Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RPP 1 Lembar BDR Kelas 6 Tema 6 ST 2 PB 3 K 13 Revisi 2018

 


Assalamu'alaikum...Wr.Wb.
Untuk melihat Video Pembelajaran dan Kegiatan Siswa silahkan KLIIK TULISAN BIRU INI
Untuk melihat Buku Guru Kelas 6 Tema 6 K 2013 Revisi 2018 silahkan KLIIK TULISAN BIRU INI
Untuk melihat Buku Siswa Kelas 6 Tema 6 K 2013 Revisi 2018 silahkan KLIIK TULISAN BIRU INI

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 
Belajar Dari Rumah (BDR)
Nama Sekolah   : SD/MI KORMIN DISDIKBUD Kec. Sobang
Kelas/Semester : VI (enam)/2 (dua)
Tema                   : 6. Menuju Masyarakat Sejahtera
Sub Tema           : 2. Membangun Masyarakat Sejahtera
Pembelajaran    : 3 (tiga)
Alokasi Waktu   : 1 Hari
Hari, Tanggal      : Rabu, 13 Januari 2021

A.  Tujuan Pembelajaran
  1. Dengan kegiatan membaca tentang manfaat pemenuhan hak sebagai warga negara, siswa dapat menyebutkan manfaat pemenuhan hak sebagai warga negara dengan tepat.
  2. Dengan kegiatan berlatih, siswa dapat menjelaskan informasi pentingyang terdapat pada teks nonfiksi berdasarkan rumusan gagasan utama pada setiap paragrafnya.
  3. Dengan kegiatan membaca, siswa dapat menyebutkan perilaku masyarakat yang merupakan wujud dari upaya mempertahankan kemerdekaan NKRI dengan tepat.
  4. Dengan kegiatan berdiskusi cara mempertahankan kemerdekaan, siswa dapat menuliskan cara untuk mempertahankan kemerdekaan NKRI dengan tepat.
  5. Dengan kegiatan mengamati perilaku masyarakat di lingkungan tempat tinggal tentang sikap mempertahankan kemerdekaan, siswa dapat menceritakan perilaku masyarakat yang mencerminkan sikap mempertahankan kemerdekaan Indonesia dengan tepat.
B.  Kegiatan Inti
Wali Siswa memberikan arahan dan mengawasi kegiatan putera-puteri belajar dari rumah sesuai dengan urutan yang ada dalam Kegiatan Inti  dibawah ini. (Wali Siswa yang tidak ada jaringan internet, tidak memiliki HP Android, dan wali siswa yang tidak bisa membaca meminta bantuan kepada anggota keluarga lainnya. RPP BDR telah disiapkan oleh guru)

Mengawali belajar wali siswa meminta putera-puterinya berdo'a dilanjutkan bersama-sama Menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya.

Wali siswa bercerita tentang mewabahnya Virus COVID-19 saat ini sehingga perlu meningkatkan kewaspadaan supaya jangan sampai terinfeksi dan meminta kepada putera -puterinya untuk menjelaskan Protokol Kesehatan Pencegahan Penularan Virus COVID-19, diantaranya memakai masker apabila keluar rumah, mencuci tangan setiap setelah beraktifitas dengan sabun dan air yang mengalir, menjaga jarak dengan yang lainnya minimal 1,5 meter, tidak keluar rumah apabila tidak ada kepetingan mendesak, menjaga imunitas tubuh dengan cara mengkonsumsi makanan yang bergiji dan istirahat yang cukup, dll.

Wali siswa memberikan pemahaman pada putera-puterinya tentang manfaat menggunakan masker pada waktu keluar rumah bahwa udara yang dihirup bersih karena telah disaring oleh masker dan ini berdampak baik pada kesehatan diri sendiri dari segala bibit penyakit yang tersebar melalui udara.
Wali siswa menanamkan sikap berprasangka yang baik pada orang disekitarnya dalam keadaan baik dan sehat tetapi ketika dirinya menggunakan masker bertujuan untuk mencegah dan melindungi orang disekitar terpapar bibit penyakit yang dikeluarkan dari nafas dirinya. Do'a dan harapan semuanya dalam keadaan sehat jasmani dan rohani. Amin.

Wali siswa meminta putera-puterinya untuk menyimak dan mempelajari Video Pembelajaran Materi Tema 6 ST 2 PB 3 (KLIIK TULISAN BIRU INI)

Setelah menyimak dan mempelajari Video Pembelajaran Materi Tema 6 ST 2 PB 3 atau (Lihat Buku Siswa Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Tema 6 ST 2 PB 3 halaman 59 dan 60 )  materi Manfaat Pemenuhan Hak sebagai Warga Negara Indonesia  dilanjutkan wali siswa membimbing, berdiskusi, dan meminta putera-puterinya untuk mengerjakan Tugas 1 MP PPKn dan Tugas 2 MP Bahasa Indonesia  dibawah ini:
Tugas 1 MP PPKn 
Jawablah pertanyaan di bawah ini!
1. Sebutkan contoh pemenuhan hak sebagai warga negara?
2. Jelaskan manfaat pemenuhan hak sebagai warga negara?

Tugas 2 MP Bahasa Indonesia
Jawablah pertanyaan di bawah ini!
1. Tuliskan kalimat utama pada setiap paragraf.
2. Tuliskan gagasan utama pada setiap paragraf.
3. Tuliskan gagasan utama dari teks nonfiksi berdasarkan gagasan utama setiap paragraf.
4. Tuliskan hasilnya dalam bentuk tabel.
Tugas 2



Setelah menyimak dan mempelajari Video Pembelajaran Materi Tema 6 ST 2 PB 3 atau (Lihat Buku Siswa Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Tema 6 ST 2 PB 3 halaman 61 dan 62)   Mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia dilanjutkan wali siswa membimbing, berdiskusi, dan meminta putera-puterinya untuk mengerjakan Tugas 3 MP IPS dibawah ini:
Tugas 3 MP IPS
Jawablah pertanyaan di bawah ini!
Tuliskan 3 cara untuk mempertahankan kemerdekaan?

C.   Penilaian
Sikap (Laporan sikap berdoa sebelum dan sesudah belajar dari wali siswa)
Pengetahuan (Lapoaran Tugas 1 MP PPKn, Tugas 2 MP Bahasa Indonesia, dan Tugas 3 MP IPS  dari wali siswa)
Catatan untuk wali siswa
Laporan dikirim ke Group WA sampai dengan Pukul 22.00 wibb.
Laporan diserahkan pada guru kelas setelah wali siswa bekerja (Bagi yang tidak ada jaringan internet, tidak memiliki HP Android, tidak bisa membaca).
Wassalamu'alaikum...Wr.Wb.

Sobang, 13 Januari 2021
Guru Kelas VI
.............................................
NIP
Mengetahui
Kepala SDN ........................
.............................................
NIP
Keterangan
Semoga Bermanfaat. Mohon maaf banyak kekurangan, saran dan masukan sangat berarti untuk perbaikan kedepan, jika bermanfaat dan membantu silahkan di SHARE dan KLIK IKUTI di kolom FOLLOWERS supaya bisa melihat POSTINGAN terbaru.Terima kasih atas kunjungannya.

Post a Comment for "RPP 1 Lembar BDR Kelas 6 Tema 6 ST 2 PB 3 K 13 Revisi 2018"