Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RPP 1 Lembar Kelas 6 Tema 1 Sub Tema 4 PB 4 SD/MI K 13 Rev 2018 BDR, DARING, PJJ, ONLINE




Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 
Belajar Dari Rumah (BDR)


Nama Sekolah   : SD/MI KORMIN DISDIKBUD Kec. Sobang
Kelas/Semester : VI (enam)/1 (satu)
Tema                   : 1 Selamatkan Makhluk Hidup
Sub Tema           : Aku Cinta Membaca
Pembelajaran    : 4 (empat)
Alokasi Waktu   : 1 Hari
Hari,Tanggal      : Selasa, 11 Agustus 2020, Rabu, 11 Agustus 2021

A.  Tujuan Pembelajaran

  1. Setelah mengamati salah satu benda yang ada disekitar rumah, Siswa mampu mendeskripsikannya dengan benar.
  2. Setelah membaca cerita, siswa mampu menceritakannya kembali dengan benar.
  3. Setelah membaca cerita, siswa mampu menemukan dan menjelaskan tokoh dalam cerita dengan benar.
  4. Setelah bercerita kegiatan sehari-harinya, siswa mampu menuliskan cerita kegiatannya dengan benar.

B.  Kegiatan Inti

Wali siswa memberikan arahan dan mengawasi kegiatan putera-puteri belajar dari rumah sesuai dengan urutan kegiatan dibawah ini. 
(Wali Siswa yang tidak ada jaringan internet, tidak memiliki HP Android, dan wali siswa yang tidak bisa membaca meminta bantuan kepada anggota keluarga lainnya. RPP BDR telah disiapkan oleh guru)
  • Mengawali belajar wali siswa meminta putera-puterinya berdo'a.
  • Wali siswa dan putera-puterinya menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya. Untuk Lagu Kebangsaan Indonesia Raya Silahkan... KLIK TULISAN BIRU INI...!!!
  • Wali siswa bercerita tentang mewabahnya Virus COVID-19 saat ini sehingga perlu meningkatkan kewaspadaan supaya jangan sampai terinfeksi dan meminta kepada putera -puterinya untuk menjelaskan Protokol Kesehatan Pencegahan Penularan Virus COVID-19, diantaranya:
  1. Memakai masker apabila keluar rumah.
  2. Mencuci tangan setiap setelah beraktifitas dengan sabun dan air yang mengalir
  3. Menjaga jarak dengan yang lainnya minimal 1,5 meter.
  4. Tidak keluar rumah apabila tidak ada kepetingan mendesak.
  5. Menjaga imunitas tubuh dengan cara mengkonsumsi makanan yang bergiji dan istirahat yang cukup.
  • Wali siswa memberikan pemahaman pada putera-puterinya tentang manfaat menggunakan masker pada waktu keluar rumah bahwa udara yang dihirup bersih karena telah disaring oleh masker dan ini berdampak baik pada kesehatan diri sendiri dari segala bibit penyakit yang tersebar melalui udara.
  • Wali siswa menanamkan sikap berprasangka yang baik pada orang disekitarnya dalam keadaan baik dan sehat tetapi ketika dirinya menggunakan masker bertujuan untuk mencegah dan melindungi orang disekitar terpapar bibit penyakit yang dikeluarkan dari nafas dirinya. Do'a dan harapan semuanya dalam keadaan sehat jasmani dan rohani. Amin.
  • Wali siswa membimbing, berdiskusi dan meminta putera-puterinya mengamati benda yang ada disekitar rumah dan menceritakan tentang benda yang diamati.
  • Wali siswa membimbing putera-puterinya membaca teks bacaan cerita "Kisah Merak dan Gagak Putih".


  • Wali siswa meminta putera-puterinya untuk menceritakan kembali dan menjelaskan tetang tokoh yang ada pada cerita "Kisah Merak dan Gagak Putih".
  • Wali siswa membimbing putera-puterinya untuk menceritakan kegiatan yang dilakukannya kemarin. Jika pada waktu pembelajaran 3 yang diceritakan putera-puterinya kegiatan hari minggu, maka pada pembelajaran 4 yang diceritakan putera-puterinya kegiatan hari Senin. 
  • Wali siswa membimbing putera-puterinya untuk menuliskan kegiatan yang pernah dilakukannya diantaranya berolahraga, ke rumah nenek, berkebun, pergi ke kota (Tugas 1)
Hal hal dicantumkan dalam menulis cerita yaitu apa yang dilakukan, siapa yang terlibat, kapan dilakukan, bagaimana kegiatan dilakukan, bagaimana perasaan mereka saat berkegiatan, dan dimana mereka melakukan kegiatan.
(Tugas 1)
  • Wali siswa bertanya pada putera-puterinya tentang belajar hari ini menyenangkan atau tidak. Kalau menyenangkan pertahankan dan tingkatkan, kalau tidak menyenangkan diperbaiki supaya dalam belajar selanjutnya putera-puterinya belajar dalam situasi menyenangkan.
  • Belajar selesai. Wali siswa meminta siswa berdo'a. Wali siswa melaporkan pelaksanaan berdo'a putera-puterinya pada guru, dilaksanakan dengan baik atau tidak.

3.   Penilaian

  • Sikap (Laporan sikap berdoa sebelum dan sesudah belajar dari wali siswa)
  • Keterampilan (Lapoaran tugas 1 MP Bahasa Indonesia dari wali siswa)
         Catatan untuk wali siswa
  1. Laporan dikirim ke Group WA sampai dengan Pukul 22.00 wibb.
  2. Laporan diserahkan pada guru kelas setelah wali siswa bekerja (Bagi yang tidak ada jaringan internet, tidak memiliki HP Android, tidak bisa membaca).
Keterangan

Post a Comment for "RPP 1 Lembar Kelas 6 Tema 1 Sub Tema 4 PB 4 SD/MI K 13 Rev 2018 BDR, DARING, PJJ, ONLINE"