netizen langsung bereaksi memberikan tanggapan. Reaksi kita (dalam sudut pandang orang ketiga) inilah yang saya maksudkan bahwa suatu bahasa juga dapat digunakan untuk mengontrol suatu kegiatan manusia, dalam situasi dan kondisi ini, kontrol yang dimaksud adalah menilai baik atau buruknya penggunaan bahasa, jika pun itu adalah hal buruk maka kita bisa berupaya mengarahkan kepada hal yang lebih baik.

Demikian tanggapan saya, terima kasih
Semoga informasi materi diatas bermanfaat. Mohon maaf atas kesalahan dan kekurangan, saran dan masukan sangat berarti untuk perbaikan kedepan, jika bermanfaat dan membantu silahkan di SHARE Terima kasih atas kunjungannya.
Wassalamu'alaikum...Wr.Wb.

Post a Comment for "Fungsi Bahasa Sebagai Kontrol Sosial Di Media Sosial"