Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbedaan Resensi Dan Sinopsis

 

Assalamu,alaikum...Wr.Wb.
Semoga kita semua dalam lindungan Allah SWT. Amin. Tetap semangat dan terus melaksanakan perkuliahan. Pada kesempatan ini Admin mohon ijin berbagi informasi:
Materi:
Perbedaan Resensi Dan Sinopsis.

Mohon izin untuk membahas.
Resensi merupakan penilaian kualitas buku, baik isi maupun perwajahan disertai alasan dan bukti
Sinopsis biasanya digunakan untuk meringkas cerita atau lakon (dan hasil ringkasan itu) sehingga tetap memperlihatkan langkah-langkah atau plot cerita itu.
Resensi
  1. Resensi berisi ringkasan atau ulasan dari pembaca tentang identitas, isi, harga, kelebihan dan kekurangan suatu buku.
  2. Menulis resensi itu tidak mudah. Peresensi harus menilai, menimbang, dan memberikan pendapatnya terhadap suatu buku, dan hasil resensi tersebut, nantinya akan menjadi titik acuan para pembaca yang ingin membaca buku tersebut.
  3. Sinopsis bertujuan meringkas sebuah buku, dengan mencatat poin-poin penting di dalamnya.
  4. Semua buku bisa diresensi, termasuk buku pelajaran seperti buku pelajaran matematika, geografi dan sebagainya.
  5. Lebih bersifat subjektif, karena hasil resensi akan berbeda berdasarkan sudut pandang setiap orang terhadap buku yang diresensi. 
Sinopsis
  1. Sinopsis berisi ringkasan isi dari sebuah buku atau novel. Meskipun berisi ringkasan, sebuah sinopsis tetap bisa mencerminkan isi sebuah buku dengan baik.
  2. Sinopsis tidak perlu mengeluarkan pendapatnya tentang suatu buku, ia hanya perlu menceritakan kembali apa yang sudah ia baca, namun dalam bentuk lebih ringkas.
  3. Resensi bertujuan untuk mengulas buku yang telah dibaca dengan memberikan pertimbangan tentang isi buku, kelebihan dan kelemahan buku, bahkan harga buku.
  4. Tidak semua buku bisa dibuat siposisnya, hanya novel atau buku yang ada unsur cerita yang ada sinopsisnya.
  5. Lebih bersifat objektif, karena hanya bersifat menceritakan isi buku.
Demikian tanggapan saya, terima kasih.
Semoga informasi materi diatas bermanfaat. Mohon maaf atas kesalahan dan kekurangan, saran dan masukan sangat berarti untuk perbaikan kedepan, jika bermanfaat dan membantu silahkan di SHARE. Terima kasih atas kunjungannya.
Wassalamu'alaikum...Wr.Wb.

Post a Comment for "Perbedaan Resensi Dan Sinopsis"