Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kalimat Tidak Memiliki Subjek, Predikat, Kalimat Mubazir, Dan Cara Memperbaikinya

 

Assalamu,alaikum...Wr.Wb.
Semoga kita semua dalam lindungan Allah SWT. Amin. Tetap semangat dan terus melaksanakan perkuliahan. Pada kesempatan ini Admin mohon ijin berbagi informasi:
Materi:
Kalimat Tidak Memiliki Subjek, Predikat, Kalimat Mubazir, Dan Cara Memperbaikinya

Mohon izin untuk membahas.
1.       Perbaiki kalimat yang tidak memiliki subjek berikut ini!.
Pengalaman kita secara tajam dibentuk oleh siapa dan apa yang ada di sekitar kita setiap hari. Saat ini, melibatkan lebih banyak teman maya di media sosial daripada yang nyata.
Hasil
Pengalaman kita secara tajam dibentuk oleh siapa dan apa yang ada di sekitar kita setiap hari. Saat ini, kita melibatkan lebih banyak teman maya di media sosial daripada yang nyata.
Keterangan
Ditambah kata “kita” pada kalimat kedua

2.       Perbaiki kalimat yang tidak memiliki subjek berikut ini!.
Jika orang-orang jahat di media sosial tidak mendapatkan sanksi, maka itu memicu pertumbuhan agresi, kelancangan, dan kekejian.
Hasil
Jika orang-orang jahat di media sosial tidak mendapatkan sanksi akan memicu pertumbuhan agresi, kelancangan, dan kekejian.
Keterangan
Kata “maka itu” diganti dengan kata “akan”

3.       Perbaiki kalimat yang mubazir ini!
Ketika kota berkembang, terdapat kampung yang hilang, bila tidak dilestarikan atau lahirnya kisah baru dari sebuah pemukiman yang dibangun belakangan.
Hasil
Pekembangan kota mengakibatkan kampung yang hilang. Apabila tidak dilestarikan akan lahir kisah baru dari sebuah pemukiman yang dibangun. 
Keterangan
Kalimat dirubah semuanya.

4.       Perbaiki kalimat yang tidak memiliki predikat ini!.
Kita di masyarakat yang kompleks, yang dibentuk oleh proses politik dan ekonomi, yang pada gilirannya menghasilkan kesenjangan dan pemisahan besar.
Hasil
Kita di masyarakat kompleks yang dibentuk oleh proses politik dan ekonomi. Sehingga pada gilirannya menghasilkan kesenjangan dan pemisahan besar.
Keterangan
Dirubah menjadi dua kalimat.
Sehingga kata penghubung “yang” dihapus.

Demikian tanggapan saya, terima kasih.
Semoga informasi materi diatas bermanfaat. Mohon maaf atas kesalahan dan kekurangan, saran dan masukan sangat berarti untuk perbaikan kedepan, jika bermanfaat dan membantu silahkan di SHARE. Terima kasih atas kunjungannya.
Wassalamu'alaikum...Wr.Wb. 

Post a Comment for "Kalimat Tidak Memiliki Subjek, Predikat, Kalimat Mubazir, Dan Cara Memperbaikinya"