Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Proses dan Thread


Assalamu,alaikum...Wr.Wb.
Semoga kita semua dalam lindungan Allah SWT. Amin. Tetap semangat dan terus melaksanakan perkuliahan. Pada kesempatan ini Admin mohon ijin berbagi informasi:

Mohon izin untuk membahas.
Proses dan thread 

Proses adalah sebuah program yang sedang aktif dijalankan oleh komputer. Dari mulai dibuat sampai selesai dieksekusi, proses mengalami pergantian keadaan (state) yang ditentukan oleh kondisi dan aktifitas yang dimiliki oleh proses saat itu, berupa : 
  • new (keadaan proses sedang dibuat), 
  • ready (siap dieksekusi dan menunggu CPU), 
  • running (proses sedang aktif dieksekusi oleh processor), 
  • waiting/blocked (proses menunggu intruksi/penerimaan sinyal respon dari perangkat I/O) atau 
  • terminated/exit (proses selesai dieksekusi). 
Ketika sebuah program dijalankan maka akan terbentuk proses-proses tersebut yang kemudian akan dieksekusi oleh CPU. Proses ini direpresentasikan oleh Proses Control Block (sebuah struktur data yang berisi seluruh informasi proses) mulai dari keadaan, prioritas, penggunaan sumber daya, dan lainnya. 

Dalam meng-eksekusi proses, CPU menggunkan unit dasar untuk mengendalikan aliran proses yang kemudian disebut dengan Thread. Pengendalian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbagi sumberdaya dalam proses, meningkatkan responsifitas program, dan kinerja core prosesor bisa lebih bagus, terutama pada kasus multithread proccess (proses dengan banyak thread) yang memuat beberapa aliran berbeda dalam suatu ruang alamat yang sama. 

Dengan bahasa sederhana "bisa dikatakan Proses dan thread adalah dua teknik yang digunakan oleh programmer untuk mengontrol prosesor dan pelaksanaan instruksi pada komputer dengan cara 
yang efisien dan efektif. Sebuah proses dapat berisi beberapa thread. Thread menyediakan cara yang efisien untuk berbagi memori meskipun beroperasi beberapa eksekusi dari proses. 

Oleh karena itu, thread merupakan alternatif untuk beberapa proses. Dengan tren yang berkembang menuju prosesor multi-core, thread akan menjadi alat yang paling penting dalam dunia programmer.

Sumber:
Sonasa Rinusantoro, 2020. Sistem Operasi, Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Semoga informasi materi diatas bermanfaat. Mohon maaf atas kesalahan dan kekurangan, saran dan masukan sangat berarti untuk perbaikan kedepan, jika bermanfaat dan membantu silahkan di SHARE. Terima kasih atas kunjungannya.
Wassalamu'alaikum...Wr.Wb.

Post a Comment for "Proses dan Thread "