Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Sistem Komputer

 

Assalamu,alaikum...Wr.Wb.
Semoga kita semua dalam lindungan Allah SWT. Amin. Tetap semangat dan terus melaksanakan perkuliahan. Pada kesempatan ini Admin mohon ijin berbagi informasi:

Mohon izin untuk membahas.

Pengertian Sistem Komputer

Sebelum menyampaikan pengertian sistem komputer perlu kiranya kita ketahui bahwa sistem komputer ini terbagi kedalam beberapa jenis sehingga memiliki pengertian yang berbeda pula, diantaranya Sistem komputer mikro, Sistem komputer midrange, Sistem komputer mainframe, Sistem komputer super. Tapi jika dilihat kaitannya dengan sistem informasi, maka pengertian sistem komputer secara umum adalah kumpulan perangkat-perangkat komputer diantaranya hardware, software dan brainware yang memiliki fungsinya masing-masing, saling berhubungan dan berinteraksi satu sama lain untuk melakukan proses pengolahan data, sehingga dapat menghasilkan informasi yang di harapkan oleh penggunanya.

Komponen Sistem Komputer (Hardware, Sofware, Brainware)
1.       Hardware. 
Hardware adalah komponen yang memiliki wujud/bentuk secara fisik sehingga dapat disentuh atau diraba secara langsung. sebagai subsistem dari sistem komputer, komponen hardware memiliki tiga bagian:
  • Alat masukan (input device), diantaranya adalah keyboard, pointing device (mouse, touchscreen, llightpen, digitizergraphic tablet), scanner (MICR reader, optical data reader), censor (camera digital, camera recorder), voice recognizer,
  • Alat pemroses (processing device), diantaranya CPU, memori utama (RAM dan ROM),
  • Alat keluaran (output device), diantaranya Hard Copy Device (printer), Soft  Copy Device (video display, flat panel, dan speaker/headset)
2.       Software
Software adalah komponen dari sistem komputer yang tidak memiliki wujud atau bentuk fisik. Software memiliki wujud digital yang disimpan pada memori komputer. Terdapat 2 macam jenis kategori software pada sistem komputer, yaitu:
a.       Sistem Software
Sistem Software adalah kategori untuk software yang mengatur dan mengontrol komponen hardware pada komputer yang mana memungkinkan terjadinya interaksi antara hardware dengan tipe software lainnya.
Contoh
Dari Sistem Software adalah sistem operasi komputer (OS), Utility Software (anti virus, firewall, disk defragment, text editor), Language Sofware (bahasa pemrograman, misalnya C++, python)
b.       Application Software
Application software adalah program yang ditulis dan diterjemahkan oleh language software (bahasa pemrograman) yang digunakan oleh user untuk menyelesaikan sebuah tugas tertentu. Contoh software yang termasuk dalam kategori Application Software adalah web browser, software office, game dan lainnya.

3.       Brainware.
Komponen yang terakhir dalam sebuah sistem komputer adalah Brainware. Brainware dapat diartikan sebagai orang maupun perangkat intelektual yang memakai, menggunakan atau mengoperasikan perangkat komputer.
Itulah pengertian sistem komputer dan fungsi sistem komputer beserta ketiga komponen utama yang menjadi dasar sebuah sistem pada komputer sehingga mampu menjalankan tugas dan perintah sebagaimana yang telah anda instruksikan. Tanpa komponen-komponen tersebut, tidak mungkin bagi sistem komputer untuk berjalan secara normal.

Aplication Sofware
Application software adalah program yang ditulis dan diterjemahkan oleh language software (bahasa pemrograman) yang digunakan oleh user untuk menyelesaikan sebuah tugas tertentu. Contoh software yang termasuk dalam kategori Application Software adalah web browser, software office, game dan lainnya.
Bila dilihat dari penggunaannya application software terbagi kedalam dua jenis:
  1. Application software umum ditulis dengan bahasa pemrograman untuk keperluan kebanyakan pemakai secara umum, misalnya aplikasi pengolah kata Ms. Word. Google Doc, Ms. Excell, Spreedsheet, Ms Powerpoint, Google Slide.
  2. Application software khusus ditulis dengan bahasa pemrograman untuk keperluan pemakai secara khusus, misalnya aplikasi buku besar, aplikasi akuntansi, aplikasi pengendalian persedian, aplikasi analisis penjualan.
Semoga informasi materi diatas bermanfaat. Mohon maaf atas kesalahan dan kekurangan, saran dan masukan sangat berarti untuk perbaikan kedepan, jika bermanfaat dan membantu silahkan di SHARE. Terima kasih atas kunjungannya.
Wassalamu'alaikum...Wr.Wb.

Post a Comment for "Pengertian Sistem Komputer"