Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Manajemen Menurut Beberapa Ahli

 

Assalamu,alaikum...Wr.Wb.
Semoga kita semua dalam lindungan Allah SWT. Amin. Tetap semangat dan terus melaksanakan perkuliahan. Pada kesempatan ini Admin mohon ijin berbagi informasi:
Mohon izin untuk membahas.

Pengertian Manajemen Menurut Beberapa Ahli

1.       Pengertian manajemen menurut beberapa ahli
Mary Parker Follet, Manajemen adalah seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Definisi Mary Parker Follet ini berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi. 
Ricky W. Griffin mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran secara efektif dan efesien. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal. 
Mamduh Hanafi, Manajemen adalah proses merencanakan, mengorganisasi, mengarahkan, dan mengendalikan kegiatan untuk mencapai tujuan organisasi secara efektif dan efesien dengan menggunakan sumber daya organisasi

2.       Isi dari fungsi manajemen
Perencanaan adalah kegiatan memilih, mendapatkan dan menetapkan cara terbaik bagi organisasi dengan sumber daya yang dimiliki untuk mencapai tujuan organisasi yang diinginkan
Pengorganisasian adalah pengaturan sumber daya tugas wewenang dan otoritas diantara anggota organisasi agar tujuan dapat dicapai
Pengarahan adalah suatu tindakan untuk mengusahakan agar semua anggota kelompok berusaha mencapai sasaran sesuai dengan tujuan yang direncakan.
Pengendalian,  pengendalian ini berfungsi untuk mengontrol atau melihat tentang kesesuaian tercapai tidaknya suatu tujuan organisasi

3.       Referensi
  • Vocational Business: Training, Developing and Motivating People by Richard Barrett - Business & Economics - 2003. - Page 51.
  • Griffin, R. 2006. Business, 8th Edition. NJ: Prentice Hall.
  • Robbins, Stephen dan Mary coulter. 2007. Management, 8th Edition. NJ: Prentice Hall.
  • Hanafi, Mamduh, Manajemen. Tangerang Selatan, Universitas Terbuka, 2019
Setelah melihat beberapa pendapat para ahli saya mengambil kesimpulan bahwa:
Pengertian manajemen dari segi bahasa kata manajemen berasal dari bahasa inggris manage yang berarti mengelola, mengendalikan, mengusahakan dan memimpin. Dari kata dasar tersebut berubah menjadi manajemen. 

Pada dasarnya manajemen hanya fokus pada proses pembuatan keputusan untuk mencapai tujuan yang ditetapkan bersama oleh komponen-komponen dalam organisasi. dengan demikian manajemen juga bisa dikatakan kumpulan proses tujuan yang harus dicapai oleh suatu organisasi dengan cara bekerja sama dengan menggunakan sumber daya yang dimiliki organisasi tersebut. 

Kumpulan proses tersebut bisa dikatakan ilmu seni manajemen adalah kemampuan membuat dan mewujudkan visi melalui beberapa proses manajemen meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian.
 
Demikian tanggapan saya, terima kasih.
Semoga informasi materi diatas bermanfaat. Mohon maaf atas kesalahan dan kekurangan, saran dan masukan sangat berarti untuk perbaikan kedepan, jika bermanfaat dan membantu silahkan di SHARE. Terima kasih atas kunjungannya.
Wassalamu'alaikum...Wr.Wb.

Post a Comment for "Pengertian Manajemen Menurut Beberapa Ahli"