Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sistem Operasi

 
Sonasa (2020;1.4), mengatakan Sistem operasi itu memainkan peran sebagai wasit, dan mereka mengelola sumber daya bersama sebagai yang berjalan pada mesin fisik yang sama.
Misalnya:
  • Sistem operasi dapat menghentikan satu program dan memulai yg lain.
  • Sistem operasi mengisolasi aplikasi yang berbeda satu sama lainnya, sehingga jika ada bug dalam satu aplikasi maka tidak terpengaruh terhadap aplikasi lainya yang berjalan dalam mesin yang sama, dalam hal ini sistem operasi harus mempunyai imunitas untuk melindungi diri sendiri (misalnya dari virus, worm atau semacamnya).
Oleh sebab dalam satu sistem operasi terkadang berjalan beberapa aplikasi (multi tasking) yang berarti ketika beberapa aplikasi menggunakan satu sumber daya fisik yang sama, maka sistem operasi perlu memutuskan aplikasi mana yang mendapatkan prioritas sumber daya, dalam hal ini sistem operasi berfungsi sebagai wasit (Referee).

2.       OPERATING SYSTEMS PLAY ILLUSIONIST

Sonasa (2020;1.4), mengatakanSistem operasi ini memaikan peran sebagai ilusionis, mereka menyederhanakan desain aplikasi dari kompleksitas fisik perangkat keras. misalnya,untuk menulis "program hello world", tidak perlu memperhatikan berapa banyak memori fisik yang diperlukan dan dimiliki sistem, atau berapa banyak memori yang tersisa karena dipakai aplikasi lain. Hal ini karena sistem operasi memberikan:
  • Ilusi memori, (mungkin semacam memori virtual) yang hampir tak terbatas sebagai abstraksi atas jumlah memori fisik yang terbatas. 
  • Memberikan ilusi prosesor, bahwa setiap program memiliki prosesor komputer sepenuhnya untuk dirinya sendiri. 
Ilusi ini memungkinkan aplikasi untuk di tulis secara independen dari jumlah memori fisik pada sistem atau jumlah fisik prosesor.karna aplikasi ini ditulis ke tingkat abstraksi yang lebih tinggi, dan bebas untuk mengubah jumlah sumber daya yang ditetapkan untuk setiap aplikasi ketika aplikasi mulai dijalankan dan berhenti.

3.      OPERATINHG SYSTEMT PROVIDE GLUE

Sonasa (2020;1.4), mengatakan, Sistem operasi ini memainkan peran sebagai perekat, satu set layanan umum antar aplikasi. Dan manfaat penting dari layanan umum adalah untuk memfasilitasi berbagi antar aplikasi. Misalnya, memotong dan menempelkan pekerjaan secara seragam pada seluruh sistem dan file yang ditulis oleh satu aplikasi sehingga dapat dibaca oleh yang lain (fungsi atau web API).
Dalam bahasa sederhana mungklin bisa dikatakan bahwa semua aplikasi yang sering digunkan memiliki keterkaitan dengan perangkat input, output dan aplikasi itu sendiri, kerterikatan tersebut diatur oleh sistem operasi sehingga berfungsi sebagai perekat (Provide Glue)

Sumber:
  • Sonasa Rinusantoro, 2020. SISTEM OPERASI,  Univeristas Terbuka, Tangerang.

Semoga informasi materi diatas bermanfaat. Mohon maaf atas kesalahan dan kekurangan, saran dan masukan sangat berarti untuk perbaikan kedepan, jika bermanfaat dan membantu silahkan di SHARE. Terima kasih atas kunjungannya.
Wassalamu'alaikum...Wr.Wb.

Post a Comment for "Sistem Operasi"