Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menjernihkan & Menyaring Air (Materi No 22 SKU Pramuka Penggalang Ramu)

 

Assalamu'alaikum.Wr.Wb.
Semoga kita semua dalam lindungan Allah SWT. Amin. Mohon ijin pada kesempatan ini Admin berbagi informasi dibawah ini:
  1. Untuk melihat Bacaan Al-Qur'an KLIK... TULISAN BIRU INI.
  2. Untuk melihat Kegiatan Relegius KLIK... TULISAN BIRU INI.
  3. Untuk melihat Lagu Lagu Nasioanal KLIK... TULISAN BIRU INI.
  4. Untuk melihat Informasi KLIK... TULISAN BIRU INI.
  5. Untuk melihat video tutorial cara mengisi SKP Tahunan Kinerja Utama SKP PP 30 Pada E Kinerja KLIK... TULISAN BIRU INI.
  6. Untuk melihat video tutorial cara mengisi SKP Tahunan Kinerja Tambahan SKP PP 30 Pada E Kinerja KLIK... TULISAN BIRU INI.
  7. Untuk melihat video tutorial Cara Mengisi Dan Contoh Indikator Harian SKP dan Harian Non SKP PP 30 Pada E Kinerja KLIK... TULISAN BIRU INI.
  8. Untuk melihat Tutorial Pendidikan / MySAPK KLIK... TULISAN BIRU INI.
  9. Untuk melihat Tutorial Umum KLIK... TULISAN BIRU INI.
  10. Untuk melihat Pembelajaran Kelas VI KLIK... TULISAN BIRU INI.
  11. Untuk melihat Kegiatan Siswa Kelas VI KLIK... TULISAN BIRU INI.
  12. Untuk melihat Kegiatan Siswa Kelas V KLIK... TULISAN BIRU INI.
  13. Untuk melihat Taman Bermain KLIK... TULISAN BIRU INI.
  14. Untuk melihat kegiatan ekstra kulikuler KLIK... TULISAN BIRU INI.
  15. Untuk melihat video pembelajaran Kurikulum Merdeka KLIK... TULISAN BIRU INI.
  16. Cara Menjernihkan & Menyaring Air (Materi No 22 SKU Pramuka Penggalang Ramu)

Pada kesempatan ini akan membahas materi SKU (Syarat Kecakapan Umum) Penggalang Ramu Nomor 22 Dapat menjelaskan teknik penjernihan air
Pencapaian Pengisian SKU yaitu:
  • Dapat menyebutkan 3 macam jenis penjernihan air
  • Dapat menyebutkan minimal 5 Teknik Penyaringan air
Dibawah ini adalah materinya.

Cara Menjernihkan Air

1.       Penyaringan
Penyaringan adalah salah satu cara penjernihan air dengan menyaring air dengan menggunakan berbagai bahan mulai dari kain, kapas, pasir, kerikil, ijuk, dan atau bahan lainnya untuk mendapatkan mutu air yang lebih baik.
2,       Perebusan
Perebusan adalah cara penjernihan air dengan cara dipanaskan hingga mendidih. Proses ini untuk membunuh bakteri, spora, ova, kista dan mensterilkan air.
3.       Disinfeksi kimia
Disinfeksi kimia merupakan teknik penjernihan air dengan memanfaatkan disinfektan atau bahan kimia yang bersifat toksik dan memiliki kemampuan membunuh mikroorganisme. Teknik penjernihan air dengan Disinfeksi kimia dapat dilakukan pada genangan air, air dalam sumur, dll.
4.       Bubuk pemutih
Bubuk pemutih adalah penjernihan air dengan menggunakan bubuk pemutih semisal tawas dan kapur gamping. 
5.       Tablet klorin
Tablet klorin adalah penjernihan air dengan menggunakan tablet klorin atau kaporit.
6.       Filter
Filter adalah penjernihan air dengan menggunakan filter air khusus yang dibuat oleh pabrikan tertentu. Yang biasa terdapat dipasaran adalah filter keramik ‘lilin’ dan UV filter.
7.       Desalinasi
Desalinasi adalah penjernihan air dengan serangkaian metode dan alat khusus yang memanfaatkan pemanasan dengan sinar matahari.

Cara - Cara  Penyaringan Air

Penyaringan air adalah salah satu metode atau teknik penjernihan air yang sederhana. Seorang pramuka penggalang dapat melakukan penyaringan air dengan beberapa cara, seperti: 
1.       Saringan air katun;
Merupakan teknik penyaringan air yang paling  sederhana. Air keruh disaring dengan menggunakan kain katun yang bersih, bertujuan untuk  membersihkan air dari kotoran dan organisme kecil yang ada dalam air keruh.
2.       Saringan kapas;
Air disaring dengan kapas yang diletakkan di dasar wadah yang diberi lubang. Bertujuan untuk membersihkan air dari kotoran dan organisme kecil yang ada dalam air keruh.
3.       Aerasi
Aerasi merupakan proses penjernihan air dengan cara mengisikan oksigen ke dalam air. Dengan diisikannya oksigen ke dalam air maka zat-zat seperti karbon dioksida  serta hidrogen sulfida dan metana yang mempengaruhi rasa dan bau dari air dapat dikurangi atau dihilangkan. Selain itu partikel mineral yang terlarut dalam air seperti besi dan mangan akan teroksidasi dan secara cepat akan membentuk lapisan endapan yang nantinya dapat dihilangkan melalui proses sedimentasi atau filtrasi.
4.       Saringan Pasir Lambat (SPL);
Saringan pasir lambat merupakan saringan air yang dibuat dengan menggunakan lapisan pasir pada bagian atas dan kerikil pada bagian bawah. Air bersih didapatkan  dengan jalan menyaring air baku melewati lapisan pasir terlebih dahulu baru kemudian melewati lapisan kerikil.
5.       Saringan Air Sederhana;
Penyaringan air dengan teknik saringan air sederhana merupakan modifikasi dari saringan pasir lambat. Pada saringan tradisional ini selain menggunakan pasir, kerikil, batu  dan arang juga ditambah satu buah lapisan injuk / ijuk yang berasal dari sabut kelapa.
6.       Saringan Sekam
Sekam adalah kulit padi yang dibakar dan masih berbentuk kulit padi dengan warna hitam (kulir padi yang dibakar tidak boleh menjadi abu. Caranya sekam dimasukan dalam kain tipis terlebih dahulu kemudian dimasukan kedalam ember yang bawah sudah dilubangi, Ukuran sekam kira kira 3/4 ember terisi. Kemudian ditindih oleh batu bata supaya tidak mengapung saat air yang akan disaring dimasukan ke ember. Apabila sudah siap air yang akan disaring tinggal dimasukan kedalam ember,

Semoga informasi ini bermanfaat. Saran dan masukan sangat berarti untuk perbaikan kedepan. mohon maaf atas segala kesasalahan dan kekuarangan. terima kasih atas kunjungannya.
Wassalamu'alaikum.Wr.Wb.

Post a Comment for "Cara Menjernihkan & Menyaring Air (Materi No 22 SKU Pramuka Penggalang Ramu)"