Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Definisi Manajemen Bisnis

 

Assalamu,alaikum...Wr.Wb.
Semoga kita semua dalam lindungan Allah SWT. Amin. Tetap semangat dan terus melaksanakan perkuliahan. Pada kesempatan ini Admin mohon ijin berbagi informasi:
Mohon izin untuk membahas.

Definisi Manajemen Bisnis

1.       Definisi Manajemen Bisnis
Manajemen adalah proses yang di desain untuk mencapai tujuan organisasi dengan menggunakan
sumber daya secara efektif dan efesien dalam lingkungan yang serba berubah (EKMA4111/Pengantar Bisnis)
Dengan kata lain yang dimaksud seni manajemen adalah kemampuan visi. Dari beberapa aspek
manajemen yaitu perencanaan, kepemimpinan, komunikasi dan pengambilan keputusan yang
berhubungan dengan manusia mengenai pendekatan manajeman seni. Selain itu manajemen juga
sebagai ilmu yang saling berhubungan dengan keuangan, manajemen pemasaran, dan sumber daya alam yang digunakan untuk mengatur organisasi bisnis, sistem informasi manajemen atau manajemen keseharian. Berikut ini pengertian manajemen menurut para ahli.
 
Bisnis adalah suatu organisasi yang menyediakan barang atau jasa untuk mendapatkan profit. Bisnis dapat pula diartikan sebagai sebuah kegiatan atau usaha, atau aktivitas terpadu yang meliputi pertukaran barang, jasa, atau uang yang dilakukan oleh dua pihak atau lebih dengan maksud memperoleh manfaat atau keuntungan.
 
Jadi manajemen bisnis adalah suatu kegiatan dalam merancang, mengelola dan mengoperasikan
sebuah usaha atau bisnis yang mencakup semua pengaturan baik dari dalam proses pengerjaan,
pengelolaan sampai cara mencapai suatu tujuan bisnis yang diinginkan. Hal-hal yang direncanakan mulai dari pengaturan dalam proses pengerjaan bisnis hingga tujuan yang ingin dicapai. Bisnis yang masih merintis atau sudah besar sekalipun memerlukan manajemen bisnis agar laju sebuah perusahaan dapat memenuhi target.

2.       Hubungan Manajemen Bisnis Dengan Organisasi Pada Pasar Sekarang
Organisasi dan metode memiliki peranan penting dalam sebuah manajemen di bidang niaga atau usaha agar dapat berjalan sesuai dengan rencana. Sehingga suatu manajemen dan organisasi saling terkait karena untuk mencapai suatu tujuan perlu dibentuknya suatu organisasi yang pada pokoknya secara fungsional yang dapat diartikan sebagai sekelompok manusia yang dipersatukan dalam suatu kerja sama yang efisien untuk mencapai tujuan.
 
Jadi dapat dikatakan bahwa fungsi organisasi sebagai alat dari manajemen untuk mencapai tujuan. Selain itu, untuk mencapai suatu tujuan diperlukan struktur organisasi sebagai sebuah tata kerja atau metode dalam pengerjaannya agar proses kegiatan itu dapat dilaksanakan sesuai dengan sumber- sumber dan waktu yang tersedia, yang biasa disebut dengan spesialisasi kerja, karena saat ini dunia bisnis menghadapi beberapa tantangan besar, jarak geografis, dan budaya yang telah menyempit dengan munculnya pesawat udara, mesin fax, sambungan telepon dan komputer global serta siaran televisi satelit, kemajuan-kemajuan ini telah merangkul seluruh negara di dunia ke dalam satu ekonomi global, Dalam ekonomi global, perusahaan harus menanggapi kecenderungan pasar seraya tetap bertanggungjawab melindungi lingkungan. Mereka juga harus memusatkan perhatian pada pelanggan jika mereka ingin berhasil di pasar global. Departementalisasi sebagai proses manajemen strategis membantu organisasi mengidentifikasi apa yang ingin dicapai, dan bagaimana seharusnya mereka mencapai hasil yang bernilai, besarnya peranan manajemen strategis semakin banyak diakui pada masa-masa ini dibanding masamasa sebelumnya. Oleh sebab itu, perlu diuraikan strategi-strategi yang
selayaknya dilakukan perusahaan-perusahaan dalam menyongsong era globalisasi.

3.       Berikan Data dan Fakta (Contoh Update)
Contohnya :
  • Pengusaha tahu tempe (bisnis kecil) karena yang menjadi top menejer, midle manajer dan pekerjanya adalah dia sendiri, jika dilihat dari sudut pandang konsep bisnis dan organisasi tidak ada kendala karena pengusaha yang memutuskan kebijakan dan dia juga yang mengerjakan, kecuali bila dipandang dari segi modal, maka ia bermasalah karena modalnya tidak cukup besar (paling maksimal besaran modal biasanya adalah 200 juta).
  • Perusahan minuman/soft drink, cocacola company, pada awalnya hanya perusahaan yang berskala nasional di negaranya, namun karena pengembangan hingga bisa menjadi bisnis pada taraf internasional. perusahaan seperti ini memerlukan pengembangan bisnis dengan struktur organisasi yang optimal. hal tersebut diperlukan untuk menghadapi pengembangan perusahaan yang semakin komplek, karena dengan modal dalam jumlah yang sama harus bisa mengelola pengorganisasian dengan departementalisasi di tiap-tiap negara yang sudah pasti nilai mata uang yang berbeda-beda, tapi tetap harus bisa mendatangkan keuntungan yang signifikan bagi perusahaan.
Sumber
  • Dorothea Wahyu Ariani, 2019. Pengantar Bisnis, Tangerang Selatan, Universitas Terbuka.
  • Handoko, T. Hani, 2003, Organisasi Perusahaan, Teori, Struktur dan Perilaku, BPFE, Yogyakarta
  • Swastha, B., 2000. Manajemen Pemasaran Modern, Yogyakarta: Liberty
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Bisnis di unduh pada tanggal 20-04-2020 pada Pukul 2.15 WIB
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Organisasi di unduh pada tanggal 20-04-2020 pada Pukul 2.15 WIB
Semoga informasi materi diatas bermanfaat. Mohon maaf atas kesalahan dan kekurangan, saran dan masukan sangat berarti untuk perbaikan kedepan, jika bermanfaat dan membantu silahkan di SHARE. Terima kasih atas kunjungannya.
Wassalamu'alaikum...Wr.Wb.

Post a Comment for "Definisi Manajemen Bisnis"