Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Basis Data


Assalamu,alaikum...Wr.Wb.
Semoga kita semua dalam lindungan Allah SWT. Amin. Tetap semangat dan terus melaksanakan perkuliahan. Pada kesempatan ini Admin mohon ijin berbagi informasi:
Mohon izin untuk membahas.

Pengertian Basis Data

Basis data (database) adalah kumpulan dari data atau informasi yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya disimpian secara sistematis di perangkat keras komputer, dan digunakan oleh perangkat lunak aplikasi dengan cara memanipulasinya untuk mendapatkan data atau informasi dalam format yang lebih mudah difahami dan digunakan karena respon cepat ketika dipanggil penggunanya.

Database merupakan salah satu komponen yang paling penting dalam sistem informasi karena merupakan basis dalam menyediakan informasi bagi para pemakai. 

Penerapan basis data dalam sistem informasi disebut dengan database system. Database system adalah suatu sistem informasi yang menintegrasikan kumpulan dari data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya dan membuatnya tersedia untuk beberapa aplikasi yang bermacam-macam dalam suatu organisasi.

Adapun penerapan basis data dalam sistem informasi disebut dengan sistem bais data (database system) yang dapat di artikan suatu system yang didalamnya terdiri dari koleksi data atau dari suatu kumpulan data yang terintegrasi dan saling berhubungan yang bisa digunakan oleh berbagai program untuk mangakses data tersebut. 

Organisasi file basis data, terdiri dari:
1.       Struktur data berjenjang (hierarchical data structure)
Hubungan antara data yang membentuk suatu jenjang seperti pohon. Suatu pohon dibentuk dari beberapa elemen grup data yang berjenjang, disebut dengan node. Node yang paling atas atau level 1 disebut dengan root . Tiap node dapat bercabang ke node lain. Satu node hanya mempunyai satu orang tua. Dengan kata lain, data yang mewakili dengan struktur pohon ini harus memenuhi dua kondisi yaitu, pohon hanya mempunyai satu buah root, dan tiap-tiap node (kecuali root) hanya mempunyau satu orang tua dan tiap-tiap node dapat mempunyai beberapa anak

2.       Struktur data jaringan (network data structure)
Disebut juga dengan complex data structure, yaitu hubungan data sama dengan struktur hirarki, tetapi untuk setiap node bisa mempunyai lebih dari satu orang tua.

3.       Struktur data hubungan (relational data structure)
Data disusun dalam bentuk tabel dua dimensi yang terdiri dari kolom (field) dan baris (record). Hubungan antara record didasarkan pada nilai dari field kunci bukan berdasarkan alamat atau pointer di dalam record seperti pada strutur pohon dan jaringan.

Semoga informasi materi diatas bermanfaat. Mohon maaf atas kesalahan dan kekurangan, saran dan masukan sangat berarti untuk perbaikan kedepan, jika bermanfaat dan membantu silahkan di SHARE. Terima kasih atas kunjungannya.
Wassalamu'alaikum...Wr.Wb.

Post a Comment for "Pengertian Basis Data"