Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Panduan Praktis Pengelolaan Data Anggota Perpustakaan Pada Program Aplikasi INLISLite Versi 3



Assalamu'alaikum...
Semoga khabar baik dan Allah SWT senantiasa melindungi kita semua. Amin. Pada kesempatan ini Admin akan berbagi informasi tentang Panduan Praktis Pengelolaan Data Anggota Pada Program Aplikasi INLISLite Versi 3. Aplikasi yang digunakan untuk memudahkan pengelolaan perpustakaan. Di bawah ini Admin akan menyampaikan beberapa langkah aplikasi yang dikutip dari File Panduan Praktis Pengelolaan Data Anggota Perpustakaan Pada Program Aplikasi INLISLite Versi 3.

1.       Persiapan
Kegiatan pengelolaan data anggota adalah bagian dari pelayanan perpustakaan. Koleksi yang telah diadakan dan diolah tentunya akan dimanfaatkan oleh anggota perpustakaan, baik baca di tempat maupun pinjam dibawa pulang. Dengan tersedianya data anggota maka pencatatan transaksi peminjaman dan pengembalian akan menjadi lebih cepat. Pada program aplikasi INLISLite versi 3, kegiatan pengelolaan data anggota ini terdiri dari:
a. Entri data-data anggota
b. Penentuan jenis anggota
c. Aktivasi keanggotaan
d. Penentuan lokasi pinjam koleksi
e. Penentuan kategori koleksi yang boleh dipinjam
f. Penyertaan foto anggota
g. Pencetakan kartu anggota
h. Perpanjangan masa berlaku kartu anggota
Sebelum melakukan kegiatan tersebut di atas, pastikan Anda telah memiliki akun user yang telah didaftarkan oleh seseorang yang berperan sebagai Administrator program aplikasi INLISLite versi 3 yang digunakan di tempat Anda bekerja.
 
2.       Masuk Back Office INLISLite versi 3
Untuk masuk ke Back Office INLISLite versi 3, pastikan Anda telah memiliki akun telah diberi hak akses untuk bekerja pada modul Keanggotaan.
 
Gambar 1. Tampilan halaman
login back office INLISLite
Cara login adalah sebagai berikut: 
  • Isikan username Anda pada kotak isian sebelah kiri, dan password Anda pada kotak isian sebelah kanan
  • Klik tombol Sign In
  • Jika tidak terjadi kesalahan saat proses login, Anda akan ditanyakan lokasi cabang perpustakaan berkerja Anda saat ini, misalnya "Perpustakaan Pusat"

 

 

Gambar 2. Tampilan halaman
dashboard Back Office INLISLite versi 3
Anda akan dihantarkan kepada halaman dashboard (beranda) back office INLISLite versi 3 seperti pada gambar 2.









Gambar 3. Tampilan Menu-menu program
untuk kegiatan pengelolaan anggota INLISLite versi 3
Lihatlah panel kiri, di sana terdapat menu program yang terkait dengan kegiatan pengelolaan data anggota, yaitu menu keanggotaan seperti pada gambar 3.













3.       Mengentri Data Anggota
Untuk memulai entri data anggota, pastikan Anda telah memiliki data resmi calon anggota berdasarkan kartu identitas yang bersangkutan, seperti KTP, Kartu Pegawai, atau kartu identitas lainnya yang dianggap sah. Berikut ini adalah langkah-langkah entri data anggota:
 
Gambar 4. Tampilan form Tambah Anggota
Untuk memulai entri data anggota, pastikan Anda telah memiliki data resmi calon anggota berdasarkan kartu identitas yang bersangkutan, seperti KTP, Kartu Pegawai, atau kartu identitas lainnya yang dianggap sah. Berikut ini adalah langkah-langkah entri data anggota:
a. Pada panel kiri, klik menu Anggota sehingga memunculkan sub-sub menu di bawahnya
b. Klik submenu Entri Anggota sehingga pada panel kanan tertampil form Tambah Anggota seperti gambar 4.


Gambar 5. Contoh pengisian ruas-ruas
jenis identitas hingga alamat (sesuai identitas)
c. Ruas No. Anggota tidak perlu diisi, karena sistem akan membuatnya secara otomatis. Kecuali apabila diset agar nomor anggota diisi secara manual.
d. Pilihlah Jenis Identitas yang digunakan sebagai dasar pengisian data anggota (wajib diisi)
e. Isilah ruas No. Identitas sesuai dengan jenis identitas yang dipilih (wajib diisi)
f. Isilah ruas Nama Lengkap sesuai identitas (wajib diisi)
g. Isilah ruas Tempat Lahir (wajib diisi)


h. Isilah ruas Tanggal Lahir dengan format DD-MM-YYYY (dua digit tanggal, dua digit bulan, dan empat digit tahun). Ruas ini wajib diisi
i. Isilah ruas Alamat rumah sesuai identitas. Ruas ini wajib diisi.

Gambar 6. Contoh pengisian ruas Propinsi
j. Isilah ruas Provinsi dengan mengetikkan kata kunci nama propinsi, kemudian pilih nama propinsi yang sesuai saat muncul pilihan. Ruas ini wajib diisi



Gambar 7. Contoh pengisian ruas Kabupaten/Kota
k. Isilah ruas Kabupaten/Kota dengan mengetikkan kata kunci nama kabupaten/kota, kemudian pilih nama kabupaten/kota yang sesuai saat muncul pilihan. Ruas ini wajib diisi



Gambar 8. Kotak contreng Alamat tinggal
sama dengan alamat identitas
l. Apabila alamat identitas sama dengan alamat tempat tinggal saat ini, klik saja kotak contreng Alamat tinggal sama dengan alamat Identitas sehingga data di ruas-ruas alamat identitas tersalin otomatis pada ruas alamat tempat tinggal.
m. Keharusan mengisi ruas-ruas lainnya tergantung dari kebutuhan dan kebijakan dari pihak pengelola perpustakaan, karena setiap perpustakaan memiliki kebutuhan data anggota yang berbeda. Misalnya perguruan tinggi memerlukan data fakultas, jurusan, dan/atau program studi yang diikuti oleh anggotanya.


Penjelasan diatas adalah 3 langkah dalam Aplikasi INLISLite Versi 3, secara lebih rinci dan jelasnya telah admin siapkan. Semoga Bermanfaat. Mohon maaf banyak kekurangan, saran dan masukan sangat berarti untuk perbaikan kedepan, jika bermanfaat dan membantu silahkan di SHARE. Terima kasih atas kunjungannya dan jangan lupa KLIK IKUTI di kolom FOLLOWERS supaya memperoleh informasi POSTINGAN terbaru. Bp/Ibu Pejuang Literasi bisa membaca On Line dan Download Panduan Praktis Pengelolaan Data Anggota Pada Program Aplikasi INLISLite Versi 3 dibawah ini. Wassalamu'alaikum...

Post a Comment for "Panduan Praktis Pengelolaan Data Anggota Perpustakaan Pada Program Aplikasi INLISLite Versi 3"