Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Download Soal PTS Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 Semester 1 K 2013 Rev 2017-2018-2019 TP 2020-2021


 
Assalamu'alaikum...
Penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik. Penilaian belajar peserta didik dilakukan oleh pendidik yang meliputi aspek: sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Penilaian sikap dilakukan oleh pendidik untuk memperoleh informasi deskriptif mengenai perilaku peserta didik. Penilaian pengetahuan dilakukan untuk mengukur penguasaan pengetahuan peserta didik, sedangkan penilaian keterampilan dilakukan untuk mengukur kemampuan peserta didik menerapkan pengetahuan dalam melakukan tugas tertentu. Penilaian hasil belajar oleh pendidik ini bertujuan untuk memantau dan mengevaluasi proses, kemajuan belajar, dan perbaikan hasil belajar peserta didik secara berkesinambungan. 
Saat ini orientasi pembuatan soal untuk penilaian diarahkan ke model asesmen Higher Order Thinking Skills (HOTS). Hal ini diterapkan dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan kecakapan abad 21, yaitu:
  1. Kemampuan menghadapi lingkungan yang terus berubah diperlukan Kualitas Karakter : Iman & taqwa, Rasa ingin tahu, Inisiatif, Gigih, Kemampuan beradaptasi, Kepemimpinan, Kesadaran sosial dan budaya.
  2. Kemampuan mengatasi Kompetensi/tantangan yang kompleks diperlukan Berpikir kritis/memecahkan masalah, Kreativitas, Komunikasi, Kolaborasi.
  3. Kemamapuan menerapkan keterampilan inti untuk kegiatan sehari-hari literasi Dasar : Baca tulis, Berhitung, Literasi sains, Literasi informasi teknologi dan komunikasi, Literasi keuangan, Literasi budaya dan kewarganegaraan
Bagaimanakan cara pembuatan soal HOTS?. Untuk membaca panduan cara pembuatan soal yang berorientasi Higher Order Thinking Skills (HOTS) silahkan KILK LINK Panduan Pembuatan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills)

Begitu juga halnya dengan PTS atau Penilaian Tengah Semester yang dilaksanakan diantara awal semester dan akhir sementer bertujuan untuk mengetahui informasi keberhasilan atau pencapaian kompetensi peserta didik sebagai bahan kajian untuk perbaikan dalam proses pembelajaran selanjutnya. Untuk mencapai tujuan dari penilaian tersebut diperlukan alat tes atau soal yang dibuat atau dirancang harus betul betul baik dan sistematis untuk mencapai hasil yang optimal. Pada kesempatan ini admin akan berbagi informasi Kompetisi Dasar yang dijadikan patokan dalam pembuatan soal PTS semester 1 dan contoh soalnya.

Dalam pembuatan soal PTS Tematik Integratif Kurikulum 2013 Revisi 2017 (Kls 1, 2, 4, dan 5) dan Revisi 2018 (Kls 3 dan 6) ada dua cara pembuatannya yaitu:
1. Pembuatan soal berdasarkan Tema.
2. Pembuatan soal berdasarkan Muatan Pelajaran (MP)

Berdasarakan Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2020-2021 direncanakan pelaksanaan Penilaian Tengah Semester (PTS) Semester 1 dimulai tanggal 21 sampai dengan 26 September 2020. Untuk contoh soal PTS Semester 1 bisa didownload dibawah ini sebagai bahan refensi pembuatan soal yang lebih baik dan bermutu. Semoga bermanfaat, mohon maaf banyak kekukarangan saran dan masukan sangat berarti untuk perbaikan kedepan. Terimakasih atas kunjungannya. 
Wassalamu'alaikum...
Dibawah ini pengelompokan Kompetensi Dasar berdasarkan Muatan Pelajaran dari Kelas 1 sampai dengan Kelas 6 sebagai acuan atau dasar dalam pembuatan kisi-kisi soal dan soal Penilaian Tengah Semester (PTS) Semester 1.

Kompeteisi Dasar (KD) Kelas 1 Tema 1 dan Tema 2 Kurukulum 2013 Revisi 2017 untuk Penilaian Tengah Semester (PTS) yaitu:
KD Muatan Pelajaran PPKn
1.2 Menunjukkan sikap patuh aturan agama yang dianut dalam kehidupan seharihari di rumah.
1.3 Menerima keberagaman karakteristik individu sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di rumah.
2.3 Menampilkan kebersamaan dalam keberagaman karakteristik individu di rumah.
2.2 Melaksanakan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
3.2 Mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari- hari di rumah.
3.3 Mengidentifikasi keberagaman karateristik individu di rumah.
4.2 Menceritakan kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
4.3 Menceritakan pengalaman kebersamaan dalam keberagaman karakteristik individu di rumah.

KD Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia
3.1 Menjelaskan kegiatan persiapan membaca permulaan (cara duduk wajar dan baik, jarak antara mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman buku, gerakan mata dari kiri ke kanan, memilih tempat dengan cahaya yang terang, dan etika membaca buku) dengan cara yang benar.
3.2 Mengemuka-kan kegiatan persiapan menulis permulaan (cara duduk, cara memegang pensil, cara menggerakkan pensil, cara meletakkan buku, jarak antara mata dan buku, pemilihan tempat dengan cahaya yang terang) yang benar secara lisan.
3.3 Menguraikan lambang bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa daerah atau bahasa daerah.
3.4 Menentukan kosakata tentang anggota tubuh dan pancaindra serta perawatannya melalui teks pendek (berupa gambar, tulisan, slogan sederhana, dan/atau syair lagu) dan eksplorasi lingkungan.
3.5 Mengenal kosakata tentang cara memelihara kesehatan melalui teks pendek (berupa gambar, tulisan, dan slogan sederhana) dan/atau eksplorasi lingkungan.
3.9 Merinci kosakata dan ungkapan perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara lisan dan tulis yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
3.11 Mencermati puisi anak/syair lagu (berisi ungkapan kekaguman, kebanggaan, hormat kepada orang tua, kasih sayang, atau persahabatan) yang diperdengarkan dengan tujuan untuk kesenangan.
4.1 Mempraktikkan kegiatan persiapan membaca permulaan (duduk wajar dan baik, jarak antara mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman buku, gerakan mata dari kiri ke kanan, memilih tempat dengan cahaya yang terang) dengan benar.
4.2 Mempraktikkan kegiatan persiapan menulis permulaan (cara duduk, cara memegang pensil, cara meletakkan buku, jarak antara mata dan buku, gerakan tangan atas-bawah,kiri-kanan, latihan pelenturan gerakan tangan dengan gerakan menulis di udara/pasir/ meja, melemaskan jari dengan mewarnai, menjiplak, menggambar, membuat garis tegak, miring, lurus, dan lengkung, menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf di tempat bercahaya terang) dengan benar
4.3 Melafalkan bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa daerah.
4.4 Menyampaikan penjelasan (berupa gambar dan tulisan) tentang anggota tubuh dan panca indera serta perawatannya menggunakan kosakata bahasa Indonesia dengan bantuan bahasa daerah secara lisan dan/atau tulis.
4.5 Mengemukakan penjelasan tentang cara memelihara kesehatan dengan pelafalan kosakata Bahasa Indonesia yang tepat dan dibantu dengan bahasa daerah
4.9 Menggunakan kosakata dan ungkapan yang tepat untuk perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara sederhana dalam bentuk lisan dan tulis.
4.11 Melisankan puisi anak atau syair lagu (berisi ungkapan kekaguman, kebanggaan, hormat kepada orang tua, kasih sayang, atau persahabatan) sebagai bentuk ungkapan diri

KD Muatan Pelajaran SBDP
3.1 Mengenal karya ekspresi dua dan tiga dimensi.
3.2 Mengenal elemen musik melalui lagu.
3.3 Mengenal gerak anggota tubuh melalui tari.
3.4 Mengenal bahan alam dalam berkarya.
4.1 Membuat karya ekspresi dua dan tiga dimensi.
4.2 Menirukan elemen musik melalui lagu.
4.3 Memeragakan gerak anggota tubuh melalui tari.
4.4 Membuat karya dari bahan alam.

KD Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
1.1   Terbiasa membaca basmalah setiap memulai belajar Al-Qur’an.
1.2   Terbiasa membaca Al-Qur’an dengan tartil.
1.5   Menerima adanya Allah Swt. Maha Pengasih, Maha Penyayang dan Maharaja.
1.3   Menerima adanya Allah Swt. yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang.
1.4   Menerima keesaan Allah Swt. berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan makhluk ciptaan-Nya yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah.
1.17  Meyakini kebenaran kisah Nabi Muhammad saw.
2.1   Menunjukkan perilaku percaya diri sebagai implementasi dari pemahaman huruf-huruf hijaiyyah dan harakatnya.
2.2  Menunjukkan sikap kasih sayang dan peduli kepada sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Fatihah dan Q.S. Al-Ikhlas.
2.3    Menunjukkan perilaku percaya diri sebagai implementasi dari pemahaman adanya Allah Swt.
2.4    Menunjukkan perilaku percaya diri sebagai implementasi dari pemahaman keesaan Allah Swt.
2.5   Menunjukkan sikap kasih sayang, peduli, kerjasama dan percaya diri sebagai implementasi dari pemahaman Asma'ul Husna: Ar- Rahman, Ar-Rahim, Al-Malik.
2.17 Menunjukkan sikap jujur dan kasih sayang sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.
3.1    Mengetahui huruf-huruf hijaiyyah dan harakatnya secara lengkap.
3.2    Memahami pesan-pesan pokok Q.S Al-Fatihah, dan Al-Ikhlas.
3.3    Memahami adanya Allah Swt. yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang.
3.4   Memahami keesaan Allah Swt. berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan makhluk ciptaan-Nya yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah
3.5    Memahami makna Asmā'ul Husna: Ar-Rahman, Ar-rahim, dan Al-Malik.
3.17  Memahami kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.
4.5    Melafalkan Asma'ul Husna: Ar-Rahman, Ar-Rahim, dan Al-Malik.
4.2.1 Melafalkan Q.S. Al-Fatihah dan Q.S. dan Al-Ikhlas dengan benar dan jelas.
4.2.2 Menghafal Q.S. Al-Fatihah dan Q.S. Al-Ikhlas dengan benar dan jelas.
4.3    Menunjukkan bukti-bukti adanya Allah Swt. yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang.
4.4  Menunjukkan bukti-bukti keesaan Allah Swt. berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan makhluk ciptaan-Nya yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah.
4.17  Menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.

KD Mata Pelajaran  Matematika
3.1 Menjelaskan makna bilangan cacah sampai dengan 99 sebagai banyak anggota suatu kumpulan objek.
3.2 Menjelaskan bilangan sampai dua angka dan nilai tempat penyusun lambang bilangan menggunakan kumpulan benda konkret serta cara membacanya.
3.3 Membandingkan dua bilangan sampai dua angka dengan menggunakan kumpulan benda- benda konkret.
3.4 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan.
3.5 Mengenal pola bilangan yang berkaitan dengan kumpulan benda/gambar/ gerakan atau lainnya.
3.6 Mengenal bangun ruang dan bangun datar dengan menggunakan berbagai benda konkret.
4.1 Menyajikan bilangan cacah sampai dengan 99 yang bersesuaian dengan banyak anggota kumpulan objek yang disajikan.
4.2 Menuliskan lambang bilangan sampai dua angka yang menyatakan banyak anggota suatu kumpulan objek dengan ide nilai tempat.
4.3 Mengurutkan bilanganbilangan sampai dua angka dari bilangan terkecil ke bilangan terbesar atau sebaliknya dengan menggunakan kumpulan benda-benda konkret.
4.4 Menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99
4.5 Memprediksi dan membuat pola bilangan yang berkaitan dengan kumpulan benda/gambar/gerakan atau lainnya.
4.6 Mengelompokkan bangun ruang dan bangun datar berdasarkan sifat tertentu dengan menggunakan berbagai benda konkret.

KD Mata Pelajaran  PJOK
3.1 Memahami gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
3.2 Memahami gerak dasar non-lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
3.4 Memahami menjaga sikap tubuh (duduk, membaca, berdiri, jalan), dan bergerak secara lentur serta seimbang dalam rangka pembentukan tubuh melalui permainan sederhana dan atau tradisional
3.8 Memahami bagian-bagian tubuh, bagian tubuh yang boleh dan tidak boleh disentuh orang lain, cara menjaga kebersihannya, dan kebersihan pakaian.
4.1 Mempraktikkan gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.2 Mempraktikkan gerak dasar non-lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.4 Mempraktikkan sikap tubuh (duduk, membaca, berdiri, jalan), dan bergerak secara lentur serta seimbang dalam rangka pembentukan tubuh melalui permainan sederhana dan atau tradisional
4.8 Menceritakan bagian-bagian tubuh, bagian tubuh yang boleh dan tidak boleh disentuh orang lain, cara menjaga kebersihannya, dan kebersihan pakaian.

Kompeteisi Dasar (KD) Kelas 2 Tema 1 dan Tema 2 Kurukulum 2013 Revisi 2017 untuk Penilaian Tengah Semester (PTS) yaitu:
KD Muatan Pelajaran PPKn
1.1 Menerima hubungan gambar bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas dan sila-sila Pancasila sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
1.2 Menunjukkan sikap patuh aturan agama yang dianut dalam kehidupan seharihari di sekolah.
2.1 Bersikap bekerja sama, disiplin, dan peduli sesuai sila-sila Pancasila dalam lambang negara ‘Garuda Pancasila” dalam kehidupan sehari-hari.
2.2 Melaksanakan aturan yang berlaku di rumah dan tata tertib yang berlaku di sekolah.
3.1 Mengidentifikasi hubungan antara simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila.
3.2 Mengidentifikasi aturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah.
4.1 Menjelaskan hubungan gambar pada lambang negara dengan sila-sila Pancasila.
4.2 Menceritakan kegiatan sesuai aturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah.

KD Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia
3.1 Merinci ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun.
3.2 Menguraikan kosakata dan konsep tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
4.1 Menirukan ungkapan, ajakan, perintah, penolakan dalam cerita atau lagu anak-anak dengan bahasa yang santun
4.2 Melaporkan penggunaan kosakata bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual.

KD Muatan Pelajaran SBDP
3.1 Mengenal karya imajinatif dua dan tiga dimensi
3.2 Mengenal pola irama sederhana melalui lagu anak-anak
3.3 Mengenal gerak keseharian dan alam dalam tari
3.4 Mengenal pengolahan bahan alam dan bahan buatan dalam berkarya
4.1 Membuat karya imajinatif dua dan tiga dimensi
4.2 Menampilkan pola irama sederhana melalui lagu anak-anak
4.3 Meragakan gerak keseharian dan alam dalam tari
4.4 Membuat hiasan dari bahan alam dan buatan

Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
1.1  Terbiasa membaca basmalah setiap memulai belajar Al-Qur’an.
1.2  Terbiasa membaca Al-Qur’an dengan tartil.
1.5  Menerima adanya Allah Swt. Yang Mahasuci, Maha Pemberi Keselamatan, dan Maha Pencipta.
1.15 Meyakini kebenaran kisah Nabi Muhammad saw.
2.1 Menunjukkan perilaku percaya diri sebagai implementasi dari pemahaman huruf hijaiyyah bersambung.
2.2  Menunjukkan sikap berlindung diri kepada Allah Swt. dan saling menasehati sebagai implementasi dari pemahaman makna Q.S. An-Nas dan Q.S. Al-‘Asr.
2.5  Menunjukkan perilaku rendah hati, damai, dan bersyukur sebagai implementasi dari pemahaman makna Al-Asmaul Al-Husna: Al-Quddus, As- Salam, dan Al-Khaliq.
2.15 Menunjukkan sikap jujur dan kasih sayang sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.
3.1  Mengetahui huruf hijaiyyah bersambung sesuai makharijul huruf.
3.2  Memahami pesan-pesan pokok Q.S. An-Nas dan Q.S. Al-‘Asr.
3.5  Memahami makna Al-Asmaul Al-Husna, Al-Quddu, As-Salam, dan Al-Khaliq.
3.15 Memahami kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.
4.1   Melafalkan huruf hijaiyyah bersambung sesuai dengan makharijul huruf.
4.2.1 Melafalkan Q.S. An-Nas dan Al-‘Asr dengan benar dan jelas.
4.2.2 Menghafal Q.S. An-Nas dan Al-‘Asr dengan benar dan jelas.
4.5    Melafalkan Al-Asmaul Al-Husna: Al-Quddus, As-Salam, dan Al-Khaliq.
4.15  Menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.

KD Mata Pelajaran Matematika
3.1 Menjelaskan makna bilangan cacah dan menentukan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan menggunakan model konkret serta cara membacanya
3.2 Membandingkan dua bilangan cacah.
3.3 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 999 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan.
3.4 Menjelaskan perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali sampai dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan perkalian dan pembagian.
4.1 Membaca dan menyajikan bilangan cacah dan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan menggunakan model konkret
4.2 Mengurutkan bilanganbilangan dari bilangan terkecil ke bilangan terbesar atau sebaliknya.
4.3 Menyelesaikan masalah penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan 999 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan
4.4 Menyelesaikan masalah perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali sampai dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan perkalian dan pembagian.

KD Mata Pelajaran PJOK
3.1 Memahami variasi gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
3.2 Memahami variasi gerak dasar nonlokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.1 Mempraktikkan variasi gerak dasar lokomotor sesuai dengankonsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
4.2 Mempraktikkan variasi gerak dasar nonlokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.

Kompeteisi Dasar (KD) Kelas 3 Tema 1 dan Tema 2 Kurukulum 2013 Revisi 2018 untuk Penilaian Tengah Semester (PTS) yaitu:
KD Muatan Pelajaran PPKn
1.1. Menerima arti bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas pada lambang negara “Garuda Pancasila” sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
1.3 Mensyukuri keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
1.4 Mensyukuri makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
2.1 Bersikap jujur, peduli, kasih sayang sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
2.3 Menampilkan kebersamaan dalam keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar
2.4 Menampilkan sikap kerja sama sebagai wujud bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar.
3.1 Memahami arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”.
3.3 Menjelaskan makna keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar.
3.4 Memahami makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar.
4.1 Menceritakan arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”.
4.3 Menyajikan makna keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar.
4.4 Menyajikan bentukbentuk kebersatuan dalam keberagaman di lingkungan sekitar.

KD Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia
3.4 Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
3.5 Menggali informasi tentang cara-cara perawatan tumbuhan dan hewan melalui wawancara dan/atau eksplorasi lingkungan.
3.8 Menguraikan pesan dalam dongeng yang disajikan secara lisan, tulis, dan visual dengan tujuan untuk kesenangan
4.4 Menyajikan laporan tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dalam kalimat efektif
4.5 Menyajikan hasil wawancara tentang cara-cara perawatan tumbuhan dan hewan dalam bentuk tulis dan visual menggunakan kosa kata baku dan kalimat efektif
4.8 Memeragakan pesan dalam dongeng sebagai bentuk ungkapan diri menggunakan kosa kata baku dan kalimat efektif

KD Muatan Pelajaran SBDP
3.1 Mengetahui unsur-unsur seni rupa dalam karya dekoratif.
3.2 Mengetahui bentuk dan variasi pola irama dalam lagu.
3.3 Mengetahui dinamika gerak tari.
3.4 Mengetahui teknik potong, lipat, dan sambung.
4.1 Membuat karya dekoratif.
4.2 Menampilkan bentuk dan variasi irama melalui lagu.
4.3 Meragakan dinamika gerak tari.
4.4 Membuat karya dengan teknik potong, lipat, dan sambung.

Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
1.1  Terbiasa membaca Al-Qur’an dengan tartil.
1.2  Meyakini hadis yang terkait dengan perilaku mandiri, percaya diri, dan tanggung jawab.
1.3 Meyakini keesaan Allah Yang Maha Pencipta berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan makhluk ciptaan Nya yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah.
1.4   Meyakini adanya Allah Swt. Yang Maha Pemberi, Maha Mengetahui dan Maha Mendengar.
1.14 Meyakini kebenaran kisah Nabi Muhammad saw.
2.1  Menunjukkan sikap peduli terhadap sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S.Al-Nasr dan Q.S. Al-Kausar.
2.2 Menunjukkan perilaku mandiri, percaya diri, dan tanggung jawab.
2.3 Menunjukkan sikap kerja sama sebagai implementasi dari pemahaman keesaan Allah Swt.
2.4 Menunjukkan sikap peduli, berbuat baik dan berhati-hati sebagai implementasi dari pemahaman Asmaul Husna: Al-Wahhab, Al-‘Alim, dan As-Sami‘.
2.14 Menunjukkan sikap percaya diri dan mandiri sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.
3.1  Mengetahui keesaan Allah Yang Maha Pencipta Memahami makna Q.S. An-Nasr dan Al-Kausar.
3.2  Memahami hadis yang terkait dengan perilaku mandiri, percaya diri, dan tanggung jawab.
3.3 Memahami keesaan Allah Yang Maha Pencipta berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan makhluk ciptaan-Nya yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah.
3.4   Memahami makna Asmaul Husna: Al-Wahhab, Al-‘Alim, dan As-Sami‘.
3.14 Memahami kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW.
4.1.1 Membaca kalimat-kalimat dalam Q.S. An-Nasr dan Al-Kausar dengan benar.
4.1.2 Menulis kalimat-kalimat dalam Q.S. An-Nasr dan Al-Kausar dengan benar.
4.1.3 Menghafal Q.S. An-Nasr dan Al-Kausar dengan lancar.
4.2  Mencontohkan perilaku mandiri, percaya diri, dan tanggung jawab sebagai implementasi makna hadis yang terkandung.
4.3  Melakukan pengamatan terhadap diri dan makhluk ciptaan Allah yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah sebagai implementasi iman terhadap keesaan Allah Yang Maha Pencipta.
4.4   Membaca Asmaul Husna: Al-Wahhab, Al-‘Alim, dan As-Sami‘ dengan jelas dan benar.
4.14 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW.

KD Mata Pelajaran Matematika
3.1 Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.
3.2 Menjelaskan bilangan cacah dan pecahan sederhana (seperti, dan) yang disajikan pada garis bilangan
4.1 Menyelesaikan masalah yang melibatkan penggunaan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.
4.2 Menggunakan penyajian bilangan cacah dan pecahan sederhana (seperti, dan) yang disajikan pada garis bilangan

KD Mata Pelajaran PJOK
3.1 Memahami kombinasi gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
3.2 Memahami kombinasi gerak dasar non-lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
4.1 Mempraktikkan kombinasi gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.2 Mempraktikkan gerak kombinasi gerak dasar nonlokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional

Kompeteisi Dasar (KD) Kelas 4 Tema 1 dan Tema 2 Kurukulum 2013 Revisi 2017 untuk Penilaian Tengah Semester (PTS) yaitu:
KD Muatan Pelajaran PPKn
1.1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
1.4 Mensyukuri berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
2.1 Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
2.4 Menampilkan sikap kerja sama dalam berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
3.4  Mengidentifikasi berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
4.4 Menyajikan berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.

KD Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia
3.1 Mencermati gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual.
3.2  Mencermati keterhubungan antargagasan yang didapat dari teks lisan, tulis, atau visual.
4.1 Menata informasi yang didapat dari teks berdasarkan keterhubungan antargagasan ke dalam kerangka tulisan.
4.2  Menyajikan hasil pengamatan tentang keterhubungan antar gagasan ke dalam tulisan.

KD Muatan Pelajaran IPA
3.6 Menerapkan sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indera pendengaran.
4.6 Menyajikan laporan hasil percobaan tentang sifatsifat bunyi.

KD Muatan Pelajaran IPS
3.2 Mengidentifikasi keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia; serta hubungannya dengan karakteristik ruang.
4.2 Menyajikan hasil identifikasi mengenai keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia; serta hubungannya dengan karakteristik ruang.

KD Muatan Pelajaran SBDP
3.3 Memahami dasar-dasar gerak tari daerah.
4.3 Meragakan dasar-dasar gerak tari daerah.

Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
1.1 Menerapkan ketentuan syariat Islam dalam bersuci dari hadas kecil dan hadas besar.
1.2 Menunaikan £alat secara tertib sebagai wujud dari penghambaan diri kepada Allah Swt.
1.3 Menerapkan kebajikan sebagai implementasi dari pemahaman ibadah salat.
2.1 Memiliki sikap jujur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. At-Taubah/9:119.
2.2 Memiliki perilaku hormat dan patuh kepada Orang tua, dan guru dan sesama anggota keluarga sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Lukman/31:14.
2.3 Memiliki sikap santun dan menghargai teman, baik di rumah, sekolah, dan di masyarakat sekitar sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Hadid/57:9.
3.1 Mengetahui Allah itu ada melalui pengamatan terhadap makhluk ciptaan-Nya di sekitar rumah dan sekolah.
3.2 Mengerti makna iman kepada malaikat-malaikat Allah berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan alam sekitar.
3.3 Mengerti makna Asmaul Husna: Al-Basir, Al-‘Adl, Al-Azim.
4.1 Melakukan pengamatan terhadap makhluk ciptaan Allah di sekitar rumah dan sekolah sebagai upaya mengenai Allah itu ada.
4.2 Melakukan pengamatan diri dan alam sekitar sebagai implementasi makna iman kepada malaikat-malaikat Allah.
4.3 Membaca Asmaul Husna: Al-Basir, Al-‘Adl, Al-‘Azim dan maknanya.
4.5.1 Memberikan contoh-contoh makna ibadah salat.
4.5.2 Menceritakan pengalaman melaksanakan salat di rumah dan masjid lingkungan sekitar rumah.

KD Mata Pelajaran Matematika
3.1 Menjelaskan pecahan-pecahan senilai dengan gambar dan model konkret.
3.2 Menjelaskan berbagai bentuk pecahan (biasa, campuran, desimal, dan persen) dan hubungan diantaranya.
3.3  Menjelaskan dan melakukan penaksiran dari jumlah, selisih, hasil kali, dan hasil bagi dua bilangan cacah maupun pecahan dan desimal.
3.4  Menjelaskan faktor dan kelipatan suatu bilangan
3.5  Menjelaskan bilangan prima.
3.6 Menjelaskan dan menentukan faktor persekutuan, faktor persekutuan terbesar (FPB), kelipatan persekutuan, dan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dari dua bilangan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
4.1 Mengidentifikasi pecahan-pecahan senilai dengan gambar dan model konkret.
4.2 Mengidentifikasi berbagai bentuk pecahan (biasa, campuran, desimal, dan persen) dan hubungan diantaranya.
4.3 Menyelesaikan masalah penaksiran dari jumlah, selisih, hasil kali, dan hasil bagi dua bilangan cacah maupun pecahan dan desimal.
4.4  Mengidentifikasi faktor dan kelipatan suatu bilangan
4.5  Mengidentifikasi bilangan prima.
4.6 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan faktor persekutuan, faktor persekutuan terbesar (FPB), kelipatan persekutuan, dan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dari dua bilangan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.

KD Mata Pelajaran PJOK
3.1 Memahami variasi gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam permainan bola besar sederhana dan atau tradisional.
3.2 Memahami variasi gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam permainan bola kecil sederhana dan atau tradisional.
4.1 Mempraktikkan variasi gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam permainan bola besar sederhana dan atau tradisional.
4.2 Mempraktikkan variasi gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam permainan bola kecil sederhana dan atau tradisional.

Kompeteisi Dasar (KD) Kelas 5 Tema 1 dan Tema 2 Kurukulum 2013 Revisi 2017 untuk Penilaian Tengah Semester (PTS) yaitu:
KD Muatan Pelajaran PPKn
1.1 Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
1.2 Menghargai kewajiban,hak, dan tanggung jawab sebagai warga masyarakat dan umat beragama dalam kehidupan sehari-hari
2.1 Bersikap tanggung jawab, cinta tanah air, dan rela berkorban sesuai nilai-nilai sila Pancasila.
2.2 Menunjukkan sikap tanggung jawab dalam memenuhi kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari
3.1 Mengidentifikasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
3.2 Memahami hak, kewajiban dan tanggung jawab sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari
4.1 Menyajikan hasil identifikasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
4.2 Menjalankan hak, kewajiban, dan tanggung jawab sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari

KD Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia
3.1 Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis.
3.2 Mengklasifikasi informasi yang didapat dari buku ke dalam aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana
4.1 Menyajikan hasil identifikasi pokok pikiran dalam teks tulis dan lisan secara lisan, tulis, dan visual.
4.2 Menyajikan hasil klasifikasi informasi yang didapat dari buku yang dikelompokkan dalam aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana menggunakan kosakata baku

KD Muatan Pelajaran IPA
3.1 Menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan alat gerak manusia.
3.2. Menjelaskan organ pernapasan dan fungsinya pada hewan dan manusia, serta cara memelihara kesehatan organ pernapasan manusia
4.1 Membuat model sederhana alat gerak manusia dan hewan.
4.2. Membuat model sederhana organ pernapasan manusia

KD Muatan Pelajaran IPS
3.1 Mengidentifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/ maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi serta transportasi.
3.3. Menganalisis peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya untuk memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa
4.1 Menyajikan hasil identifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/ maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi serta transportasi.
4.3 Menyajikan hasil analisis tentang peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya untuk memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa

KD Muatan Pelajaran SBDP
3.1 Memahami gambar cerita.
3.2 Memahami tangga nada.
3.3 Memahami pola lantai dalam tari kreasi daerah
4.1 Membuat gambar cerita.
4.2 Menyanyikan lagu-lagu dalam berbagai tangga nada dengan iringan musik
4.3 Mempraktikkan pola lantai pada gerak tari kreasi daerah

Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
1.1 Terbiasa membaca al-Qur'an dengan tartil.
1.2 Meyakini adanya Allah Swt. Yang Maha Mematikan, Mahahidup, Maha Berdiri Sendiri dan Maha Esa.
1.4 Meyakini adanya kitab-kitab suci melalui rasul-rasul-Nya sebagai implementasi rukun iman.
2.1 Menunjukkan sikap saling mengingatkan dan berpegang teguh sebagai implementasi pemahaman Q.S. At-Tin dan Q.S. Al-Fil.
2.2 Menunjukkan sikap berani, peduli, mandiri, dan teguh pendirian sebagai implementasi pemahaman makna Al-Asmau Al-Husna: Al-Mumit, Al-Hayy, Al- Qayyum, dan Al-Ahad.
2.4 Menunjukkan sikap percaya diri sebagai implementasi pemahaman makna diturunkannya kitab-kitab suci melalui rasul-rasul-Nya.
3.1 Memahami makna Q.S. At-Tin dan Q.S. Al-Fil dengan benar.
3.2 Memahami makna al-Asmau Al- Husna: Al-Mumit, Al-Hayyu, Al-Qayyum, dan Al-Ahad.
3.4 Memahami makna diturunkannya kitab-kitab suci melalui rasul-rasul-Nya sebagai implementasi rukun iman.
4.1.1 Membaca Q.S. At-Tin dan Q.S. Al-Fil dengan baik dan benar.
4.1.2 Menulis kalimat-kalimat dalam Q.S. At-Tin dan Q.S. Al-Fil dengan baik dan benar.
4.1.3 Menunjukkan hafalan Q.S. At-Tin dan Q.S. Al-Fil dengan baik dan benar.
4.2 Membaca Al-Asmau Al-Husna: Al-Mumit, Al-Hayyu, Al-Qayyum, dan Al-Ahad dengan jelas dan benar.
4.4 Menunjukkan makna diturunkannya kitab-kitab suci melalui rasul-rasul-Nya sebagai implementasi rukun iman.

KD Mata Pelajaran Matematika
3.1  Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan dua pecahan dengan penyebut berbeda.
3.2  Menjelaskan dan melakukan perkalian dan pembagian pecahan dan desimal.
3.3 Menjelaskan perbandingan dua besaran yang berbeda (kecepatan sebagai perbandingan jarak dengan waktu, debit sebagai perbandingan volume dan waktu).
4.1  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan dua pecahan dengan penyebut berbeda.
4.2  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perkalian dan pembagian pecahan dan desimal.
4.3 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbandingan dua besaran yang berbeda (kecepatan, debit).

KD Mata Pelajaran PJOK
3.1 Memahami kombinasi gerak lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional.
4.1 Mempraktikkan kombinasi gerak lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional.
3.2 Memahami kombinasi gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai permainan bola kecil sederhana dan atau tradisional.
4.2 Mempraktikkan kombinasi gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai permainan bola kecil sederhana dan atau tradisional.

Kompeteisi Dasar (KD) Kelas 6 Tema 1 dan Tema 2 Kurukulum 2013 Revisi 2018 untuk Penilaian Tengah Semester (PTS) yaitu:
KD Muatan Pelajaran PPKn
1.1 Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas nilainilai Pancasila secara utuh sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari .
1.4 Mensyukuri persatuan dan kesatuan sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa beserta dampaknya.
2.1 Bersikap penuh tanggung jawab sesuai nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
2.4 Menampilkan sikap tanggung jawab terhadap penerapan nilai persatuan dan kesatuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
3.1 Menganalisis penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehdupan sehari-hari
3.4 Menelaah persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara beserta dampaknya.
4.1 Menyajikan hasil analisis pelaksanaan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
4.4 Menyajikan hasil telaah persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara beserta dampaknya.

KD Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia
3.1 Menyimpulkan informasi berdasarkan teks laporan hasil pengamatan yang didengar dan dibaca.
3.4 Menggali informasi penting dari buku sejarah menggunakan aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana.
4.1 Menyajikan simpulan secara lisan dan tulis dari teks laporan hasil pengamatan atau wawancara yang diperkuat oleh bukti.
4.4 Memaparkan informasi penting dari buku sejarah secara lisan, tulis, dan visual dengan menggunakan aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana serta memperhatikan penggunaan kosakata baku dan kalimat efektif.

KD Muatan Pelajaran IPA
3.1 Membandingkan cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan.
3.3. Menganalisis cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan.
4.1 Menyajikan karya tentang perkembangangbiakan tumbuhan.
4.3 Menyajikan karya tentang cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungannya, sebagai hasil penelusuran berbagai sumber.

KD Muatan Pelajaran IPS
3.1 Mengidentifikasi karakteristik geografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi, politik di wilayah ASEAN.
3.4 Memahami makna proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan, dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera.
4.1 Menyajikan hasil identifikasi karakteristik geografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi, dan politik di wilayah ASEAN.
4.4 Menyajikan laporan tentang makna proklamasi kemerdekaan, upaya  mempertahankan kemerdekaan, dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera.

KD Muatan Pelajaran SBDP
3.3 Memahami penampilan tari kreasi daerah.
3.4 Memahami patung.
4.3 Menampilkan tari kreasi daerah.
4.4 Membuat patung.

KD Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
1.1  Terbiasa membaca Al-Qur’an dengan tartīl
1.3  Meyakini adanya hari akhir sebagai implementasi pemahaman Rukun Iman
2.1 Menunjukkan perilaku toleran, simpati, waspada, berbaik sangka, dan hidup rukun sebagai implementasi pemahaman Q.S. Al-Kafirun, Q.S. Al-Ma’idah/5:2-3 dan Q.S. Al- Hujarat/49:12-13.
2.3 Menunjukkan perilaku rendah hati yang mencerminkan iman kepada hari akhir
3.1 Memahami makna Q.S. Al-Kafirun, Q.S. Al-Ma’idah/5:2-3 dan Q.S. Al-Hujarat/49:12-13 dengan benar
3.3 Memahami hikmah beriman kepada hari akhir yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia
4.1.1 Membaca Q.S. Al-Kafirun, Q.S. Al-Ma’idah/5:2-3 dan Q.S. Al-Hujurat/49:12-13 dengan jelas dan benar
4.1.2  Menulis Q.S. Al-Kafirun, Q.S.Al-Ma’idah/5:2-3 dan Q.S. Al-Hujarat/49:12-13 dengan benar
4.1.3 Menunjukkan hafalan Q.S. Al-Kafirun, Q.S. Al-Ma’idah/5:2-3 dan Q.S. Al-Hujarat/49:12-13 dengan benar
4.3   Menunjukkan contoh hikmah beriman kepada hari akhir yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia

KD Mata Pelajaran Matematika
3.1 Menjelaskan bilangan bulat negatif (termasuk menggunakan garis bilangan)
3.2 Menjelaskan dan melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian yang melibatkan bilangan bulat negatif
3.3 Menjelaskan dan melakukan operasi hitung campuran yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/atau desimal dalam berbagai bentuk sesuai urutan operasi
4.1 Menggunakan konsep bilangan bulat negatif (termasuk menggunakan garis bilangan) untuk menyatakan situasi sehari-hari
4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian yang melibatkan bilangan bulat negatif dalam kehidupan sehari-hari.
4.3 Menyelesaikan masalah yang berkaitan hitung campuran yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/atau desimal dalam berbagai bentuk sesuai urutan operasi

KD Mata Pelajaran PJOK
3.1  Memahami variasi dan kombinasi gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif dengan kontrol yang baik dalam permainan bolabesar sederhana dan atau tradisional.
3.3  Memahami variasidan kombinasi gerak dasar jalan, lari, lompat, dan lempar dengan kontrol yang baik melalui permainan dan atau olahraga tradisional.
4.1 Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif dengan kontrol yang baik dalam permainan bola besar sederhana dan atau tradisional.
4.3  Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak dasar jalan, lari, lompat, dan lempar dengan kontrol yang baik melalui permainan dan atau olahraga tradisional

Post a Comment for "Download Soal PTS Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 Semester 1 K 2013 Rev 2017-2018-2019 TP 2020-2021"