Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Media Pembelajaran Digital

 

Assalamu,alaikum...Wr.Wb.
Semoga kita semua dalam lindungan Allah SWT. Amin. Tetap semangat dan terus melaksanakan perkuliahan. Pada kesempatan ini Admin mohon ijin berbagi informasi:
Untuk melihat Bacaan Al-Qur'an KLIK... TULISAN BIRU INI.
Untuk melihat Kegiatan Relegius KLIK... TULISAN BIRU INI.
Untuk melihat Lagu Lagu Nasioanal KLIK... TULISAN BIRU INI.
Untuk melihat Kegiatan Ekstra Kulikuler KLIK... TULISAN BIRU INI.
Untuk melihat Informasi KLIK... TULISAN BIRU INI.
Untuk melihat Tutorial E Kinerja KLIK... TULISAN BIRU INI.
Untuk melihat Tutorial Pendidikan / MySAPK KLIK... TULISAN BIRU INI.
Untuk melihat Tutorial Umum KLIK... TULISAN BIRU INI.
Untuk melihat Pembelajaran Kelas VI KLIK... TULISAN BIRU INI.
Untuk melihat Kegiatan Siswa Kelas VI KLIK... TULISAN BIRU INI.
Untuk melihat Kegiatan Siswa Kelas V KLIK... TULISAN BIRU INI.
Untuk melihat Taman Bermain KLIK... TULISAN BIRU INI.

Mohon izin untuk membahas.
Media Pembelajaran Digital

Media bisa diartikan sebagai sarana berkomunikasi dan sumber informasi, mencakup semua hal yang memuat informasi di antara suatu sumber dan sipenerima, seperti televisi, video, diagram, bahan cetak, aplikasi, internet dan sejenisnya. sedangkan media digital adalah aktivitas konvergensi kreatif seni digital, ilmu pengetahuan, teknologi dan bisnis yang mengakomodasi ekspresi manusia dalam aktifitas berkomunikasi, berinteraksi sosial serta mengembangkan pendidikan.

Secara lebih khusus, biasanya dalam proses belajar mengajar, media lebih cenderung diartikan dengan alat-alat peraga grafis, foto grafis, atau elektronis untuk menangkap, memproses dan menyusun kembali informasi tekstua, visual dan verbal. artinya melalui media pembelajaran peserta didik memperoleh pesan dan informasi sehingga membentuk pegetahuan baru. Pemilihan dan penemempatan media digital harus mematuhi teori, prinsip, dan pedoman tentang cara orang memproses informasi dan belajar. Media pembelajaran yang dirancang secara baik akan sangat membantu peserta didik dalam mencerna dan memahami materi pelajaran. hal ini karena masing-masing jenis media pembelajaran memiliki karakteristik, kelebihan serta kekurangannya.

Seperti halnya video instruksional yang semakin populer karena lebih bervariasi dalam hal kualitas sehingga lebih digemari untuk kalangan muda yang menggunakannya sebagai media pembelajaran. ataupun media simulasi dan permainan instruksional, pembelajaran online, pembelajaran seluler, atau pun yang lebih canggih lagi seperti teknologi pembelajaran masa depan berupa kecerdasan buatan (artificial intelegent/AI) yang dapat beradaptasi dan memahami kebutuhan. 

Penggunaan Teknologi Informasi sebagai media pembelajaran sudah merupakan suatu tuntutan, walaupun perancangan media berbasis TI memerlukan keahlian husus, bukan berarti media tersebut harus dihindari dan ditinggalkan. Karena dengan penggunaan TI sebagai media pembelajaran akan mempunyai keguanaan yang bersifat memperjelas penyajian pesan agar tidak terlalu bersifat verbalis juga dapat mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan daya indra. 

Dalam hal ini tentulah penggunaan media pembelajaran dapat memperlancar proses pembelajaran dan mengoptimalkan hasil belajar untuk itu sebagai pembelajar seyogyanya mampu memilih dan mengembangkan media yang tepat agar proses belajar dapat berjalan lebih efektif dan efesien.

Sumber
Daryono, dkk. (2021), Belajar di Era Digital, Tangerang Selatan: Universitas Terbuka

Semoga informasi materi diatas bermanfaat. Mohon maaf atas kesalahan dan kekurangan, saran dan masukan sangat berarti untuk perbaikan kedepan, jika bermanfaat dan membantu silahkan di SHARE. Terima kasih atas kunjungannya.
Wassalamu'alaikum...Wr.Wb.

Post a Comment for "Media Pembelajaran Digital"