Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengurangi Dampak Negatif Literasi Media Masa

 

Assalamu,alaikum...Wr.Wb.
Semoga kita semua dalam lindungan Allah SWT. Amin. Tetap semangat dan terus melaksanakan perkuliahan. Pada kesempatan ini Admin mohon ijin berbagi informasi:
Untuk melihat Bacaan Al-Qur'an KLIK... TULISAN BIRU INI.
Untuk melihat Kegiatan Relegius KLIK... TULISAN BIRU INI.
Untuk melihat Lagu Lagu Nasioanal KLIK... TULISAN BIRU INI.
Untuk melihat Kegiatan Ekstra Kulikuler KLIK... TULISAN BIRU INI.
Untuk melihat Informasi KLIK... TULISAN BIRU INI.
Untuk melihat Tutorial E Kinerja KLIK... TULISAN BIRU INI.
Untuk melihat Tutorial Pendidikan / MySAPK KLIK... TULISAN BIRU INI.
Untuk melihat Tutorial Umum KLIK... TULISAN BIRU INI.
Untuk melihat Pembelajaran Kelas VI KLIK... TULISAN BIRU INI.
Untuk melihat Kegiatan Siswa Kelas VI KLIK... TULISAN BIRU INI.
Untuk melihat Kegiatan Siswa Kelas V KLIK... TULISAN BIRU INI.
Untuk melihat Taman Bermain KLIK... TULISAN BIRU INI.

Mohon izin untuk membahas.
Literasi Media Masa Untuk Mengurangi Dampak Negatifnya

Pada saat ini mungkin cara pandang kita terhadap media hanya sebatas penikmat, ini harus diubah menjadi pengamat melalui pendidikan literasi media. selain hiburan, media massa juga dapat memberikan informasi dan pendidikan. informasi dapat datang dalam berbagai bentuk dan terkadang sulit dipisahkan dari hiburan.

Banyak kita sebagai pengguna media massa terkadang belum sadar akan apa yang kita lakukan dengan media, apakah kita sedang hiburan atau menerima informasi atau bahkan sedang didoktrin secara halus melalui konten informasi dengan sudut pandang produsen informasi. 
Konten media seperti ini dapat secara implisit atau eksplisit memberikan tuntunan terhadap tindakan kita. Kita tidak sadar ada beberapa orang yang memiliki tingkatan berbeda dalam pengolahan kognitif, mereka dapat secara radikal mempengaruhi sudut pandang pengguna media (lebih dikenal dengan bahasa "pencucian otak")

Jika kesadaran kita sebagai bagian terkecil dari komunitas masyarakat lebih peka terhadap media, mungkin akan berdampak lebih baik. Posisi literasi media ini penting, karena literasi media bertujuan membangun kesadaran masyarakat terhadap media. 
"Literasi media adalah kemampuan untuk mengakses, menganalisa, mengevaluasi, dan membuat media dalam berbagai bentuk." (Daryono; 3.24)
Ada beberapa tujuannya dari literasi media antara lain 
  1. Kita sebagai konsumen media harus paham bagaimana operasi media,
  2. Kita konsumen media harus tahu bagaimana menyikapi media, dan
  3. Kita konsumen media harus bisa menentukan keberpihakan pada isi media yang benar atau baik.
Dengan tiga hal tersebut kita dapat mengontrol diri dalam menafsirkan media dan mengetahui bagaimana media mempengaruhi sudut pandang kita, yang dimaksud mengontrol diri adalah kita punya kemampuan untuk membedakan reaksi kita terhadap konten media, sehingga bisa menganalisis pesan yang disampaikan oleh media massa mempertimbangkan tujuan komersil dan politik dibalik suatu citra/ pesan media, dan meneliti siapa yang bertanggung jawab atas pesan atau ide yang diimplikasikan oleh pesan atau citra itu.

Tidak bisa dipungkiri otoritas dan kredibilitas media terlalu sulit dievaluasi, diakui atau tidak, biasanya kita cenderung mendukung media yang menyajikan konten informasi selaras dengan sudut pandang kita, dan biasanya juga kita menolak informasi yang kontennya tidak sesuai dengan sudut pandang kita.
Dengan literasi media kita diharapkan melek terhadap media dan pesan media massa dalam konteks komunikasi massa.

Perlu disadari bahwa di dunia ini antara kebaikan dan keburukan/kejahatan selalau ada, antara pahala dan dosa selalu silih berganti. Karena itu, manusia yang berpikir, maka harus dapat menghindari yang buruk-buruk dan menjalankan yang baik-baik.

Sumber 
Daryono, dkk. (2021), Belajar di Era Digital, Tangerang Selatan: Universitas Terbuka

Semoga informasi materi diatas bermanfaat. Mohon maaf atas kesalahan dan kekurangan, saran dan masukan sangat berarti untuk perbaikan kedepan, jika bermanfaat dan membantu silahkan di SHARE. Terima kasih atas kunjungannya.
Wassalamu'alaikum...Wr.Wb.

Post a Comment for "Cara Mengurangi Dampak Negatif Literasi Media Masa"