Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pembelajaran Digital

 

Assalamu,alaikum...Wr.Wb.
Semoga kita semua dalam lindungan Allah SWT. Amin. Tetap semangat dan terus melaksanakan perkuliahan. Pada kesempatan ini Admin mohon ijin berbagi informasi:
Untuk melihat Bacaan Al-Qur'an KLIK... TULISAN BIRU INI.
Untuk melihat Kegiatan Relegius KLIK... TULISAN BIRU INI.
Untuk melihat Lagu Lagu Nasioanal KLIK... TULISAN BIRU INI.
Untuk melihat Kegiatan Ekstra Kulikuler KLIK... TULISAN BIRU INI.
Untuk melihat Informasi KLIK... TULISAN BIRU INI.
Untuk melihat Tutorial E Kinerja KLIK... TULISAN BIRU INI.
Untuk melihat Tutorial Pendidikan / MySAPK KLIK... TULISAN BIRU INI.
Untuk melihat Tutorial Umum KLIK... TULISAN BIRU INI.
Untuk melihat Pembelajaran Kelas VI KLIK... TULISAN BIRU INI.
Untuk melihat Kegiatan Siswa Kelas VI KLIK... TULISAN BIRU INI.
Untuk melihat Kegiatan Siswa Kelas V KLIK... TULISAN BIRU INI.
Untuk melihat Taman Bermain KLIK... TULISAN BIRU INI.

Mohon izin untuk membahas.
Pembelajaran Digital

Keterbatasan bagi individu untuk menikmati proses perkuliahan menjadi sebuah hambatan tersendiri, ada regulasi sehingga koridor bagi tiap individu untuk belajar pada tingkat perguruan tinggi menjadi terbatas. mengingat animo pemerintah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa sesuai dengan amanah undang-undang, maka muncul program pembelajaran online alternatif untuk memudahkan setiap individu yang sifatnya fleksibel, tanpa batasan usia, waktu ataupun format kurikulum.

Munculnya pembelajaran digital seiring dengan berkembangnya teknologi infomasi dan komunikasi yang memungkinkan akses perguruan tinggi menjadi lebih terbuka dan menjangkau berbagai lapisan masyarakat, hal ini dikarenakan:
  • Biaya yang relatif lebih murah bila dibandingkan biaya pendidikan di perguruan tinggi.
  • Lebih bisa menjangkau setiap individu tanpa batasan usia.
  • Tidak terbatas waktu pelaksanana.
  • Format kurikulum yang terbatas.
Berbagai pendidikan tinggi alternatif yang berbasiskan pada pembelajaran digital menjadi sangat berperan penting, seperti kehadiran MOOCs (Masif Open Online Course) merupakan sebuah inovasi (yang menjadi solusi)  pembelajaran digital alternatif yang penting.

Dengan munculnya pembelajaran digital alternatif, maka perguruan tinggi juga harus bertransformasi misalnya dalam hal ijazah dan gelar. Komptensi spesifik dan fleksibel yang banyak dibutuhkan lingkungan pasar tenaga kerja, pun harus menjadi bahan pertimbangan untuk bertransformasi, misalnya dengan munculnya Nano Degre, Digital Badges, XSeries, Micro Master. 

Dalam hal bertransformasi tersebut bukan berarti mengganti atau menghapus eksistens ijazah dan gelar, tapi bisa juga menjadi tambahan spesifikasi keahlian formal untuk memeberikan kebutuhan pasar tenaga kerja. Untuk mendukung proses transformasi tersebut, misalnya bisa digunakan berbagai metode pencarian sumber belajar yang berkualits menggunakan search engine web dengan operator boolean. 

Hal ini untuk menghilangkan batasan pencarian materi perkuliahan dari dosen maupun materi lainnya yang direkomendasikan, karena di era digital materi pembelajaran lebih banyak disajikan dalam bentuk digital, sehingga cara dan metode membaca dan membuat catatan pun akan berbeda dengan cara konvensional. 

Namun walau demikian metode SQWR3R masih menjadi metode yang sangat populer untuk membaca efektif, tapi tentunya setiap orang memiliki pendekatan yang berbeda-beda.

Kesimpulannya adalah lembaga pendidikan tinggi harus segera bertransformasi dengan kemajuan teknologi informasi agar pembelajaran bisa dijangkau setiap lapisan masyarakat, untuk mendukung konsep pendidikan sepanjang hayat.

Sumber 
Daryono, dkk. (2021), Belajar di Era Digital, Tangerang Selatan: Universitas Terbuka

Semoga informasi materi diatas bermanfaat. Mohon maaf atas kesalahan dan kekurangan, saran dan masukan sangat berarti untuk perbaikan kedepan, jika bermanfaat dan membantu silahkan di SHARE. Terima kasih atas kunjungannya.
Wassalamu'alaikum...Wr.Wb.

Post a Comment for "Pembelajaran Digital"