Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Buat Survey Elektronik Pada Program Aplikasi INLISLite Versi 3



Assalamu'alaikum...
Semoga khabar baik dan Allah SWT senantiasa melindungi kita semua. Amin. Pada kesempatan ini Admin akan berbagi informasi tentang Panduan Praktis Pembuatan Survey Elektronik Pada Program Aplikasi INLISLite Versi 3. Aplikasi ini digunakan untuk memudahkan pengelolaan perpustakaan. Dibawah ini Admin akan menyampaikan beberapa langkah aplikasi yang dikutip dari File Panduan Praktis Pembuatan Survey Elektronik Pada Program Aplikasi INLISLite Versi 3.

1. Persiapan
Salah satu upaya mewujudkan pelayanan perpustakaan yang lebih baik adalah dengan cara melakukan kegiatan pengumpulan pendapat atau survey kepada pemustaka. Kegiatan survey ini pada umumnya dilakukan dengan cara membuat kuesioner dalam bentuk tercetak yang harus diisi oleh pemustaka sesuai jumlah sampel yang diinginkan pada periode waktu tertentu. Seiring dengan perkembangan TIK, kegiatan survey dalam bentuk tercetak mulai beralih bentuk menjadi elektronik/digital supaya waktu yang dibutuhkan untuk mengisi maupun menghitung hasil survey menjadi lebih mudah dan cepat.

Gambar 1. Modul Survey
Pemustaka INLISLite versi 3
Program aplikasi INLISLite versi 3 mencoba mengakomodir kebutuhan kegiatan survey ini dengan membuatkan modul Survey.
Untuk membuat survey elektronik pada program aplikasi INLISLite versi 3, hal-hal yang perlu disiapkan adalah:
a. Kata pengantar
b. Daftar pertanyaan
c. Bentuk jawaban pertanyaan (pilihan ganda atau isian bebas / essay)
d. Kalimat penutup / ucapan terima kasih
Pembentukan survey elektronik dilakukan di dalam modul Back Office INLISLite versi 3 pada menu Survey. Untuk itu pastikan Anda telah memiliki akun user yang telah didaftarkan oleh seseorang yang berperan sebagai Administrator program aplikasi INLISLite versi 3 dengan hak akses menu Survey.

2. Masuk Back Office INLISLite versi 3
Untuk masuk ke Back Office INLISLite versi 3, pastikan Anda telah memiliki akun telah diberi hak akses untuk menu Survey.

Gambar 1. Modul Survey Pemustaka INLISLite versi 3
Cara login adalah sebagai berikut:
  • Isikan username Anda pada kotak isian sebelah kiri, dan password Anda pada kotak isian sebelah kanan
  • Klik tombol Sign In
  • Jika tidak terjadi kesalahan saat proses login, Anda akan ditanyakan lokasi cabang perpustakaan berkerja Anda saat ini, misalnya "Perpustakaan Pusat"



Gambar 2. Tampilan
dashboard Back Office INLISLite versi 3
Anda akan dihantarkan kepada halaman dashboard (beranda) back office INLISLite versi 3 seperti pada gambar 2 disamping ini.









Gambar 3. Menu Survey
Lihatlah panel kiri, di sana terdapat menu Survey.







3. Melihat survey yang pernah dibuat
Survey-survey yang pernah dibuat pada porgram aplikasi INLISLite dapat dilihat dengan mengklik menu Data Survey
Gambar 4. Tampilan daftar survey yang pernah dibuat

Penjelasan diatas adalah 3 langkah dalam Panduan Praktis Pembuatan Survey Elektronik Pada Program Aplikasi INLISLite Versi 3, secara lebih jelas dan rinci telah admin siapkan filenya. Semoga Bermanfaat. Mohon maaf banyak kekurangan, saran dan masukan sangat berarti untuk perbaikan kedepan, jika bermanfaat dan membantu silahkan di SHARE. Terima kasih atas kunjungannya dan jangan lupa KLIK IKUTI di kolom FOLLOWERS supaya memperoleh informasi POSTINGAN terbaru. YTH Bp/Ibu Pejuang Literasi terus berkarya demi Anak Bangsa, bisa membaca On Line dan Download Panduan Praktis Pembuatan Survey Elektronik Pada Program Aplikasi INLISLite Versi 3 dibawah ini. 
Wassalamu'alaikum...

Post a Comment for "Cara Mudah Buat Survey Elektronik Pada Program Aplikasi INLISLite Versi 3"