Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Panduan Pengolahan Bahan Pustaka Dengan Program Aplikasi INLISLite Versi 3

 


Assalamu'alaikum...
Semoga khabar baik dan Allah SWT senantiasa melindungi kita semua. Amin. Pada kesempatan ini Admin akan berbagi informasi tentang Panduan Praktis Pengolahan Bahan Pustaka Dengan Program Aplikasi INLISLite Versi 3. Aplikasi ini digunakan untuk memudahkan pengelolaan perpustakaan. Dibawah ini Admin akan menyampaikan beberapa langkah aplikasi yang dikutip dari File Panduan Praktis Pengolahan Bahan Pustaka Dengan Program Aplikasi INLISLite Versi 3.

1. Persiapan
Kegiatan pengolahan bahan pustaka merupakan tahapan penting dalam otomasi perpustakaan. Koleksi yang telah diadakan baik itu melalui pembelian, hadiah/hibah, dan lain-lain. Pada progarm aplikasi INLISLite versi 3, kegiatan pengolahan bahan pustaka ini terdiri dari:
  • Entri (pemasukan) atau salin data bibliografis, seperti judul, pengarang, penerbitan, dan lain-lain
  • Penambahan data eksemplar (item koleksi), seperti tanggal pengadaan, nomor induk, lokasi penempatan, dan lain-lain
  • Penyertaan cover bahan pustaka
  • Penyertaan konten digital (jika diperlukan)
  • Cetak label koleksi
  • Cetak kartu katalog (jika masih diperlukan)
Sebelum melakukan kegiatan tersebut di atas, sangatlah baik jika Anda telah memahami prinsip-prinsip dasar pengolahan bahan pustaka, seperti delapan daerah deskripsi bibliografi, penentuan tajuk pengarang, menentukan nomor klasifikasi, tajuk subjek, tanda baca, dan lain-lain sesuai dengan pedoman pengatalogan terstandar yang telah ada seperti ISBD (International Standard Bibliographic Description), AACR (Anglo American Cataloguing Rules)/ Peraturan Pengatalogan Indonesia atau pedoman RDA (Resource Description and Access)
Disamping itu, pastikan Anda telah memiliki akun user yang telah didaftarkan oleh seseorang yang berperan sebagai Administrator program aplikasi INLISLite versi 3 yang digunakan di tempat Anda bekerja.

2. Masuk Back Office INLISLite versi 3
Untuk masuk ke Back Office INLISLite versi 3, pastikan Anda telah memiliki akun telah diberi hak akses untuk bekerja pada modul Katalog.

Gambar 1. Tampilan halaman
login back office INLISLite
Cara login adalah sebagai berikut:
  • Isikan username Anda pada kotak isian sebelah kiri, dan password Anda pada kotak isian sebelah kanan
  • Klik tombol Sign In
  • Jika tidak terjadi kesalahan saat proses login, Anda akan ditanyakan lokasi cabang perpustakaan berkerja Anda saat ini, misalnya "Perpustakaan Pusat"




Gambar 2. Tampilan
dashboard Back Office INLISLite versi 3
Anda akan dihantarkan kepada halaman dashboard (beranda) back office INLISLite versi 3 seperti gamabr disamping ini.









Gambar 3. Menu-menu program untuk kegiatan
pengolahan bahan pustaka INLISLite versi 3

Lihatlah panel kiri, di sana terdapat menu program yang terkait dengan kegiatan pengolahan bahan pustaka, yaitu menu Koleksi dan menu Katalog.












3. Mengentri Data Bibliografis
Entri data bibliografis artinya memasukkan data-data bibliografis bahan pustaka seperti judul, pengarang, penerbitan, deskripsi fisik, ISBN dan lain-lain sesuai dengan kaidah dalam konsep pengatalogan sesuai pedoman ISBD (International Standard Bibliographic Description dan AACR (Anglo American Cataloguing Rule) / RDA (Resource Description and Access). Dalam panduan praktis ini penulis akan memaparkan cara entri data bibliografis dengan kaidah ISBD dan AACR yang biasa digunakan sejak lama.
Untuk memulai entri data bibliografis, pastikan bahan pustaka (misalnya buku) yang akan didata telah tersedia. Satu judul bahan pustaka cukup dientri satu kali saja walaupun jumlah eksemplarnya lebih dari satu.

Penjelasan diatas adalah 3 langkah dalam Panduan Pengolahan Bahan Pustaka Dengan Program Aplikasi INLISLite Versi 3, untuk lebih jelas dan rinci telah admin siapkan filenya. Semoga Bermanfaat. Mohon maaf banyak kekurangan, saran dan masukan sangat berarti untuk perbaikan kedepan, jika bermanfaat dan membantu silahkan di SHARE. Terima kasih atas kunjungannya dan jangan lupa KLIK IKUTI di kolom FOLLOWERS supaya memperoleh informasi POSTINGAN terbaru. Bp/Ibu Pejuang Literasi bisa membaca On Line dan Download Panduan Pengolahan Bahan Pustaka Dengan Program Aplikasi INLISLite Versi 3 dibawah ini. Wassalamu'alaikum...

Post a Comment for "Panduan Pengolahan Bahan Pustaka Dengan Program Aplikasi INLISLite Versi 3"