Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Pra Siklus PTK


Assalamu'alaikum.Wr.Wb.
Semoga kita semua dalam lindungan Allah SWT. Amin. 
Pada kesempatan ini admin akan berbagi informasi tentang Pelaporan Penelitian Tindak Kelas (PTK), Khususnya membahas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Mata Pelajaran IPA Mata Pelajaran IPA Kelas III Semester 1 sebagai lampiran 2 Data Pra Siklus dalam Laporan PTK tidak membahas secara detail cara menyusun atau membuat KKM. 

Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) merupakan nilai terendah atau minimal yang harus diperoleh oleh siswa dalam setiap mata pelajaran dan dihitung setiap indikator dengan memperhatikan aspek kompleksitas, aspek daya dukung, dan aspek intake peserta didik supaya mencapai ketuntasan Kompetensi Dasar (KD) dan Standar Kompetensi (SK). KKM ini dibuat pada saat awal tahun pelajaran atau pada awal semester. 

Jadi ketika guru melaksanakan tes KD atau tes SK ternyata presentasi nilai perolehan siswa dibawah KKM dan presentasinya lebih besar dari jumlah siswa maka guru bisa melaksanakan PTK untuk mengetahui permasalahan dan mengatasinya.
Lembar KKM ini dimasukan dalam Lampiran 2 dalam pelaporan PTK sebagai bukti atau alasan dilaksankannya PTK oleh guru.

Dalam pelaporan PTK, lembar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) masuk dalam lampiran 2 Data Pra Siklus dengan susunan/urutan seperti dibawah ini:
  1. Lampiran 2 Data Pra Siklus
  2. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Mata Pelajaran IPA Mata Pelajaran IPA Kelas III Semester 1 
Susunan atau urutan diatas tidak baku dan bisa disesuaikan dengan keperluan. Jika dinilai artikel atau kegiatan ini dinilai bermanfaat silahkan untuk di SHARE KE REKAN REKAN caranya lihat paling bawah artikel ini ada ikon ikon medsos seperti pada gambar dibawah ini tinggal KLIK SAJA ikon medsos Bapak/Ibu kemudian kirim ke rekan rekan. 

Admin juga berbagi informasi tentang kegiatan admin dan siswa dalam berbagai kegiatan lomba baik di tingkat Kecamatan, Kabupaten, Provinsi, Nasional dan kegiatan lainnya. Semoga ini menjadi inspirasi siswa siswi lainnya untuk prestasi yang lebih baik lagi. 
Adapun kegiatannya dibawah ini:

Dibawah ini contoh penulisan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Mata Pelajaran IPA:

Contoh diatas bisa dimodifikasi oleh sesuai dengan kebutuhan. Selanjutnaya admin akan membahas yaitu tentang Program Semester (PROMES) Mata Pelajaran IPA Kelas III Semester 1 SILAHKAN KLIK TULISAN BIRU INI.
Semoga informasi ini bermanfaat. Saran dan masukan sangat berarti untuk perbaikan kedepan. Mohon maaf atas segala kesasalahan dan kekurangan. Terima kasih atas kunjungannya. Wassalamu'alaikum.Wr.Wb.

Post a Comment for "Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Pra Siklus PTK"