Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pusat Pertanggungjawaban (Responsibility Center)

 

Assalamu,alaikum...Wr.Wb.
Semoga kita semua dalam lindungan Allah SWT. Amin. Tetap semangat dan terus melaksanakan perkuliahan. Pada kesempatan ini Admin mohon ijin berbagi informasi:
Mohon izin untuk membahas.

Pusat Pertanggungjawaban (Responsibility Center)

Pusat pertanggungjawaban (responsibility center) adalah suatu bagian/ departemen / unit dalam organisasi yang dipimpin oleh seorang manajer dan akan melaporkan hasil pelaksanaan kegiatannya kepada tingkat yang lebih tinggi. Manajer dari tiap unit ini akan dinilai pelaksanaan aktivitasnya dalam unit yang dikelolanya dengan tujuan untuk mengukur dan mendorong kinerja unit/ organisasi yang bersangkutan. Oleh karena itu tujuan seiap pusat pertanggungjawaban diusahakan harus selalu selaras, serasi dan seimbang.
Pusat pertanggungjawaban dapat dikelompokkan menjadi sebagai berikut :
  1. Pusat Biaya (Cost Center), Pusat biaya merupakan pusat pertanggungjawaban manajer yang mengelola masukan dan menghasilkan keluaran, pusat pertanggungjawaban ini adalah prestasi manajernya yang dinilai berdasarkan biaya pusat pertanggungjawaban yang dipimpinnya.
  2. Pusat Laba (Provit Center) adalah pusat pertanggungjwaban yang prestasi manajernya dinilai atas dasar laba yang diperoleh, berdasarkan selisih antara pendapatan dengan biaya. Pusat laba ini diukur prestasinya dari dua aspek, yaitu input dan outputnya. 
  3. Pusat Investasi (Investasi Center) adalah pertanggungjawaban dari prestasi manajernya dinilai atas dasar laba yang dihasilkan dihubungkan dengan investasi yang ditanamkan pada pusat pertanggungjawaban yang dipimpinnya. Pengukuran prestasi pusat investasi yang memperoleh laba tinggi berarti mempunyai prestasi yang baik jika laba tersebut dihubungkan dengan investasi yang digunakan untuk meghasilkan laba.
  4. Pusat Pendapatan (Revenue Center) adalah pusat pertanggungjawban yang prestasi manajernya dinilai berdasarkan pendapatan unit yang dipimpinnya. Pusat pendapatan sebenarnya juga merupakan pusat biaya, tetapi ukuran prestasinya berdasarkan pendapatan yang dihasilkannya. Unit pemasaran adalah contoh pusat pendapatan dan sekaligus merupakan pusat biaya (diskresionary). Prestasi unit pemasaran diukur berdasarkan pendapatan yang dihasilkannya dari penjualan produk atau jasa.
Sumber: Jogiyanto, Sistem Informasi Manajemen, 2019 : 3.5

Semoga informasi materi diatas bermanfaat. Mohon maaf atas kesalahan dan kekurangan, saran dan masukan sangat berarti untuk perbaikan kedepan, jika bermanfaat dan membantu silahkan di SHARE. Terima kasih atas kunjungannya.
Wassalamu'alaikum...Wr.Wb.

Post a Comment for "Pusat Pertanggungjawaban (Responsibility Center)"