Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penempatan Tanda Pengenal (Artribut) Pramuka


Assalamu'alaikum.Wr.Wb.
Semoga kita semua dalam lindungan Allah SWT. Amin. Mohon ijin pada kesempatan ini Admin berbagi informasi dibawah ini:
  1. Untuk melihat Bacaan Al-Qur'an KLIK... TULISAN BIRU INI.
  2. Untuk melihat Kegiatan Relegius KLIK... TULISAN BIRU INI.
  3. Untuk melihat Lagu Lagu Nasioanal KLIK... TULISAN BIRU INI.
  4. Untuk melihat Informasi KLIK... TULISAN BIRU INI.
  5. Untuk melihat video tutorial cara mengisi SKP Tahunan Kinerja Utama SKP PP 30 Pada E Kinerja KLIK... TULISAN BIRU INI.
  6. Untuk melihat video tutorial cara mengisi SKP Tahunan Kinerja Tambahan SKP PP 30 Pada E Kinerja KLIK... TULISAN BIRU INI.
  7. Untuk melihat video tutorial Cara Mengisi Dan Contoh Indikator Harian SKP dan Harian Non SKP PP 30 Pada E Kinerja KLIK... TULISAN BIRU INI.
  8. Untuk melihat Tutorial Pendidikan / MySAPK KLIK... TULISAN BIRU INI.
  9. Untuk melihat Tutorial Umum KLIK... TULISAN BIRU INI.
  10. Untuk melihat Pembelajaran Kelas VI KLIK... TULISAN BIRU INI.
  11. Untuk melihat Kegiatan Siswa Kelas VI KLIK... TULISAN BIRU INI.
  12. Untuk melihat Kegiatan Siswa Kelas V KLIK... TULISAN BIRU INI.
  13. Untuk melihat Taman Bermain KLIK... TULISAN BIRU INI.
  14. Untuk melihat kegiatan ekstra kulikuler KLIK... TULISAN BIRU INI.
  15. Untuk melihat video pembelajaran Kurikulum Merdeka KLIK... TULISAN BIRU INI.
  16. Penempatan Tanda Pengenal (Artribut) Pramuka Pada Baju Seragam Pramuka (Materi No 10 SKU Pramuka Penggalang Ramu)

Pada kesempatan ini akan membahas materi SKU (Syarat Kecakapan Umum) Penggalang Ramu Nomor 10 Dapat menyebutkan tanda- tanda pengenal Gerakan Pramuka sesuai dengan golongan dan tingkatannya
Pencapaian Pengisian SKU yaitu:
  • Dapat menunjukkan penempatan tanda-tanda pengenal pada baju seragam Pramuka sesuai golongannya
Dibawah ini adalah materinya.

Tanda pengenal atau kerap disebut juga sebagai atribut, dipasang di pakaian seragam pramuka, termasuk pakaian seragam pramuka penggalang.
Atribut atau tanda pengenal yang dipasang di baju seragam pramuka penggalang baik putera maupun puteri antara lain adalah: 
1.        Tanda tutup kepala
Tanda tutup kepala berbentuk lingkaran untuk puteri dan segi delapan untuk putera dengan warna dasar merah. Pada puteri dipasang di topi pramuka bagian depan sedangkan untuk putera di samping kiri kabaret pramuka.
2.       Tanda WOSM (World Organization of the Scout Movement - Organisasi Kepanduan Sedunia) 
Tanda WOSM berwarna dasar ungu. Untuk puteri berbentuk lingkaran, dipasang dikerah baju sebelah kanan. Sedang untuk putera berbentuk persegi, dipasang di dada (di atas papan nama) sebelah kanan.
3.       Tanda pelantikan
Tanda pelantikan berwarna dasar coklat tua. Untuk putri berbentuk lingkaran, di pasang di kerah baju sebelah kiri. Sedang untuk putra, dipasang di dada sebelah kiri, di bawah lipatan baju.
4.       Papan nama
Papan nama berwarna dasar coklat muda. Baik putra maupun putri dipasang di dada sebelah kanan di atas lipatan baju dan di bawah tanda pandu dunia (WOSM).
5.       Tanda lokasi
Tanda lokasi Kwarcab memuat nama kwartir cabang (Kabupaten/Kota) anggota pramuka tinggal. Baik putra maupun putri dipasang di lengan baju sebelah kanan paling atas.
6.       GUDEP (Gugus Depan)
Tanda gugus depan memuat nomor gugus depan di mana anggota pramuka bergabung. Baik pada putra maupun putri dipasang di lengan baju sebelah kanan, tepat di bawah Tanda Lokasi Kwarcab. Untuk anggota putri nomor gudepnya genap dan untuk putri nomornya ganjil.
7.       Badge wilayah
Lencana/Badge Daerah memuat lambang kwartir daerah di mana anggota pramuka tinggal. Dipasang di lengan baju pramuka sebelah kanan, di bawah tanda GUDEP.
8.       Tanda regu
Tanda Regu berbentuk persegi dengan gambar sesuai nama regunya. Baik pada penggalang putri maupun putra dipasang di lengan baju sebelah kiri paling atas.
9.       Tanda Kecakapan Umum Penggalang (manggar)
Tanda Kecakapan Umum (TKU) Penggalang terdiri atas tiga tingkatan yaitu Ramu, Rakit, dan Terap. Pemasangan atribut TKU di lengan baju sebelah kiri, di bawah tanda regu.
10.     Tanda Kecakapan Khusus (TKK)
Tanda Kecakapan Khusus (TKK) Penggalang terdiri atas tiga bentuk sesuai tingkatan TKK, yakni lingkaran (purwa), persegi (madya), dan segilima (utama). Baik pada putra maupun putri, dipasang lengan baju sebelah kanan, di kanan, kiri, dan bawah Lencana / Badge Daerah. 
Pemasangan TKK di lengan baju maksimal 5 buah TKK. Jika memiliki TKK lebih dari 5 buah dipasang di tetampan TKK.
11.     Tanda jabatan
Tanda jabatan terdiri atas tanda Pratama, Pemimpin Regu, atau Wakil Pemimpin Regu dengan bentuk balok berwarna merah bersusun tiga, dua, dan satu. Pemasangannya di dada sebelah kanan, di bawah lipatan baju.
12.     Tanda Regu
Tanda regu berbentuk persegi dengan gambar sesuai nama regunya. Baik pada penggalang putri maupun putra dipasang di lengan baju sebelah kiri paling atas.
13.     Tanda Kecakapan Umum (TKU) Penggalang
TKU penggalang terdiri atas tiga tingkatan yaitu Ramu, Rakit, dan Terap. Pemasangan atribut TKU di lengan baju sebelah kiri, di bawah tanda regu.

Selain tanda-tanda (atribut) di atas, seorang pramuka penggalang dapat juga memasang: 
  • TISKA (Tanda Ikut Serta Kegiatan) dipasang sesuai dengan ketentuanTISKA tersebut.
  • Lencana dan tanda pramuka garuda, dan tanda perhargaan lainnya pada seragam pramuka. Lencana pramuka garuda (berbentuk mendali dengan pitanya) dikalungkan di leher bersama dengan setangan leher pramuka. Tanda pramuka garuda
  • Tanda penghargaan (semisal bintang tahunan) dikenakan di dada baju sebelah kiri, di atas lipatan baju. 
Untuk lebih jelasnya dibawah ini contoh penempatan tanda-tanda pengenal pada baju seragam Pramuka


Semoga informasi ini bermanfaat. Saran dan masukan sangat berarti untuk perbaikan kedepan. mohon maaf atas segala kesasalahan dan kekuarangan. terima kasih atas kunjungannya.
Wassalamu'alaikum.Wr.Wb.

Post a Comment for "Penempatan Tanda Pengenal (Artribut) Pramuka"