Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sistem Informasi

 

Assalamu,alaikum...Wr.Wb.
Semoga kita semua dalam lindungan Allah SWT. Amin. Tetap semangat dan terus melaksanakan perkuliahan. Pada kesempatan ini Admin mohon ijin berbagi informasi:
Sistem Informasi, MK Sistem Operasi

Mohon izin untuk membahas.
Pertanyaan  tentang sistem operasi dibawah ini

Pertanyaan.
Seorang tenaga IT kantor travel akan memasang sebuah printer baru untuk dapat digunakan oleh staf frontdesk. Namun setelah dihubungkan, printer tersebut tidak langsung dapat digunakan. Analisis oleh anda mengapa hal tersebut terjadi?.
Jawaban
Pada dasarnya ada dua jenis antrian proses yang terdapat pada system operasi, yaitu:
  1. Antrian proses dengan keadaan ready
  2. Antrian proses yang sedang meminta respon dari perangkat I/O
Antrian proses ready adalah berisi proses yang sudah siap dieksekusi dan sedang menunggu CPU mengalokasikan untuk dieksekusi, sedangkan proses yang sedang meminta respon dari perangkat I/O disebut dengan keadaan Waiting/blocked.
Dalam hal printer yang sudah terhubung tidak dapat langsung digunakan karena beberapa kemungkinan, diantaranya:
  1. Driver printer belum diinstal
  2. Kabel yang menghubungkan sudah rusak
  3. Port USB untuk koneksi dari printer ke kopmputer sudah rusak
Hal ini menyebabkan proses yang sedang meminta respon dari perangkat menjadi terhambat atau mengalami blocking, yaitu proses yang memerlukan sesuatu untuk dapat melanjutkan eksekusinya, seperti respon dari peranti I/O atau bahkan menunggu proses lain sedang dieksekusi. Pada kejadian ini keadaan akan berubah dari running menjadi waiting atau disebut juga blocking. 
Namun ketika syarat yang ditunggu (driver telah diinstall, kabel pengoneksi sudah normal, port usb untuk printer juga tidak trouble) telah didapatkan dan proses siap kembali untuk dieksekusi, keadaan proses berubah menjadi kembali ready. dan printer pun sudah dapat digunakan. Dan proses selesai jika keadaan proses adalah terminated.

Pertanyaan
Dalam sebuah sistem operasi, Budi menjalankan banyak   alpacas  sehingga komputer yang digunakan terjadi “deadlock”. Analisis oleh Anda mengapa hal tersebut bisa terjadi!
Jawaban
  • Deadlock tersebut disebabkan karena terlalu banyak aplikasi dengan banyak proses yang saling menunggu sumber daya agar dapat menyelesaikan prosesnya namun saling mengunci, misalnya Terdapat proses A dan B yang saling membutuhkan sumber daya Y dan Z untuk menyelesaikan eksekusi proses. 
  • Pada suatu saat proses A mendapatkan sumber daya Y dan proses B mendapatkan sumber daya Z. 
  • Kemudian proses A membutuhkan sumber daya Z yang sedang digunakan proses B, dan proses B membutuhkan sumber daya Y yang sedang digunakan oleh proses A. tetapi keduanya hanya saling menunggu dan tidak ada yang mau melepas hingga waktu yang tidak menentu.
Proses saling menunggu ini akan terjadi bila terpenuhi empat syarat kondisi, yaitu
  1. Mutual exclusion; yaitu sumber daya hanya dapat digunakan oleh satu proses pada satu waktu
  2. Resource holding atau biasa disebut juga hold and wait; yaitu proses menahan sumber daya dan membutuhkan sumber daya lain untuk menyelesaikan proses
  3. Non-preemtion; yaitu proses hanya dapat melepaskan sumber daya setelah selesai digunkan dan tidak dapat disela
  4. Cilcular wait; yaitu proses saling menunggu proses lain untuk melepas dan melengkapi sumber daya
Deadlock dapat dicegah dengan cara meniadakan paling tidak salah satu dari empat kondisi Coffman, yaitu:
  1. Tidak usah dihiraukan, yaitu dengan mengasumsikan deadlock tidak akan pernah terjadi
  2. Deteksi dan pemulihan, biarkan terjadi, dideteksi, kemudian lakukan solusi yang ada untuk mengatasi permasalahan
  3. Penghindaran secara dinamis dengan pengalokasian sumber daya secara cermat dan tepat
  4. Pencegahan, dengan meniadakan satu dari empat kondisi Coffman
Kondisi ketika proses tidak pernah saling  mendapatkan sumber daya disebut starvation karena deadlock, hal ini juga bisa terjadi karena penjadwalan prioritas yang buruk. Solusinya adalah dengan mengimplementasikan metode aging, yaitu dengan cara menaikan prioritas proses sedikit demi sedikit pada proses berprioritas rendah.

Pertanyaan.
Sebuah sistem operasi dapat menjalankan beberapa program komputer secara bersamaan seperti mendengarkan musik sambil melakukan pengetikan. Menurut anda bagaimana hal tersebut dapat terjadi?
Jawaban.
Sebuah computer yang dapat menjalankan proses secara serempak biasa disebut system opeerasi multi-tugas (multi tasking computer). Untuk menciptakan keserempakan dibutuhkan penanganan khusus yang berbeda dengan computer berprogram dan berproses tunggal. Keserempakan ini dapat diimplementasikan dengan dua cara, yaitu:
  1. Memecah program-program yang menjadi beberapa proses kemudian melakukan proses secara bergantian dengan satu prosesor (multi programing)
  2. Menerapkan pemrosesan secara parallel dengan lebih dari satu pemroses (multi proccessing)
Keserempakan pada system computer dengan satu pemroses dicapai dengan melakukan pergantian pemrosesan antara satu proses dengna proses yang lain secara cepat. Keserempakan ini dapat dicapai seiring  kemajuan teknologi dalam meningkatkan kecepatan pemroses/prosesor. Pergantian pemrosesan yang sangat cepat, mencapai kecepatan milidetik, membuat program yang dijalankan seperti berjalan bersama-sama, padahal sebenarnya program tersebut dijalankan secara bergantian. Tentu saja syarat lain dari tercapainya keserempakan ini adalah pemecahan program menjadi proses-proses kecil yang independen, yaitu proses dapat dieksekusi secara tunggal  dan dapat dipisahkan dengan eksekusi proses lain walau masih dalam satu program.

Semoga informasi materi diatas bermanfaat. Mohon maaf atas kesalahan dan kekurangan, saran dan masukan sangat berarti untuk perbaikan kedepan, jika bermanfaat dan membantu silahkan di SHARE. Terima kasih atas kunjungannya.
Wassalamu'alaikum...Wr.Wb.

Post a Comment for "Sistem Informasi"