Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Analisis, Metodologi, Dan Teknik Sistem

 

Assalamu,alaikum...Wr.Wb.
Semoga kita semua dalam lindungan Allah SWT. Amin. Tetap semangat dan terus melaksanakan perkuliahan. Pada kesempatan ini Admin mohon ijin berbagi informasi:
Mohon izin untuk membahas.

Analisis Sistem (System Analysis), Metodologi Pengembangan Sistem (System Development Methodology), Dan Teknik Yang Dapat Digunakan Dalam Menjelaskan Sistem.

Analisis Sistem (System Analysis)

Analisis adalah penyelidikan terhadap suatu peristiwa (karangan, perbuatan, dan sebagainya) untuk mengetahui keadaan yang sebenarnya (sebab-musabab, duduk perkaranya, dan sebagainya) atau pemecahan persoalan yang dimulai dengan dugaan akan kebenarannya (https://kbbi.web.id/analisis-atau-analisa)
System adalah perangkat unsur yang secara teratur saling berkaitan sehingga membentuk suatu totalitas (https://kbbi.web.id/sistem)
Menurut Pressman analisis sistem merupakan suatu kegiatan untuk menemukan atau mengidentifikasi masalah, mengevaluasi, membuat model serta membuat spesifikasi sistem.
Dari penjabaran tersebut diperoleh pengertian bahwa analisis system informasi adalah penjabaran dugaan dari suatu sistem informasi yang utuh ke dalam berbagai bagian komponennya untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi berbagai macam masalah atau hambatan yang timbul pada sistem sehingga bisa diperoleh cara pemecahan masalahanya dan juga pengembangannya.
Sedangkan system analis adalah orang yang dididik khusus untuk mengembangkan system secara professional sehingga mampu bertanggung jawab atas terjadinya proses analisa ataupun perancangan pada sistem informasi.
Contoh:
Masalah Analisis Sistem Informasi di Universitas Harpan Kita
Sebagai contoh terdapat suatu kasus yang terjadi pada Universitas Harpan Kita adalah sebagai berikut :
Identifikasi Masalah
  • Infrastruktur penunjang elearning untuk tutorial online di Universitas Harpan Kita hanya tersedia untuk melayani 1000 mahasiswa dalam waktu bersamaa, sedankan mahasiswa baru sudah mencapai 2500 orang
  • Hampir 80% mahasiswa baru belum familiar dengan elearning.
  • 90% dari jumlah total mahasiswa bukan mahasiswa murni (sudah bekerja), sehingga pelaksanaan tutorial online dilaksanakan pada hari libur kerja (hari sabtu minggu)
  • Sebagian  Dosen/Tutor Universitas Harapan Kita, terkesan masih slow respon dalam forum diskusi bahkan dalam pemberian nilai.
Analisis Sistem
  • Jika mahasiswa baru bertambah jumlah maka infrastruktur perlu ditingkatkan, untuk kelancaaran kegiatan tuton dalam melayani 2500 mahasiswa dalam waktu bersamaan.
  • Diperlukan waktu tambahan bagi Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh (PKBJJ) atau klinik cara belajar tutorial online bagi mahasiswa baru
  • Dosen/ tutor memberikan motivasi mahasiswa agar menyempatkan waktu luang untuk mengisi forum diskusi dan belajar
  • Kepala Program Studi/Dosen/Tutor harus lebih responsive memantau kegiatan diskusi pada tutorial online
Analisis Kebutuhan, Kebutuhan data yang digunakan untuk mengembangkan sistem  informasi adalah sebagai berikut:
  • Spesifikasi server perlu ditingkatkan
  • Perlu penambahan waktu PKBJJ bagi mahasiswa baru
  • Fasilitasi Dosen /tutor dengan perangkat IT yang mumpuni berspesifikasi tinggi, dan kesejahteraan Dosen/Tutor perlu ditingkatkan
  • Perlu asisten Kaprodi atau Kajur untuk memantau kegiatan melalui jejaring sosial yang beranggotakan mahasiswa.

Metodologi Pengembangan Sistem (System Development Methodology) 

Metodologi pengembangan sistem (system development methodology) atau bisa juga disebut metodologi pengembangan perangkat lunak  adalah suatu kerangka kerja yang digunakan untuk menstrukturkan, merencanakan, dan mengendalikan proses pengembangan suatu system informasi. Banyak ragam kerangka kerja yang telah dikembangkan selama ini, yang masing-masing memiliki kekuatan dan kelemahan sendiri-sendiri.
Suatu metodologi pengembangan sistem tidak harus cocok untuk difgunakan untuk semua proyek. Masing-masing metodologi mungkin cocok diterapkan untuk suatu proyek tertentu, berdasarkan berbagai pertimbangan teknis, organisasi, proyek, serta tim.
Beberapa contoh metodologi pengembangan perangkat lunak yang tersedia di antaranya adalah 
  • Waterfall, 
  • Prototyping, 
  • Incremental, 
  • Spiral, dan 
  • RAD 
(https://id.wikipedia.org/wiki/Metodologi_pengembangan_perangkat_lunak)
Sehubungan dengan itu, metodologi system dapat dikatakan sebagai suatu proses pengembangan system bersifat formal dan presisi yang berfungsi untuk mendefinisikan serangkaian aktifitas, metode, pelaksanaan program dan peralatan yang terotomasi bagi para analis dan manager proyek untuk mengembangkan dan merawat softwere atau system informasi secara keseluruhan.
Metodologi pengembangan system perlu dilakukan karena system informasi perlu jaminan adanya konsistensi proses, harus bisa diterapkan dalam berbagai jenis proyek, juga dapat mengurangi resiko kesalahan pada saat pengambilan keputusan, dan tentunya menuntut adanya dokumentasi yang konsisten.

Teknik Yang Dapat Digunakan Dalam Menjelaskan Sistem

Kaitannya dengan system informasi, Teknik adalah cara menggunakan alat-alat dan peraturan-peraturan yang melengkapi satu atau lebih tahapan-tahapan dalam siklus pengembangan sistem informasi. Sehingga dapat diketahui teknik yang dapat digunakan dalam menjelaskan system adalah
  • Bagan alur yang digunakan untuk menggambarkan proses dari program masing-masing modul yang ada di bagan tersetruktur
  • Bagan terstruktur merupakan pendekatan formasl untuk memecahkan masalah-masalah dalam aktivitas bisnis menjadi bagian-bagian kecil yang dapat diatur dan berhubungan untuk kemudian dapat disatukan kembali menjadi satu kesatuan yang dapat dipergunakan untuk memecahkan masalah.
  • Tabel keputusan adalah alat bantu untuk menyelesaikan logika penyelesaian kondisi dalam program.
Semoga informasi materi diatas bermanfaat. Mohon maaf atas kesalahan dan kekurangan, saran dan masukan sangat berarti untuk perbaikan kedepan, jika bermanfaat dan membantu silahkan di SHARE. Terima kasih atas kunjungannya.
Wassalamu'alaikum...Wr.Wb.

Post a Comment for "Analisis, Metodologi, Dan Teknik Sistem"