Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RPP 1 Lembar SD/MI Kelas 5 Tema 1 Sub Tema 2 PB 1 K 13 Rev 2017 BDR, DARING, PJJ, ONLINE



Assalamu'alaikum.Wr.Wb.
Untuk melihat Video Pembelajaran, Video Kegiatan Siswa, Video Tutorial dan Video Informasi lainnya Silakan KLIK... TULISAN BIRU INI...!!! 
Untuk melihat Video Pembahasan Materi dan Soal Kelas V Tema 1 ST 2 PB 1 Silakan KLIK... TULISAN BIRU INI...!!!
Untuk melihat Buku Siswa K13 Kelas V SD/MI Silakan KLIK... TULISAN BIRU INI...!!!
Untuk melihat Buku Guru K13 Kelas V SD/MI Silakan KLIK... TULISAN BIRU INI...!!!

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 
Belajar Dari Rumah (BDR)

Nama Sekolah    : SD/MI KORMIN DIKBUD Kec.Sobang
Kelas/Semester : V(lima)/1 (satu)  
Tema                    : 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia
Sub Tema            : 2 Manusia dan Lingkungan
Pembelajaran     : 1 (satu)
Alokasi Waktu    : 1 Hari
Hari,Tanggal       : Kamis, 23 Juli 2020. Jum'at, 23 Juli 2021

A.  Tujuan Pembelajaran
  1. Dengan mengamati gambar, siswa dapat mengetahui aktivitas-aktivitas manusia yang memanfaatkan organ manusia secara rinci.
  2. Dengan kegiatan membaca, siswa dapat menentukan ide pokok setiap paragraf dalam bacaan secara percaya diri.
  3. Dengan menulis, siswa dapat mengembangkan ide pokok menjadi sebuah paragraf secara tanggung jawab.
B.  Kegiatan Inti

Wali Siswa memberikan arahan dan mengawasi kegiatan putera-puteri belajar dari rumah sesuai dengan urutan yang ada dalam Kegiatan Inti  dibawah ini. (Wali Siswa yang tidak ada jaringan internet, tidak memiliki HP Android, dan wali siswa yang tidak bisa membaca meminta bantuan kepada anggota keluarga lainnya. RPP BDR telah disiapkan oleh guru)

Mengawali belajar wali siswa meminta putera-puterinya berdo'a dilanjutkan bersama-sama menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya. Untuk Lagu Kebangsaan Indonesia Raya Silahkan... KLIK TULISAN BIRU INI...!!!

Wali siswa bercerita tentang mewabahnya Virus COVID-19 saat ini sehingga perlu meningkatkan kewaspadaan supaya jangan sampai terinfeksi dan meminta kepada putera -puterinya untuk menjelaskan Protokol Kesehatan Pencegahan Penularan Virus COVID-19, diantaranya memakai masker apabila keluar rumah, mencuci tangan setiap setelah beraktifitas dengan sabun dan air yang mengalir, menjaga jarak dengan yang lainnya minimal 1,5 meter, tidak keluar rumah apabila tidak ada 
kepetingan mendesak, menjaga imunitas tubuh dengan cara mengkonsumsi makanan yang bergiji dan istirahat yang cukup, dll.

Wali siswa memberikan pemahaman pada putera-puterinya tentang manfaat menggunakan masker pada waktu keluar rumah bahwa udara yang dihirup bersih karena telah disaring oleh masker dan ini berdampak baik pada kesehatan diri sendiri dari segala bibit penyakit yang tersebar melalui udara.
Wali siswa menanamkan sikap berprasangka yang baik pada orang disekitarnya dalam keadaan baik dan sehat tetapi ketika dirinya menggunakan masker bertujuan untuk mencegah dan melindungi orang disekitar terpapar bibit penyakit yang dikeluarkan dari nafas dirinya. Do'a dan harapan semuanya dalam keadaan sehat jasmani dan rohani. Amin.

Wali siswa membimbing dan meminta putera-puterinya mengamati gambar dibawah ini dengan cermat (Lihat dan baca Buku Siswa Kelas 5 K 2013 Rev 2017 Sub Tema 2  Pembelajaran 1 halaman 56) dilanjutkan wali siswa meminta putera-puterinya memberikan tanggapannya.

Setelah kegiatan diatas, wali siswa membimbing, berdiskusi dan meminta putera-puterinya untuk mengerjakan latihan dibawah ini berdasarkan gambar diatas dan ditulis dibuku tugas siswa. 


Wali siswa membimbing dan meminta putera-puterinya mengamati gambar dan membaca teks bacaan "Bersepeda" dibawah ini dengan cermat (Lihat dan baca Buku Siswa Kelas 5 K 2013 Rev 2017 Sub Tema 2  Pembelajaran 1 halaman 57, 58, dan 59) dilanjutkan wali siswa meminta putera-puterinya memberikan tanggapannya.





Setelah membaca teks bacaan diatas, wali siswa meminta putera-puterinya unutk menceritakan kembali isi teks bacaan diatas dengan bahasa dan pemahamannya sendiri tanpa melihat teks bacaan. Dilanjutkan mengerjakan tugas.
Tugas 1 MP Bahasa Indonesia. Tulis ide pokok dari setiap paragaraf berdasarkan teks bacaan "Bersepada" seperti pada kolom dibawah ini!. Kerjakanlah pada buku tugas kamu.
Tugas 1 MP Bahasa Indonesia.
Setelah putera-puterinya menemukan ide pokok dari setiap paragraf berdasarkan teks bacaan "Bersepeda" mengerjakan tugas 2. 
Tugas 2 MP IPA. Kembangkanlah ide-ide pokok yang sudah diketahui itu menjadi sebuah paragraf seperti dibawah ini!.  Tulislah pada buku tugas kamu.

Tugas 2 MP IPA
Wali siswa bertanya pada putera-puterinya tentang belajar hari ini menyenangkan atau tidak. Kalau menyenangkan pertahankan dan tingkatkan, kalau tidak menyenangkan diperbaiki supaya dalam belajar selanjutnya putera-puterinya belajar dalam situasi menyenangkan.
Belajar selesai. Wali siswa meminta siswa berdo'a. Wali siswa melaporkan pelaksanaan berdo'a putera-puterinya pada guru, dilaksanakan dengan baik atau tidak.

C.   Penilaian

Sikap (Laporan sikap berdoa sebelum dan sesudah belajar dari wali siswa)
Pengetahuan (Lapoaran tugas 1 MP Bahasa Indonesia dari wali siswa)
Keterampilan (Lapoaran tugas 2 MP IPA dari wali siswa)
Catatan untuk wali siswa
Catatan untuk wali siswa : Laporan dikirim ke Group WA sampai dengan Pukul 22.00 wibb atau  diserahkan pada guru kelas setelah wali siswa bekerja. 
Wassalamu'alaikum.Wr.Wb.

      Keterangan

Post a Comment for "RPP 1 Lembar SD/MI Kelas 5 Tema 1 Sub Tema 2 PB 1 K 13 Rev 2017 BDR, DARING, PJJ, ONLINE"