Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Perusahaan Memotivasi Karyawan Untuk Menghasilkan Produk Berkualitas

 

Assalamu,alaikum...Wr.Wb.
Semoga kita semua dalam lindungan Allah SWT. Amin. Tetap semangat dan terus melaksanakan perkuliahan. Pada kesempatan ini Admin mohon ijin berbagi informasi:
Mohon izin untuk membahas.

Cara Perusahaan Memotivasi Karyawan Untuk Menghasilkan Produk Berkualitas

1.       Memberikan reward bagi karyawan berprestasi
Dalam teori klasik (Frederick W. Taylor, pencetus manajemn ilmiah) dinyatakan bahwa karyawan hanya termotivasi oleh uang (Ariani :2019), oleh karenanya untuk memotivasi karyawan bisa dilakukan dengan cara pemberian insentif tetapi dengan syarat, penggunaan syarat ini bertujuan agar perusahaan mendapatkan keuntungan oleh sebab produktifitas karyawan yang termotivasi. oleh karenanya insentif ini sebagai bentuk apresiasi kepada karyawan terbaik di perusahaan, perusahan dapat memberikan bonus atau insentif yang setimpal dengan prestasi yang diraih sebagai penghargaan. Cara ini akan mendongkrak semangat karyawan lain untuk menorehkan prestasi yang terbaik bagi perusahaan.
Hal ini tentu saja bersesuaian dengan Teori Pengharapan yang mengatakan bahwa motivasi bekerja karyawan adalah medapatkan penghargaan yang mereka inginkan dan mendapatkan pengharapannya.
Dan juga Teori Keadilan yang mengatakan bahwa keinginan karyawan untuk memberikan kontribusi kepada perusahaan tergantung pada penilaiannya terhadap keadilan atas penghargaan yang diterimanya

2.       Mempererat kekeluargaan sesama karyawan
Menurut teori Keperilakuan Awal yang dikenal dengan teori Howthrone studies, menjelaskan bahwa hubungan antar manusia dilingkungan kerja sangat berpengaruh kepada motivasi kerja karyawan.
Hubungan ini dapat dibangun dengan cara menciptakan hubungan kekeluargaan sesama karyawan yang akan membuat mereka merasa nyaman dalam bekerja dan loyalitas terhadap perusahaan akan semakin meningkat. Hal ini bisa dimulai misalnya dengan mengadakan gathering atau pertemuan rutin setiap bulan untuk menjalin keakraban para karyawan di perusahaan.

3.       Kenali kekurangan dan kelebihan masing-masing karyawan
Setiap karyawan di perusahaan Anda tentunya memiliki karakteristik tersendiri. Para pemimpin
perusahaan perlu mengenali kekurangan dan kelebihan mereka agar dapat mengoptimalkan kinerja karyawan, bila sudah dikenali maka mendesain spesialisasi pekerjaan bisa dilaksanakan dengan mudah. sehingga karyawan termotivasi karena merasa bahwa pekerjaannya sesuai dengan
kemampuannya. Dengan pendekatan ini, perusahaan dapat membantu karyawan yang kesulitan
mengerjakan tugasnya untuk dapat meraih prestasi seperti rekan-rekan yang lainnya.

4.       Berikan training karyawan secara rutin dan berkala
Terkadang, melakukan pekerjaan yang sama setiap harinya membuat para karyawan menjadi jenuh dan bosan. untuk menghindari hal ini bisa dilakukan dengan cara:
  • Rotasi Pekerjaan (job rotation)
  • Menambah Pekerjaan (job enlargement)
  • Menambah tanggung jawab dalam pekerjaan (job enrichment)
  • Training karyawan dapat memberikan motivasi untuk membangkitkan kembali semangat kerja mereka bagi karyawan baru atau karyawan lama yang dirotasi pekerjaannya.
Sumber :
Dorothea Wahyu Ariani, 2019. Pengantar Bisnis, Tangerang Selatan; Universitas Terbuka

Semoga informasi materi diatas bermanfaat. Mohon maaf atas kesalahan dan kekurangan, saran dan masukan sangat berarti untuk perbaikan kedepan, jika bermanfaat dan membantu silahkan di SHARE. Terima kasih atas kunjungannya.
Wassalamu'alaikum...Wr.Wb.

Post a Comment for "Cara Perusahaan Memotivasi Karyawan Untuk Menghasilkan Produk Berkualitas"