Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RPP 1 Lembar Kelas 5 Tema 2 Sub Tema 1 Pembelajaran 5 SD/MI K 13 Rev 2017 BDR, DARING, PJJ, ONLINE

 

Assalamu'alaikum.Wr.Wb.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 
Belajar Dari Rumah (BDR)

Nama Sekolah    : SD/MI KORMIN DIKBUD Kec.Sobang
Kelas/Semester : V (lima)/1 (satu)  
Tema                    : 2 Udara Bersih Bagi Kesehatan
Sub Tema            : 1 Cara Tubuh Mengolah Udara Bersih
Pembelajaran     : 5 (lima)
Alokasi Waktu    : 1 Hari
Hari/Tanggal       : Sabtu, 21 Agustus 2021

A.   Tujuan Pembelajaran
  1. Dengan menyimak penjelasan guru dan membaca teks, siswa mampu mengidentifikasi fungsi organ pernapasan pada manusia.
  2. Dengan membuat bagan, siswa dapat menjelaskan fungsi organ pernapasan pada manusia.
  3. Dengan melakukan praktik, siswa mampu menyanyikan lagu “Gugur Bunga” dengan benar.
  4. Dengan menyimak penjelasan guru dan membaca teks siswa mampu mengidentifikasi ciri-ciri lagu bertangga nada minor.
B.      Kegiatan Inti
Wali Siswa memberikan arahan dan mengawasi kegiatan putera-puteri belajar dari rumah sesuai dengan urutan yang ada dalam Kegiatan Inti  dibawah ini. (Wali Siswa yang tidak ada jaringan internet, tidak memiliki HP Android, dan wali siswa yang tidak bisa membaca meminta bantuan kepada anggota keluarga lainnya.  RPP BDR telah disiapkan oleh guru)

Mengawali belajar wali siswa meminta putera-puterinya berdo'a.
Wali siswa dan putera-puterinya menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya. Untuk Lagu Kebangsaan Indonesia Raya Silahkan... KLIK TULISAN BIRU INI...!!!
 
Wali siswa bercerita tentang mewabahnya COVID-19 saat ini sehingga perlu meningkatkan kewaspadaan supaya jangan sampai terinfeksi dan meminta kepada putera -puterinya untuk menjelaskan Protokol Kesehatan Pencegahan Penularan COVID-19, diantaranya memakai masker apabila keluar rumah, mencuci tangan setiap setelah beraktifitas dengan sabun dan air yang mengalir, menjaga jarak dengan yang lainnya minimal 1,5 meter, tidak keluar rumah apabila tidak ada kepetingan mendesak, menjaga imunitas tubuh dengan cara mengkonsumsi makanan yang bergiji dan istirahat yang cukup, dll.

Wali siswa memberikan pemahaman pada putera-puterinya tentang manfaat menggunakan masker pada waktu keluar rumah bahwa udara yang dihirup bersih karena telah disaring oleh masker dan ini berdampak baik pada kesehatan diri sendiri dari segala bibit penyakit yang tersebar melalui udara.

Wali siswa menanamkan sikap berprasangka yang baik pada orang disekitarnya dalam keadaan baik dan sehat tetapi ketika dirinya menggunakan masker bertujuan untuk mencegah dan melindungi orang disekitar terpapar bibit penyakit yang dikeluarkan dari nafas dirinya. Do'a dan harapan semuanya dalam keadaan sehat jasmani dan rohani. Amin.

Wali siswa membimbing dan meminta putera-puterinya mengamati gambar dan membaca Buku Siswa Kelas 5 Tema 2 Sub Tema 1  Pembelajaran 5 mulai halaman 41 sampai dengan halaman 44. (Baca dengan cermat materi dan tugasnya, Setiap tugas yang dikerjakan bersama Wali Siswa).

Wali siswa membimbing meminta putera-puterinya mengamati dan membaca Buku Siswa Kelas 5 Tema 2 Sub Tema 1  Pembelajaran 5 mulai halaman 41 sampai dengan halaman 42 (Baca dengan cermat materi dan tugasnya) selanjutnya mengerjakan/menjawab pertanyaan-pertanyaan Tugas 1 MP IPA  dibawah ini:
  1. Gambarlah bagan sistem organ pernafasan manusia?
Wali siswa membimbing meminta putera-puterinya mengamati dan membaca Buku Siswa Kelas 5 Tema 2 Sub Tema 1  Pembelajaran 5 mulai halaman 41 sampai dengan halaman 42 (Baca dengan cermat materi dan tugasnya) selanjutnya mengerjakan/menjawab pertanyaan-pertanyaan Tugas 2 MP Bahasa Indonesia  dibawah ini:
  1. Apakah yang dimaksud dengan bernapas?
  2. Bagaimana pengaruh otot diafrgama terhadap proses pernapasan pada manusia?
Wali siswa membimbing meminta putera-puterinya mengamati dan membaca Buku Siswa Kelas 5 Tema 2 Sub Tema 1  Pembelajaran 5 mulai halaman 42 sampai dengan halaman 44 (Baca dengan cermat materi dan tugasnya) selanjutnya mengerjakan/menjawab pertanyaan-pertanyaan Tugas 3 MP SBdP  dibawah ini:
  1. Lagu “Gugur Bunga” termasuk lagu bertangga nada?
  2. Sebutkan ciri-ciri lagu bertangga nada diatonis minor?
Wali siswa bertanya pada putera-puterinya tentang pengalaman belajar hari ini menyenangkan atau tidak. Kalau menyenangkan pertahankan dan tingkatkan, kalau tidak menyenangkan diperbaiki supaya dalam belajar selanjutnya putera-puterinya belajar dalam situasi menyenangkan.

Belajar selesai. Wali siswa meminta siswa berdo'a. Wali siswa melaporkan pelaksanaan berdo'a putera-puterinya pada guru, dilaksanakan dengan baik atau tidak.

C.      Penilaian
Sikap (Laporan sikap berdoa sebelum dan sesudah belajar dari wali siswa)
Pengetahuan (Laporan tugas 1 MP IPA, tugas 2 MP Bahasa Indonesia, dan Tugas 3 MP SBdP dari wali siswa)
Keterampilan -
 
Catatan untuk wali siswa
Laporan dikirim ke Group WA sampai dengan Pukul 22.00 wibb.
Laporan diserahkan pada guru kelas setelah wali siswa bekerja (Bagi yang tidak ada jaringan internet, tidak memiliki HP Android, tidak bisa membaca).
Wassalamu'alaikum.Wr.Wb.

Post a Comment for "RPP 1 Lembar Kelas 5 Tema 2 Sub Tema 1 Pembelajaran 5 SD/MI K 13 Rev 2017 BDR, DARING, PJJ, ONLINE"