Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Globalisasi, Ekspor, Impor, Dan Perdagangan Bebas



Assalamu,alaikum...Wr.Wb.
Semoga kita semua dalam lindungan Allah SWT. Amin. Tetap semangat dan terus melaksanakan
perkuliahan. Pada kesempatan ini Admin mohon ijin berbagi informasi:
  1. Untuk melihat Bacaan Al-Qur'an KLIK... TULISAN BIRU INI.
  2. Untuk melihat Kegiatan Relegius KLIK... TULISAN BIRU INI.
  3. Untuk melihat Lagu Lagu Nasioanal KLIK... TULISAN BIRU INI.
  4. Untuk melihat Kegiatan Ekstra Kulikuler KLIK... TULISAN BIRU INI.
  5. Untuk melihat Informasi KLIK... TULISAN Untuk melihat Informasi KLIK... TU BIRU INI.
  6. Untuk melihat Tutorial E Kinerja KLIK... TULISAN BIRU INI.
  7. Untuk melihat Tutorial Pendidikan / MySAPK KLIK... TULISAN BIRU INI.
  8. Untuk melihat Tutorial Umum KLIK... TULISAN BIRU INI.
  9. Untuk melihat Pembelajaran Kelas VI KLIK... TULISAN BIRU INI.
  10. Untuk melihat Kegiatan Siswa Kelas VI KLIK... TULISAN BIRU INI.
  11. Untuk melihat Kegiatan Siswa Kelas V KLIK... TULISAN BIRU INI.
  12. Untuk melihat Taman Bermain KLIK... TULISAN BIRU INI.
  13. Globalisasi, Ekspor, Impor, Dan Perdagangan Bebas, MK Pengantar Bisnis
Mohon izin untuk membahas.

Globalisasi, Ekspor Dan Impor Kaitannya Dengan Perdagangan Bebas.

Pengertian Globalisasi.

Kata globalisasi merupakan bahasa Inggris globalization, yang berarti universal yang mendapat imbuhan -lization yang bisa dimaknai sebagai proses. Jadi dari asal mula katanya, globalisasi bisa diartikan sebagai proses penyebaran unsur-unsur baru baik berupa informasi, pemikiran, gaya hidup maupun teknologi secara mendunia. 
Globalisasi diartikan sebagai suatu proses dimana bata-batas suatu negara menjadi semakin sempit karena kemudahan interaksi antara negara baik berupa pertukaran informasi, perdagangan, teknologi, gaya hidup dan bentuk-bentuk interaksi yang lain. Globalisasi juga bisa dimaknai sebagai proses dimana pengalaman kehidupan sehari-hari, ide-ide dan informasi menjadi standar di seluruh dunia. Proses tersebut diakibatkan oleh semakin canggihnya teknologi komunikasi dan transportasi serta kegiatan ekonomi yang merambah pasar dunia.

Globalisasi Ekonomi dan Bisnis.

Globalisasi ekonomi merupakan peningkatan saling ketergantungan ekonomi negara-negara di dunia hasil dari percepatan pergerakan teknologi, jasa, barang serta permodalan lintas perbatasan. Bila globalisasi bisnis terpusat pada penghapusan perputaran perdagangan internasional misalnya pajak, tarif serta beban lainya yang membuat perdagangan global, globalisasi ekonomi merupakan sebuah proses peningkatan integrasi antar negara yang berujung pada datangnya pasar global serta pasar dunia.
Apabila banyak perusahaan terikat dalam perdagangan internasional, perekonomian dunia secara cepat menjadi satu sistem yang ada saling ketergantungan (interdependent system), karena tidak tidak ada satu negara pun yang memiliki teknologi yang dapat digunakan untuk menghasilkan semua produk yang dibutuhkan oleh semua orang dalam negara tersebut, dan setiap negara pastinya memiliki keunggulan yang berbeda-beda. satu negara hanya unggul dalam ketersediaan sumber daya, sementara negara lain hanya unggul dalam teknologi, maka negara tersebut dapat mengadakan pertukaran dengan mengadakan hubungan dagang.

Globalisasi, ekspor dan impor kaitannya dengan perdagangan bebas

Teori perdagangan bebas muncul karena adanya globalisasi, dimana sudah tidak ada lagi batasan antar wilayah atau negara untuk melakukan transaksi perdagangan, baik penjual maupun pembeli secara bebas menjual dan membeli produk atau jasa yang diinginkannya untuk memenuhi kebutuhannya.
Perdagangan bebas berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi suatu negara, karena dalam perdagangan bebas semua negara bersaing di pasar internasional, dan itu terjadi karena bertemunya subyek-subyek hukum yang bertempat tinggal di negara-negara yang berlainan dan telah mengadakan hubungan perdagangan, misalnya dalam jual beli. Dalam perdagangan bebas pihak penjual disebut eksportir dan pihak pembeli disebut importer.

Perdagangan bebas dalam kaitannya ekspor dan impor suatu negara adalah dalam hal menentukan neraca perdagangan negara tersebut, Neraca perdagangan (balance of trade) suatu negara merupakan perbedaan antara ekspor dan impor.
Neraca pembayaran merupakan perbedaan antara aliran uang ke dalam dan keluar suatu negara. suatu negara yang mengalami surplus neraca pembayaran merupakan negara yang banyak mendapatkan devisa dari negara lain, banyak investasi kenegara lain, banyak ekspor kenegara lain, tidak berhutang
kenegara lain, (dan mengalami surplus neraca perdangan).
Negara yang mengalami defisit neraca pembayaran pada umumnya banyak melakukan hutang kenegara lain, banyak mendapatkan investasi dari negara lain, impor lebih besar dari pada ekspornya dan mengalami defisit neraca perdagangan.

Sumber :
Dorothea Wahyu Ariani, (2019). Pengantar Bisnis, Tangerang Selatan, Universitas Terbuka.

Semoga informasi materi diatas bermanfaat. Mohon maaf atas kesalahan dan kekurangan, saran dan masukan sangat berarti untuk perbaikan kedepan, jika bermanfaat dan membantu silahkan di SHARE. Terima kasih atas kunjungannya.
Wassalamu'alaikum...Wr.Wb.

Post a Comment for "Globalisasi, Ekspor, Impor, Dan Perdagangan Bebas"